Apa Itu IELTS TEST?

Posted on

Apa itu IELTS Test? Dan apa yang membedakan antara IELTS dengan TOEFL? Nah, sebelum masuk lebih jauh. Anda harus membedakan antara IELTS test dengan TOEFL test. Walaupun keduanya sama-sama jenis test bahasa inggris. Tetapi secara prinsipil dan teknis antara IELTS dan TOEFL Terdapat perbedaan yang cukup jauh.

Secara prinsipil antara IELTS dan TOEFL yang membedakan adalah vendor atau pembuat desain kurikulumnya. Jika TOEFL merupakan produk buatan dari amerika serikat. Dimana lembaga ETS yang bertanggung jawab atas desain ujian, pembuatan soal ujian, penilaian hingga bertanggung jawab atas pengeluaran sertifikat hasil nilai. Produk TOEFL sendiri terbagi atas beberapa jenis. Jenis pertama dan sangat familiar di Indonesia adalah TOEFL Paper based test atau TOEFL Institusional Testing Program . Sementara jenis kedua yang diluncurkan beberapa tahun belakangan ini adalah TOEFL

Bandingkan dengan IELTS yang ternyata merupakan produk inggris. IELTS merupakan produk inggris karena dibuat oleh lembaga bernama British Council dengan beberapa universitas di Inggris. Sementara itu, jika TOEFL memiliki beberapa jenis test. IELTS hanya memiliki satu jenis test bernama IELTS.

Jika TOEFL memiliki beragam jenis test. Beserta dengan daftar biayanya yang bervariasi. TOEFL paling murah adalah TOEFL Jenis paper beased test dan Institusional Testing Program. Dimana biaya jenis test ini hanya berkisar 400 ribu sampai 600 ribu rupiah saja. Sementara TOEFL Internet based test mempunyai biaya sekitar 3 sampai 4 juta. Jadi jika anda menemukan test TOEFL di bawah harga harga tersebut bisa dipastikan bukan dari ETS. Atau hanya merupakan test simulasi untuk latihan saja.

Sementara untuk IELTS, Jenis testnya karena cuman satu. Maka IELTS Test dibanderol di harga yang sama dengan TOEFL Internet based test seharga tiga hingga empat juta rupiah. Lalu kenapa IELTS Test dan TOEFL Internet based test sangat mahal. Salah satu faktornya karena jenis ujiannya yang melibatkan empat bagian soal. Serta ujian speaking atau wawancaranya untuk IELTS Test menggunakan native speaker dari inggris. Sementara TOEFL Internet based test, sesuai dengan namanya. Ujian menggunakan komputer atau laptop yang tersambung dengan internet berkecepatan tinggi.

Baca Juga:  Pentingnya Mengikuti IELTS Preparation Course Jakarta

Lalu apa itu IELTS Tes sebenarnya? Apa yang membedakan dengan TOEFL? Secara harfiah tidak ada perbedaannya. Kedua jenis test ini sama-sama di terima di seluruh kampus di luar negeri. Termasuk perusahaan-perusahaan berkelas internasional. Yang membedakan justru ada pada subtansi dan bagian-bagian soal yang diujikannya.

Apa itu test IELTS? Ada beberapa subtansi untuk memahami apa itu IELTS test dengan benar dan menyeluruh. Pertama adalah subtansi test pada bagian listening. Jika anda belum pernah mengikuti IELTS Test dan TOEFL Test. Atau hanya salah satunya saja. Maka anda harus memahami subtansi ini. Bahwa listening TOEFL Menggunakan american-english. Sesuatu yang amat berbeda dengan IELTS Test. Dimana IELTS test menggunakan aksen british english yang snagat kental. Jika anda sering melihat film inggris seperti Harry Potter atau Fantastic Beast. Maka anda bisa mendengarkan aksesn yang british sekali. Nah, IELTS akan menggunakan listening seperti ini. Daripada film-film hollywood yang sering anda tonton menggunakna akses Amerika yang sangat TOEFL.

Kedua, pada subtansi kedua ini. Anda harus memahami pada bagian speaking. Jika TOEFL Internet based menggunakan komputer sebagai lawan bicara atau media speaking. Maka, IELTS test langsung menggunakan warga negara asing sebgai lawan bicara anda. Jadi, jika anda akan mencoba IELTS Test, anda disarankan mulai berlatih berbahasa inggris dengan native speaker atau lawan bicara yang pernah berpergian ke negara penutur inggris dengan aksesn british inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *