Cara Efektif Belajar IELTS Otodidak

Posted on

Belajar IELTS Otodidak – Apakah anda sedang berusaha mengenal lebih dekat IELTS? Atau sedang berusaha membandingkan cara belajar antara TOELF dan IELTS. Nah, sebelum anda melangkah lebih jauh mengenai proses belajar IELTS secara otodidak. Sebaiknya anda tahu mendasar dahulu perbedaan TOEFL dan IELTS. Mulai dari sumber pembuatnya, soal-soal yang diujikan serta apa saja yang perlu diketahui ketika mengerjakan soal-soal antara TOELF dan IELTS.

Perbedaan antara pembuat, contoh soal-soal yang diujikan, atau tipe soal yang diujikan serta proses pengerjaan yang berbeda. Merupakan informasi penting yang wajib anda ketahui sebelum mencari cara belajar IELTS otodidak. Kenapa demikian? Karena ternyata apa yang didesain di dalam kurikulum IELTS dengan TOEFL agak sedikit berbeda. Apalagi jika anda telah teracuni stigma bahwa ada yang bilang IELTS lebih mudah ketimbang TOEFL. Sementara yang lain bilang bahwa TOEFL jauh lebih gampang keitmbang IELTS. Nah, anda tentu tidak mau kan menjadi korban stigma atau opini orang lain. Karena stigma atau opini ini snagat tergantung dengan kemampuan seseorang.

Misalnya begini, orang dengan tipe pembelajaran tertentu terkadang lebih cocok dengan jenis ujian IELTS dibandingkan dengan tipe ujian TOEFL. Sementara disisi alain ada juga yang merasa lebih cocok dengan tipe ujian TOEFL ketimbang IELTS. Nah, perbedaan secara empiris atau pengalaman ini susah untuk dicari netralitas atau keobjetifannya. Maka daripada itu, anda perlu memahami perbedaan mendasarnya.

Pertama, TOELF adalah produk amerika, atau lembaga asosiasi yang membuat adalah ETS, educational testing system. Karena produk amerika, anda mesti memahami bahwa desain listening soal-soal yang diujikan sangat american-english ketimbang british-english. Pemahaman mendasar ini patut anda cermati. Karena kebanyakan orang indoensia lebih familiar dengan american-english ketimbang british-english. Orang indoensia telah mengenal toefl bahkan sejak SD. Kebanyakan buku-buku bahasa inggris yang diedarkan sejak sekolah dasar adlaah buku bahasa inggris dengan desain american-english.

Baca Juga:  Lokasi Kursus IELTS Jakarta

Kedua, IELTS adalah produk inggris. Karena yang membuat adalah British Council dan universitas-universitas di Inggris. Karena merupakan produk inggris. Anda juga mesti paham bahwa desain listening yang diujikan akan sangat british-english. Anda pernah melihat film Harry Potter? Nah, aksesn inggris yang diperdengarkan dalam ujian IELTS adalah seperti itu.

Ketiga, karena TOEFL adalah produk amerika dan IELTS adalah produk inggris. Soal-soal reading yang diujikan dalam TOEFL mayoritas berkaitan dengan sejarah amerika. Mulai dari sejarah perang sipil, perang kemerdekaan, perbudakan hingga hak-hak kesetaraan serta demokrasi. Serta beberapa sejarah kehidupan amerika. Hanya bagian kecil yang membahas soal ilmu pengetahun umum seperti biologi atau kimia dan pengetahuan alam. Tetapi untuk IELTS soal reading lebih beragam

Nah, langsung kembali kepada cara belajar IELTS otodidak. Setelah anda memahami perbedaan mendasar di atas, berikut adalah cara-cara efektif belajar IELTS secara otodidak:

Pertama, donwload podcast BBC. BBC adalah saluran radio dan berita inggris. Anda bisa mendengarkan aksesn british-english langsung dari native speaker disana. Melalui saluran podcast yang telah anda unduh. Anda bisa mendnegatkan siaran radio, kuliah umum, ceramah singkat hingga orasi politisi dalam bahasa inggris yang tentunya dengan aksesn britishnya yang kuat.

Kedua, banyak membaca buku-buku sejarah inggris dengan bahasa inggris tentunya. Walauapun ini tidak sepenuhnya menjamin. Reading dalam IELTS selalu umum dalam memberikan persoalan. Tetapi anda bisa mengantisipasinya dengan mengauasai sejarah inggris dan sejarah eropa pada umumnya. Bukan hanya bagian sejarah tetapi juga ilmu pengetahuan alam.

Ketiga, berlatih dengan temanmu untuk urusan speaking. Karena IELTS ujian pada bagian speaking menggunakan native speaker dari inggris langsung. Berbeda dengan TOEFL Amerika yang menggunakan komputer.

Baca Juga:  Disinilah Tempat Kursus IELTS Di Jakarta - Lesbahasainggris.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *