Manfaatkan 6 Program Beasiswa Kuliah di Jerman yang Bisa Kamu Coba

Posted on

Beasiswa Kuliah di Jerman – Salah satu cara terbaik untuk kuliah gratis di Jerman adalah dengan mendaftar beasiswa yang ditawarkan oleh organisasi, lembaga, atau beasiswa dari pemerintah Jerman. Bahkan setiap tahun pemerintah Jerman menawarkan beasiswa bagi mahasiswa dari negara berkembang, terutama Asia dan Afrika, agar mereka melanjutkan studinya di Jerman.

Ini juga menjadi cara agar bakat-bakat terbaik dari seluruh dunia datang ke Jerman dan ikut memberikan kontribusi bagi kemajuan negara Jerman. Peluang besiswa kuliah di Jerman sangat terbuka terutama untuk program pascasarjana, baik Master maupun Doctoral.

Manfaatkan 6 Program Beasiswa Kuliah di Jerman yang Bisa Kamu Coba

Biaya kuliah (tuition fee) di Jerman memang gratis, tapi mahasiswa membutuhkan biaya hidup selama tinggal di Jerman. Berikut ini beberapa beasiswa kuliah di Jerman yang bisa dimanfaatkan untuk membantu keuangan mahasiswa internasional

beasiswa kuliah di jerman gratis

1.DAAD

DAAD menjadi paling populer karena menawarkan paling banyak jenis beasiswa. Setiap tahun Dinas Pertukaran Akademis Jerman atau DAAD mensupport para pelajar dari negara berkembang dengan memberikan beasiswa bagi mereka yang kuliah di Universitas yang memiliki kerjasama dengan DAAD. Beasiswa DAAD menyasar mahasiswa asing, peneliti muda, serta mahasiswa Master atau doctoral yang ingin mengambil studi di Jerman.

[irp posts=”1632″ name=”Raih Gelar Master Dengan Memanfaatkan Beasiswa Jerman S2″]

Beasiswa ini didanai oleh pemerintah Jerman melalui Germany’s Federal Ministry for Economic Cooperation and Development (BMZ). DAAD akan memberikan tunjangan bulanan sebesar € 750 untuk mahasiswa Master dan € 1000 untuk program Doctoral. Mereka juga akan menerima hibah penelitian tahunan, asuransi kesehatan, tunjangan perjalanan, dan tiket Indonesia-Jerman.

2.Erasmus +

Erasmus + merupakan program beasiswa untuk mahasiswa semua level, dari S1 sampai pasca Doctoral. Beasiswa ini termasuk kategori beasiswa penuh. Seluruh biaya pendidikan, tiket pesawat PP, asuransi, serta uang saku bulanan ditanggung oleh European Commision selaku pemberi beasiswa. Uang saku bulanan yang diterima adalah sebesar € 1000 untuk mahasiswa S1 dan S2, serta € 1500 untuk mahasiswa S3.

3.The Deutschlandstipendium

Deutschlandstipendium merupakan beasiswa yang bersumber dari kerjasama antara pemerintah Jerman dan swasta. Lebih dari 22.500 mahasiswa pada semua level mendapatkan manfaat dari beasiswa ini. Mereka akan mendapatkan bantuan keuangan bulanan sebesar € 300 selama 2 semester. Akan ada evaluasi selama 2 semester, dan hanya mahasiswa yang memenuhi syarat yang akan mendapatkan beasiswa lanjutan.

4.Beasiswa Heinrich böll

Heinrich böll menawarkan beasiswa kuliah di Jerman kepada mahasiswa internasional untuk belajar pada program Master dan Doktoral dalam bidang studi apapun. Program ini sebenarnya menawarkan beasiswa untuk semua jenjang dari S1-S3. Tapi untuk mahasiswa dari luar Uni Eropa, beasiswa ini hanya berlaku untuk jenjang S2 dan S3.

[irp posts=”1370″ name=”Tempat Kursus Bahasa Jerman untuk Persiapan Studi”]

Mereka akan mendapat tunjangan bulanan sebesar € 750 untuk program Master dan € 1000 untuk Doktoral. Biaya kuliah tidak ditanggung, tapi tidak masalah karena hampir semua Universitas negeri di Jerman menggratiskan biaya kuliah (tuition fee)

5.The Friedrich Ebert Stiftung (FES)

Friedrich Ebert Stiftung merupakan yayasan politik tertua di Jerman yang setiap tahun memberikan beasiswa kepada sekitar 40 mahasiswa luar Jerman. Penerima beasiswa berasal dari Afrika, Asia, Amerika Latin dan Eropa Timur. Mereka akan mendapatkan tunjangan bulanan sebesar € 750 untuk program sarjana dan € 850 untuk pascasarjana. Selain itu, mereka juga akan mendapat tunjangan asuransi kesehatan serta tunjangan keluarga sebesar € 276.

6.Beasiswa Konrad Adenauer Stiftung (KAS)

Beasiswa dari KAS ini akan diberikan pada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik di atas rata-rata serta perhatian pada masalah sosial politik.

Mereka juga diharapkan berperan dalam peningkatan hubungan antara Jerman dan negara asalnya. Penerima beasiswa akan mendapatkan tunjangan bulanan € 850 untuk mahasiswa Master dan € 1100 untuk program Doktoral. Biaya kuliah juga akan diganti maksimal sebesar € 500 per semester.

[irp posts=”1489″ name=”Gambaran Biaya Hidup di Jerman Sebagai Mahasiswa Asing”]

Selain beasiswa dari swasta, organisasi sosial, dan pemerintah, sebagian besar Universitas Jerman juga menyediakan beasiswa. Tapi mahasiswa harus terdaftar dulu di Universitas tersebut. Gimana, tertarik berburu beasiswa kuliah di Jerman? Viel glück, Semoga sukses ya dan untuk informasi lebih lanjut maka bisa klik baner Virtueducation.org

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *