Gambaran Biaya Hidup di Jerman Sebagai Mahasiswa Asing

Posted on

Biaya Hidup di Jerman – Apakah kamu seorang siswa yang baru saja diterima sebuah Universitas di Jerman? Kamu pasti sedang gembira karena impian tinggal dan belajar di salah satu negara top Eropa tercapai. Tapi salah satu hal berikutnya yang harus dipikirkan adalah berapa biaya hidup di Jerman bagi mahasiswa asing?

Mendapatkan informasi mengenai hal ini penting, karena kuliah di luar negeri tidak hanya tentang bagaimana mendapatkan prestasi akademik yang baik. Tapi kamu juga harus bisa mengatasi banyak masalah lain yang harus diselesaikan sendirian.

[irp posts=”1422″ name=”Les Bahasa Jerman di Jakarta Terbaik Untuk dan Kisaran Biayanya”]

Meskipun pendidikan di Jerman bebas biaya kuliah, tapi tinggal di Jerman sebagai mahasiswa internasional tentunya akan menambah berbagai biaya hidup lain. Biaya hidup juga bervariasi dari satu siswa ke siswa lain, meskipun secara umum komponen kebutuhan sehari-hari bisa jadi sama. Hal ini karena standar hidup dan gaya hidup yang berbeda-beda. Selain itu, biaya hidup juga tergantung lokasi Universitas, di kota besar atau kota kecil.

Gambaran Biaya Hidup di Jerman Sebagai Mahasiswa Asing

gambaran biaya hidup di jerman

Untungnya, dibandingkan negara Eropa lainnya, Jerman bukanlah negara yang mahal untuk pelajar. Nah, agar kamu punya bayangan biaya hidup di Jerman, berikut ini beberapa komponen biaya yang harus disiapkan sebagai mahasiswa asing di Jerman

1.Biaya tempat tinggal

Tugas penting pertama yang harus kamu lakukan begitu diterima Universitas di Jerman adalah menemukan tempat tinggal. Sewa kamar adalah pengeluaran bulanan terbesar yang harus dikeluarkan. Harga sewa flat di Jerman sangat bervariasi, tergantung di kota mana Universitas tersebut berada. Kamu harus menyiapkan antara 210 sampai 360 euro untuk akomodasi (termasuk listrik).

[irp posts=”1418″ name=”Ini Caranya Belajar Bahasa Jerman Otodidak yang Mudah Dimengerti”]

Harga sewa flat di kota-kota besar seperti Cologne, Munich, Hamburg, Düsseldorf dan Frankfurt am Main bisa lebih tinggi dari angka di atas. Kalau kamu ingin hemat, ada ide yang lebih baik yaitu dengan tinggal di asrama mahasiswa atau sewa flat bersama teman lainnya. Berbagi kamar tidak hanya menghemat biaya akomodasi, tapi juga bisa berbagi kebutuhan sehari-hari lainnya sehingga membuat kita semakin hemat.

2.Biaya makan

Jika kamu tidak bisa masak, mulai sekarang kamu harus belajar masak sendiri. Karena makan di restoran di Jerman bukanlah pilihan yang baik, terutama buat kamu yang berniat menghemat uang. Sekarang ini, biaya makan untuk 2 orang di restoran rata-rata bisa mencapai 20 hingga 25 euro. Untuk restoran kecil mungkin bervariasi antara 8 hingga 14 euro.

Biaya bahan makanan dan minuman di Jerman tidak terlalu tinggi. Susu, roti, keju, buah-buahan, dll tersedia dengan harga yang terjangkau. Belanja untuk bahan makanan sehari-hari tidak akan melebihi € 100 per bulan. Kalau kamu tidak terampil masak, mungkin makananmu tidak lebih lezat dibanding di restoran. Tapi ini masih lebih baik karena kamu akan berhemat banyak.

3.Biaya transportasi

Biaya transportasi sudah dicover dari “semester ticket” yang dibayarkan tiap semester. Semua mahasiswa wajib membayar semester ticket yang biayanya bervariasi tergantung kebijakan Universitas dan layanan apa saja yang dicovernya. Semester ticket ini bisa menelan biaya rata-rata € 100/semester. Pembayaran tiket semester ini mencakup tiket transportasi di area sekitar kampus selama 6 bulan.

Buat kamu yang mau bepergian keluar kampus, cara terbaik adalah dengan menggunakan sepeda. Terutama di kota-kota yang ramai dan pada jam sibuk. Sedangkan tiket angkutan umum lokal rata-rata € 2 sekali jalan. Kalau kamu sering bepergian di rute yang sama, kamu bisa mengambil tiket bulanan dengan biaya rata-rata € 70.

[irp posts=”1414″ name=”Cara Mengucapkan Bahasa Jerman Selamat Pagi, Sore dan Malam”]

4.Asuransi

Biaya lainnya yang harus diperhatikan buat kamu yang mau kuliah di Jerman adalah premi asuransi kesehatan. Pemerintah Jerman mewajibkan asuransi kesehatan untuk semua orang yang tinggal di Jerman, tanpa kecuali. Besarnya biaya asuransi kesehatan sangat tergantung jenis asuransi yang dipilih serta apa saja yang ditanggung oleh perusahaan asuransi. Public health insurance atau asuransi umum merupakan paket asuransi yang wajib dimiliki semua warga Jerman. Saat ini, tarif premi bulanan untuk paket public health insurance berkisar antara 70 hingga 80 euro per bulan.

5.Biaya kebutuhan sehari-hari lainnya

Anggaran untuk telepon, internet, dan TV per bulan rata-rata € 30. Kalau kamu suka olahraga, rekreasi, dan hadir di acara festival budaya, setidaknya kamu harus menyiapkan anggaran bulanan € 60. Selain kebutuhan dasar di atas, ada beberapa komponen biaya lain yang harus disiapkan. Misalnya kamu harus menyiapkan sepatu dan pakaian yang sesuai dengan musim di Jerman.

[irp posts=”1389″ name=”Kota di Jerman Terkenal untuk Wisata Hingga Pendidikan”]

Dengan melihat berbagai komponen biaya di atas, setidaknya diperlukan € 700/bulan untuk biaya hidup di Jerman sebagai mahasiswa asing. Dengan budget bulanan tersebut, memungkinkan kamu menjalani hari-hari dengan gaya hidup sederhana dan tidak berlebih.

Nah, kalau kamu ingin tahu lebih dalam mengenai studi Jerman, kamu bisa konsultasi dengan Virtu Education di nomor (021)-300-19-979/ 0812-89-8000-26 atau virtueducation.org dengan mengklik baner di bawah ini. Kamu bisa tanya banyak hal mengenai tips diterima Universitas di Jerman, tips menyiasati kuliah di luar negeri dengan dana terbatas, dan sebagainya. Tidak harus kaya untuk bisa kuliah di Jerman. Yang penting ada kemauan, di situ ada jalan keluar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *