Belajar Bahasa Inggris Dasar

Posted on

Belajar Bahasa Inggris Dasar – Bagaimana merancang pembelajaran untuk mereka yang sedang memulai belajar bahasa inggris dasar? Tentu saja kurikulum belajar bahasa inggris dasar berbeda dengan belajar bahasa inggris tingkat menengah atau belajar bahasa inggris tingkat mahir. Karena belajar bahasa inggris dasar lebih berfokus kepada membangun pondasi kemampuan berbahasa yang akan diperkuat dalam tahp tahapan selanjutnya.

Jika pondasi yang dibangun tidak begitu bagus. Maka akan menjadi masalah di kemudian hari. Banyak yang merasa ketika belajar bahasa inggris dasar tidak memberikan pengetahuan apa-apa sehingga ketika naik ke tingkat yang lebih tinggi menjadi kaget dan shock. Sehingga merasa bahasa inggrisnya tidak ada peningkatan sama sekali.

Padahal kesalahan utama ketika belajar bahasa inggris dasar adalah soal merancang materi apa saja yang perlu diberikan ketika peserta didik pertama kali masuk ke dalam tahap belajar bahasa inggris tingkat dasar. Materi-materi yang baik dipelajari di tingkat dasar utamanya yang menjadi pondasi dalam masalah penguasaan softskill menghafal, kemudian berlanjut softskill mengetahui structure bahasa inggris tingkat dasar. Kedua softkill ini sudah cukup dijadikan nilai standar untuk membangun pondasi seseorang belajar bahasa inggris tingkat dasar.

Pada materi mengenai penguasaan softskill menghafal. Biasanya dipersiapkan untuk menghafal kosakata bahasa inggris (vocabulary). jika ada pernah mendengar quantum memory atau cara cepat menghafal sebuah kata. Maka pelajarilah kemampuan quantum memory ini. Karena dengan menghafal secara cepat dengan memasukkan jumlah kosakata yang harus anda hafal. Akan menjadi bekal anda yang memperkuat pondasi dasar dasar bahasa inggris anda.

Menguasai kosakata bahasa inggris setidaknya lima kosakata setiap hari adalah softkill wajib yang harus anda kuasai. Dengan metode cepat yang telah diterangkan di atas, maka dalam sebulan saja anda bisa menghafal setidaknya 150 an kosakata baru. Ini sudah cukup untuk level pemula yang belajar bahasa inggris. Anda bisa mulai menghafal kosakata bahasa inggris dengan benda-benda di sekitar anda, misalnya di sekolah, di rumah, di kanto dan bahkan di kompleks perumahan anda.

Baca Juga:  Definisi, Rumus, dan Contoh Kalimat Present Continuous Tense

Beberapa metode menghafal cepat kosakata (vocab) bahasa inggris dalam belajar bahasa inggris dasar adalah menggunakan pengkondisian ruang belajar anda atau ruang tidur anda. Anda hanya menyiapkan lima lembar kertas kecil yang telah ditulis satu kata vocab dan terjemahannya. Kemudian tempelkan lima kertas kecil tersebut ke lemari pakaian, meja belajar dan bisa juga cermin rias anda.

Hafalkan lima kosakata baru ini setiap hari. Esok paginya anda tinggal mengulang hafalan kemarin, mencopoti kosakata yang telah dihafal dan menggantinya dengan yang baru. Mudah bukan?, kuncinya adalah anda harus disiplin dan kerja keras serta fokus selalu. Tidak boleh terdistraksi dengan hal hal lain.

Selanjutnya materi dasar yang mesti dikuasai ketika anda belajar bahasa inggris dasar adalah grammar. Biasanya grammar dalam TOEFL disebut dengan structure dan written expression. Grammar atau structure ini merupakan pondasi penting yang mesti anda kuasai ketika berada di tahap belajar tingkat dasar. Ibarat anda membangun sebuah bangunan maka grammar adalah kerangka besi yang akan menopang pemahaman anda. Sementara vocabulary atau kosakata akan mengisi kerangka besi tersebut layaknya cairan beton. Sehingga pemahaman dasar anda akan semakin kuat.

Lalu materi grammar apa yang wajib dikuasai ketika belajar bahasa inggris tingkat dasar? Grammar sendiri sangatlah luas, selain soal belasan tenses yang mesti dihafal. Grammar juga berbicara mengenai writing dan speaking yang mesti dipahami oleh pembelajar bahasa inggris kedepannya. Akan tetapi untuk anda yang masih berada di tahap dasar. Menguasai grammar yang direkomendasikan adalah menguasai minimal tiga tenses dasar yang sering kali digunakan. Serta memahami apa itu kata bantu kerja (to be) dan kata ganti orang (pronouns).

Baca Juga:  Contoh Kalimat Simple Present Tense Positif Negatif Interogatif dan Tanya

Mengapa kata ganti dan kata bantu kerja sangat penting di tingkat dasar? Karena pembelajar pemula akan sering menggunakan dan menemui fomula ini di tingkatan selanjutnya. Jika anda sering menemukan kata ganti saya (I) dan kamu (you). maka kata ganti selanjutnya yang mesti dipahami adalah mereka (they), kami (we), kita (our), serta kata ganti orang ketiga tunggal dia perempuan (she), dia laki laki (he) dan sebuah benda (it).

Pronouns atau kata ganti orang ini akan diperluas ke dalam kata ganti orang kepemilikan. Misalnya sendal ini milik siapa? Maka jawabannya akan merujuk pada kata ganti diatas bukan? Nah, jika sandal ini milik saya, akan menjadi “it’s mine”. sementara jika milikmu (yours), sementara milik dia laki-laki (his), milik dia perempuan (her), sementara jika milik mereka (theirs).

Kata ganti ini akan mengikuti juga ketika mempelajari kata bantu kerja. Misalnya kata bantu saya (I) adalah (am) dan juga (m) menjadi (I am atau I’m). kata bantu kerja (he, she dan it) adalah “is”. sementara kata bantu kerja “you, they dan we” adalah “are”. misalnya “she is a doctor”, “he is a football player”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *