Begini 3 Cara Mendapat Beasiswa Ke Jerman Berikut Syaratnya

Posted on

Cara Mendapat Beasiswa ke Jerman – Banyak calon mahasiswa yang mengincar beasiswa kuliah di Jerman. Adanya beasiswa bisa membantu meringankan biaya kuliah, bahkan beasiswa tertentu bisa menanggung seluruh biaya kuliah sehingga mahasiswa tidak mengeluarkan uang sepeser pun.

Walaupun kuliah di Jerman relatif lebih murah dibandingkan kuliah di Amerika atau Inggris, namun mahasiswa yang kuliah di Jerman tetap harus memiliki bukti sumber keuangan sebagai persyaratan visa studi. Bukti sumber keuangan ini sebagai jaminan bahwa kamu memiliki uang yang cukup untuk hidup di Jerman.

Begini 3 Cara Mendapat Beasiswa Ke Jerman Berikut Syaratnya

cara mendapat beasiswa ke jerman

Nah, jika kamu mendapatkan beasiswa kuliah di Jerman, kamu tidak perlu memiliki jaminan keuangan untuk visa studi. Ada banyak beasiswa luar negeri Jerman yang tersedia, tetapi bagaimana cara mendapatkannya?

1. Cari Informasi Beasiswa Sebanyak – Banyaknya

Kamu harus mencari informasi – informasi sebanyak – banyaknya mengenai beasiswa untuk kuliah di Jerman. Catat secara detail universitasnya, jurusannya, jenis beasiswa, persyaratannya, dokumen yang dibutuhkan, kapan waktu pendaftarannya, serta deadline-nya.

Kumpulkan semua informasi tersebut dan pelajari paket masing – masing beasiswa, apa yang didapatkan dari beasiswa tersebut. Ini adalah cara mendapat beasiswa yang harus kamu lakukan.

[irp posts=”1394″ name=”Berapakah Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa?”]

Kamu bisa mencari informasinya dengan browsing di internet atau melalui lembaga – lembaga yang terkait dengan pendidikan di Jerman seperti DAAD, virtueducation.org, Goethe Institute, atau bisa juga dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) yang kuliah di Jerman.

Biasanya saat kamu mengikuti kursus bahasa Jerman, kamu akan mendapatkan berbagai informasi mengenai studi di Jerman dan juga beasiswa ke Jerman. Bahkan kamu juga bisa berkonsultasi di virtueducation.org mengenai cara mendapat beasiswa ke Jerman.

2. Tentukan Jenis Beasiswa yang Akan di Apply

Setelah mendapatkan berbagai informasi mengenai beasiswa di Jerman, filter semua beasiswa tersebut dan sesuaikan dengan yang kamu inginkan. Selanjutnya tentukan beasiswa yang akan kamu apply.

3. Mempersiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Sebelum mendaftar beasiswa ke Jerman, kamu harus memiliki kemampuan bahasa Jerman terutama jika program studi yang kamu ambil bukan program internasional. Umumnya, salah satu persyaratan beasiswa adalah memiliki kemampuan bahasa Jerman level tertentu.

Syarat-Syarat dan Dokumen yang Diperlukan Untuk Kuliah Di Jerman

cara mendapat beasiswa ke jerman

Level bahasa Jerman yang biasanya dijadikan syarat apply beasiswa adalah level B2. Selanjutnya, kamu perlu mempersiapkan dokumen – dokumen yang dibutuhkan. Secara umum dokumen yang dibutuhkan yaitu:

[irp posts=”1330″ name=”Informasi Seputar Biaya, Syarat Kuliah di Jerman yang Diketahui”]

• Ijazah dan daftar nilai ujian akhir SMA

Ijazah dan daftar nilai ujian akhir SMA ini harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau bahasa negara tujuan. Kamu bisa menggunakan penerjemah tersumpah, kamu bisa mencarinya di google, di lembaga yang terkait dengan studi di Jerman seperti Goethe Institute, atau bisa juga melihat daftarnya di kedutaan masing – masing.

• Ijazah dan transkip nilai S1 (jika beasiswa yang kamu apply untuk S2)

Ijazah dan transkip nilai S1 juga harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau bahasa tujuan.

• TOEFL atau IELTS

Skor TOEFL atau IELTS ini tergantung permintaan universitas. Biasanya semakin bagus universitasnya semakin tinggi skor yang diminta.

[irp posts=”1301″ name=”Apa Itu TOEFL dan Bagaimana Cara Dapatkan Score Tinggi?”]

• Sertifikat Bahasa Jerman

Sertifikat ini bisa didapatkan saat mengikuti kursus bahasa Jerman di lembaga resmi yang terpercaya.

• Curriculum Vitae

Untuk CV bisa mengikuti format baku yang sudah ada sesuai dari negara tujuan.

• Motivation Letter

Pada bagian ini kamu harus menjelaskan ketertarikanmu pada jurusan yang kamu pilih. Kamu harus menunjukkan bahwa kamu memiliki keinginan yang kuat untuk melanjutkan kuliah di Jerman.

• Recommendation Letter

Surat rekomendasi ini bisa berasal dari dosen di kampus sebelumnya atau bisa juga dari atasan di tempat kamu bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *