Kenapa Kamu Harus Belajar Bahasa Jerman? Ini Dia Alasannya

Posted on

Belajar Bahasa Jerman – Sebagian orang enggan untuk mempelajari bahasa Jerman karena mereka merasa belajar bahasa Jerman itu sulit. Padahal, mempelajari bahasa Jerman itu tidak sulit lho. Terlebih lagi jika kamu sudah memiliki dasar belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris.

Saat kamu memiliki dasar bahasa Inggris, kamu akan lebih mudah untuk belajar bahasa Jerman. Kata – kata dalam bahasa Jerman memiliki banyak kemiripan dengan bahasa Inggris, misalnya ‘learn’ dalam bahasa Inggris menjadi ‘learnen’ dalam bahasa Jerman.

Contoh lainnya, ‘study’ dalam bahasa Inggris menjadi ‘studie’ dalam bahasa Jerman atau kata ‘good’ dalam bahasa Inggris menjadi ‘gut’ dalam bahasa Jerman. Simak alasan – alasan kenapa kamu harus belajar bahasa Jerman berikut ini.

Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Bahasa Jerman

1. Bahasa Jerman merupakan bahasa dengan penutur terbanyak di Eropa

Mungkin selama ini kamu mengira bahwa bahasa yang paling banyak penuturnya di Eropa adalah bahasa Inggris. Eiiitss jangan salah, bahasa Jerman memiliki native speaker terbesar di Uni Eropa.

Bahasa Jerman bukan hanya menjadi bahasa ibu di negara Jerman, tetapi bahasa Jerman juga menjadi bahasa resmi di negara lain seperti Austria, Belgia, Liechtenstein, Luksemburg, dan Swiss.

Bahasa Jerman juga menjadi salah satu dari dua belas bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Lebih dari 101 juta orang berbahasa Jerman dan sekitar 20 juta orang di dunia belajar bahasa Jerman.

2. Memudahkan kamu yang ingin kuliah di Jerman

Banyak pelajar Indonesia yang memutuskan untuk melanjutkan studinya di negara Jerman. Selain karena biaya perkuliahannya yang gratis, kualitas pendidikan di negara tersebut juga terkenal bagus.

Walaupun perguruan tinggi di Jerman menyediakan program internasional dengan bahasa Inggris, tetapi lebih banyak jurusan kuliah yang menggunakan bahasa Jerman. Jika kamu ingin kuliah di Jerman, tentunya kamu harus membekali diri dengan belajar bahasa Jerman.

Baca Juga:  7 Aplikasi Belajar Bahasa Jerman Gratis Untuk Android

3. Ada banyak beasiswa untuk kuliah di Jerman

Siapa sih yang nggak pengen kuliah di luar negeri gratis? Salah satu negara yang memiliki kulitas pendidikan berkualitas dan banyak menawarkan beasiswa adalah Jerman.

Beasiswa yang diberikan bukan hanya untuk pelajar Jerman saja lho, tetapi juga untuk para pelajar internasional termasuk Indonesia. Jerman menawarkan berbagai beasiswa untuk jenjang S1 hingga S3, mulai dari partial scholarship hingga full scholarship.

4. Menambah wawasan mengenai Eropa

Saat kamu belajar bahasa Jerman, secara otomatis kamu juga akan mempelajari budayanya. Bahkan, kamu juga akan mengetahui sejarahnya. Terlebih lagi bahasa Jerman tidak hanya digunakan oleh warga negara Jerman saja, namun bahasa Jerman juga digunakan sebagai bahasa resmi di beberapa negara di Eropa.

Dengan mempelajari bahasa Jerman, wawasan yang kamu miliki mengenai Jerman dan negara – negara Eropa lainnya akan bertambah.

5. Bahasa Jerman menjadi bahasa ilmiah kedua yang paling umum digunakan di dunia

Jerman adalah pintu gerbang menuju pendidikan tinggi kelas dunia. Sekitar 18% dari buku – buku di dunia diterbitkan dalam bahasa Jerman dan relatif sedikit diantaranya yang pernah muncul dalam terjemahan bahasa Inggris.

Banyak karya filsafat, sejarah seni, sastra, musik, teologi, kimia, fisika, psikologi, teknik, dan dunia kedokteran yang penting di dunia barat ditulis dalam bahasa Jerman dan terus diproduksi di Jerman. Bahasa Jerman juga sering dipakai di bidang teknologi.

6. Mempermudah saat traveling ke Eropa

Banyak orang yang mengunjungi Eropa dengan berbagai tujuan seperti traveling, liburan, ataupun dengan tujuan lainnya. Saat kamu belajar bahasa Jerman dan menguasainya, kamu akan merasa lebih mudah saat traveling ke Eropa.

Baca Juga:  Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Jerman

Negara Jerman berbatasan langsung dengan 9 negara di Eropa seperti Belanda, Belgia, Luksemburg, Perancis, Swiss, Austria, Ceko, Polandia, dan Demanrk. Kamu akan lebih mudah berkunjung ke negara – negara tersebut melalui Jerman.

7. Jerman banyak melahirkan seniman dan sasrawan ternama di dunia

Banyak lho seniman dan sastrawan yang dilahirkan di Jerman. Banyak diantaranya yang terkenal di dunia seperti Beethoven, Mozart, Bach, Goethe dan Nietsche. Nah, pastinya ada banyak pertunjukan seni yang diselenggarakan di Jerman.

Saat kamu mengunjungi Jerman, kamu bisa menonton pertunjukan – pertunjukan yang diadakan di sana.

8. Meningkatkan kepercayaan diri

Saat kamu memiliki kemampuan bahasa asing seerti Jerman, kamu akan menjadi lebih percaya diri terutama saat berkomunikasi dengan seseorang yang menggunakan bahasa Jerman. Kemampuan bahasa Jerman juga akan bermanfaat di dunia kerja, terutama saat kamu memiliki relasi dengan orang Jerman atau perusaahaan Jerman.

Selain itu, saat ini banyak juga turis yang berasal dari Jerman mengunjungi Indonesia. Kamu bisa menjadi tour guide para turis Jerman yang berkunjung ke Indonesia.

Nah, itu tadi alasan – alasan kenapa kamu harus belajar bahasa Jerman. Kamu bisa mulai belajar bahasa Jerman dari sekarang lho, karena bahasa Jerman yang kamu pelajari akan bermanfaat nantinya. Kamu bisa belajar bersama Virtueducation.org.

Selain bisa mempelajari bahasa Jerman, Virtueducaton.org juga memberikan berbagai informasi mengenai kuliah di Jerman, kerja di Jerman dan bagaimana kehidupan di Jerman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *