Belajar Bahasa Perancis untuk Pemula

Posted on

Belajar Bahasa Perancis untuk Pemula – Jika anda pernah mendengar bahwa belajar bahasa membutuhkan ketekunan, konsistensi dan disiplin yang tinggi. Maka saran itu benar sekali. Nah, bagaimana caranya agar anda yang sedang belajar bahasa. Terutama bahasa perancis yang termasuk salah satu bahasa lumayan baru di dalam masyarakat Indonesia. Bagaimana belajar bahasa perancis untuk pemula agar bisa tekun, konsisten dan juga disiplin tinggi.

Cara pertama adalah, mengetahui gaya belajar anda dan kemampuan anda. Gaya belajar dan kemampuan otak anda sangat mempengaruhi hampir 70 persen kecepatan anda menguasai bahasa perancis. Misal gaya belajar anda adalah harus mendengarkan musik. Maka, bagaimana caranya anda bisa mengkondisikan saat anda belajar bahasa perancis, anda bisa mendengarkan musik klasik atau pop sebagai teman belajar. Sementara jika gaya belajar anda berada dalam keheningan dan kesunyian. Maka anda bisa atur waktu belajar sebelum masuk subuh atau sebelum tidur. Matikan suara radio, handphone dan fokus pada buku dan perangkat digital yang membantu anda belajar.

Sementara kemampuan terkait erat dengan cara memahami dan perangkat yang digunakan. Ada orang yang kemampuan belajarnya auditori, kinestetik, visual atau campuran dari beberapa kemampuan. Maka tugas anda adalah mengidentifikasi mana kemampuan yang dominan di dalam kepribadian anda. Kemampuan inilah yang nantinya bisa anda optimalkan saat mengejar belajar bahasa perancis untuk pemula. Kemampuan yang dimaksud. Untuk auditori biasanya senang mendengarkan penjelasan tata bahasa perancis, berita perancis dalam bahasa perancis. Sementara kemampuan visual lebih kepada buku bergambar, menonton film-film perancis, atau segala hal yang berhubungan dengan panca indera mata.

Cara kedua, gunakan metode yang konsisten. Jika anda menggukan metode tertentu. Cobalah untuk konsisten dalam menerapkan sekitar seminggu atau beberapa bulan kedepan. Metode yang konsisten ini bermanfaat untuk mengevaluasi sejauh mana metodya efektif dalam membantu anda memahami bahasa perancis. Semisal metode anda lebih masuk ketika belajar di subuh hari. Maka konsistenkan untuk belajar di subuh hari dan lanjutkan selama beberapa bulan. Baru kemudian anda evaluasi. Metode belajar yang anda rasa kurang efektif. Dapat segera anda ubah, anda revisi atau anda coret dari cara belajar anda. Sehingga anda bisa memaksimalkan waktu dengan baik.

Baca Juga:  Nama Kota Kota di Perancis yang direkomendasikan untuk studi

Cara ketiga, mulailah menghafal kosakata bahasa perancis dari hal yang terkecil dan di sekitar kita. Mulailah dengan menghafal kosakata benda di lingkungan terkecil seperti rumah dan kamar tidur. Mulai dengan lima kata per hari saja. Kemudian esoknya anda ulang 5 kata yang kemarin. Sambil ditambah lima kosakata yang baru di hari itu. Sehingga anda bisa menguasai setidaknya 150 kosakata baru dalam satu bulan saja. Ingat, penguasaan kosakata dalam bahasa sangat penting. Terlebih ketika anda berbicara atau menulis ketika menyampaikan gagasan.

Cara keempat, pelajari struktur bahasa perancis dengan metode harian. Artinya sehari anda mempelajari satu tipe tata bahsa perancis sampai mengerti seluruhnya. Jika anda sudah mengerti. Maka kemudian gunakan dalam aplikasi sehari hari dengan membuat sebuah kalimat yang dibentuk dari tata bahasa tersebut dan kosakata yang telah anda kuasai. Siapkan buku khusus yang menjadi tempat anda berlatih menyusun dan membaca kalimat-kalimat yang telah anda buat.

Cara kelima, praktek bahasa perancis secara lisan. Ingat jangan malu-malu kucing. Anda sedang belajar bahasa bukan sedang mencuri. Praktekkan dalam hal-hal sederhana. Saat menulis pesan wa ke teman gunakan dua bahasa. Bahasa indonesia dan prancis. Bergabung dengan komunitas poliglot yang bisa mewadahi anda berbicara dalam bahasa perancis. Mengikuti kelas speaking club yang biasanya ada di beberapa kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *