Belajar Bahasa Jerman Pemula

Posted on

Belajar bahasa jerman Pemula – bagi masyarakat indonesia bisa jadi merupakan sesuatu yang baru dibandingkan belajar bahasa inggris. Selain karena bahasa jerman tidak terlalu familiar, indonesia juga tidak mempunyai hubungan emosional dengan bahasa atau budaya jerman. Sehingga menyebabkan proses belajar bahasa jerman pemula biasanya awal awal akan terlihat sulit.

Coba bandingkan dengan bahasa-bahasa yang pernah menjajah indonesia misalnya inggris dan belanda atau jepang. Kedekatan emosional ini karena beberapa bahasa belanda dan inggris atau jepang terserap masuk ke dalam bahasa indonesia. Terutama bahasa belanda yang lebih banyak terserap masuk, sehingga bagi pemula akan terasa lebih familiar.

Begitu juga ketika belajar bahasa inggris yang sudah terbiasa sejak diberikan pelajarannya saat sekolah dasar. Pelajaran bahasa inggris di ekolah dasar dan sekolah menengah sendiri menjadi hal yang umum. Sehingga masyarakat sudah sangat familiar dengan bahasa inggris.

Bandingkan dengan bahasa jerman yang mungkin baru pertama kali dikenal dan didengar. Sehingga menyebabkan beberapa orang yang baru belajar bahasa jerman harus mengerutkan keningnya. Bahasa jerman sebenarnya tidak terlalu sesulit yang dibayangkan. Karena buktinya ada beberapa orang yang mampu belaja bahasa jerman dalam beberapa bulan saja. Sekitar sekian persen orang bahkan mampu menyelesakan satu program bahasa jerman dalam jangka waktu enam bulan saja.

Belajar bahasa jerman pemula memang berbeda dengan belajar bahasa jerman tingkat mahir. Pada proses belajar bahasa jerman pemula, format pembelajarannya akan tetap sama seperti proses belajar bahasa inggris. Dimana untuk belajar bahasa jerman pemula akan sangat menentukan belajar materi-materi dasar yang akan menjadi pondasi bagi pembelajaran di tingkat selanjutnya.

Misalnya materi dasar bagi belajar bahasa jerman pemula adalah soal kosakata. Kosakata dalam bahasa jerman ini tentu saja berbeda dengan kosakata dalam bahasa inggris. Kosakata dalam bahasa inggris hanya berbentuk satu kata singkat saja. Sementara kosakata dalam bahasa jerman sesuai ciri khasnya berbentuk satu kata yang agak panjang dengan pengucapan-pengucapan khas tertentu. Misalnya salam perpisahan dalam bahasa jerman “auf wiedersehen”. bandingkan dengan bahasa inggris “your welcome”.

Baca Juga:  Ini Caranya Belajar Bahasa Jerman Otodidak yang Mudah Dimengerti

Belajar bahasa jerman untuk pemula pada bagian penambahan kosakata akan sangat bermanfaat ketika selanjutnya anda naik ke tahap menengah atau mahir. Anda harus mulai menghafal minimal 5 kosakata bahasa jerman di sekitar anda. Misalnya bahasa jerman ayah, ibu, anak, sepupu, hingga keponakan. Jika anda mengalami kesulitan dalam menerjemahkan kosakata bahasa jerman. Anda bisa mendownload kamus offline bahasa jerman yang ada di play store.

Penambahan kosakata lima buah setiap hari ini tidak ambisius. Karena rata-rata normalnya setiap orang bisa menghafal satu hingga lima kata berbeda setiap hari. Anda bisa menggunakan trik trik atau metode tertentu dalam proses menghafal kosakata ini. Bisa dengan metode menuliskan di dalam kertas kemudian ditempelkan di meja belajar anda. Kemudian anda hafal setiap hari dan kemudian diganti dengan kosakata yang baru besok harinya. Jika saja dalam satu hari anda bisa menghafal lima ksosakata dalam bahasa jerman. Maka dalam satu bulan anda sudah mendapatkan sekitar 150 buah kosakata. Luar biasa bukan?

Pada tahap selanjutnya, proses belajar bahasa jerman pemula bisa naik ke proses belajar tata bahasa jerman. Proses belajar tata bahasa jerman ini sedikit berbeda dengan bahasa inggris. Misalnya “ich komst aus java”. merupakan sebuah tata bahasa untuk menunjukkan arti darimana berasal. Saya berasal dari daerah jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *