Biaya Hidup di Australia untuk Mahasiswa Internasional

Posted on

Biaya Hidup di Australia – Negara Australia adalah tempat yang sangat nyaman untuk tinggal sebagai mahasiswa maupun pekerja. Standar hidup di Australia termasuk tinggi di dunia. Sebagai panduan umum saja, seorang mahasiswa internasional bisa menghabiskan biaya sebesar 1.700 dollar AUS per bulannya.

Apabila dibagi per minggu maka kebutuhan yang harus dipenuhi adalah sekitar 425 dollar. Biaya tersebut digunakan untuk memenuhi akomodasi, biaya konsumsi, pakaian, hiduran dan transport. Mahasiswa internasional biasanya juga membutuhkan biaya tambahan seperti internet dan telepon serta asuransi kesehatan.

Diluar biaya hidup tersebut, siapa saja yang menjadi mahasiswa juga membutuhkan budget untuk pulang pergi ke negara asal dan biaya telepon internasional. Seorang mahasiswa di Australia diperbolehkan bekerja selama 40 jam pada setiap musim. Hanya saja pekerjaan ini setipadalah kerja paruh waktu.

Mengingat jam kerja yang minim, maka Anda tidak boleh mengharapkan gaji yang tinggi. Gaji yang didapatkan dari pekerjaan paruh waktu cukup digunakan untuk memenuhi kebutuhan biaya kuliah dan juga hidup.

Kebutuhan Hidup yang Harus Dipenuhi Selama Masa Studi

Kota mana yang menjadi tempat tinggal akan sangat mempengaruhi biaya hidup di Australia sebagai mahasiswa internasional. Misalnya saja di Melbourne, tinggal di sebuah rumah bersama membutuhkan biaya sekitar 120 hingga 3.000 dolar per minggunya. Biasanya akan lebih murah jika tempat tersebut jauh dari perkotaan.

Pinggiran kota Melbourne seperti Bundoora dimana universitas La Trobe berdiri biaya untuk tinggal biasanya adalah 150 dolar per minggu. Biaya tersebut bisa berbeda di masing-masing kota. Kota yang paling mahal adalah Sydney dibandingkan dengan kota Canberra dan Adelaide.

Biaya akomodasi dapat diprediksi bisa mencapai 16.000 dollar setahunnya untuk sewa tempat. Biaya inilah yang paling besar dibandingkan jumlah kebutuhan hidup lainnya. Sangat penting untuk mempertimbangkan biaya tempat tinggal karena ini merupakan biaya yang paling tinggi.

Baca Juga:  Step by Step Kuliah di Australia dengan Lebih Mudah

Akomodasi bsa berupa asrama dan apartemen dengan kelas tertentu. Semua biaya tersebut dapat dinegosiasi dan sudah menjadi hal biasa bagi mahasiswa internasional. Kebutuhan lain yang harus dipenuhi adalahs telepon, internet, dan transportasi.

Berhemat adalah cara yang bisa Anda dilakukan. Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti subway dan juga bus. Sedangkan untuk biaya telepon bisa lebih murah dengan menggunakan paket internet.

Artinya Anda bisa melakukan penghematan di berbagai macam kebutuhan. Bahkan Anda bisa menghemat untuk menikmati hiburan di akhir pekan atau pada saat musim panas tiba. Setiap minggunya Anda bisa membagi kebutuhan biaya hidup rata-rata per minggunya sebagai berikut ini:

Sewa tempat tinggal 140 dollar
Belanja dan makan di luar 130 dolar
Listrik dan gas 25 dolar
Telepon dan internet 15 dolar
Transportasi umum 40 dolar
Hiburan 40 dolar

Apabila di total maka seluruh kebutuhan tersebut dalam 52 minggu dan setahun adalah 20.280 dollar. Mulailah untuk melakukan manajemen keuangan sejak sekarang sebelum mengikuti perkuliahan. Anda harus mempertimbangkan berapa pendapatan yang dimiliki dan pengeluaran sesuai dengan kota tempat tinggal dan gaya hidup.

Cara mudahnya adalah membagi kebutuhan pokok dan kebutuhan sekunder. Kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi setiap bulannya adalah biaya kuliah, sewa apartemen, dan juga makan serta transportasi.

Biaya sekunder yang bisa Anda kurangi adalah untuk hiburan seperti menonton di bioskop, nongkrong di kafe atau berbelanja pernak pernik. Cara tersebut akan membuat Anda bisa berhemat untuk menyimpan uang demi kebutuhan yang tidak terduga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *