biaya kuliah di jerman tanpa beasiswa

Berapakah Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa?

Posted on

Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa– Jerman telah menjadi tujuan populer bagi mahasiswa asing yang mencari Universitas dengan kualitas kelas dunia. Universitas di Jerman menawarkan pendidikan yang diakui secara internasional dengan biaya yang relatif lebih murah dibanding negara tujuan studi lainnya seperti Inggris, Amerika, dan Australia. Selain itu, ada banyak beasiswa yang akan membantu keuangan mahasiswa asing selama belajar di Jerman.

Berapakah Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa?

biaya kuliah di jerman tanpa beasiswa

Lalu bagaimana dengan mahasiswa yang mau kuliah dengan biaya pribadi? Berapa biaya kuliah di Jerman tanpa beasiswa? Ikuti ulasannya berikut ini

1.Universitas negeri

Universitas negeri di Jerman tidak memungut biaya kuliah untuk program Sarjana dan Master. Pembebasan biaya studi ini berlaku untuk semua mahasiswa, baik mahasiswa Jerman maupun asing. Sebagian besar Universitas di Jerman adalah negeri, mahasiswa biasanya hanya dibebankan biaya administrasi sebesar 100 hingga 200 Euro per semester. Biaya ini mencakup fasilitas transportasi, olahraga, kafetaria, dan administrasi.

Tapi aturan ini sangat mungkin berubah. Misalnya saja di negara bagian Baden-Württemberg mulai memungut biaya kuliah untuk warga non Uni Eropa mulai semester musim dingin 2017/2018. Jadi kalau kamu berniat kuliah di Jerman, ikuti terus informasi biaya kuliah di berbagai negara bagian di Jerman.

[irp posts=”1385″ name=”Berlin, Ibukota Jerman Dengan Sejarah Panjang dan 3 Faktanya”]

2.Universitas swasta

Universitas swasta tidak menerima subsidi dari pemerintah, karena itu diberi kebebasan untuk menerapkan biaya kuliah. Biaya kuliah di Universitas swasta bervariasi tergantung program studi dan jenjang yang dipilih. Misalnya bidang studi teknik atau bisnis biasanya dibebankan biaya kuliah lebih tinggi dibanding bidang studi seperti ilmu sosial atau pendidikan. Untuk kuliah di Universitas swasta, mahasiswa bisa dibebankan dengan biaya kuliah sebesar 3.000 hingga 20.000 Euro per tahun.

3.Program master dan pascasarjana

Biaya kuliah untuk program Master tergantung dengan bidang studi Sarjana yang diambil. Maksudnya, jika bidang studi yang diambil pada jenjang Master linear atau bidang studinya sama dengan Sarjana, biasanya mahasiswa tidak dibebankan biaya kuliah. Tapi kalau program Master yang diambil tidak linear dengan gelar Sarjana, maka akan mahasiswa akan dikenakan biaya kuliah sekitar € 5000 per tahun untuk Universitas negeri dan bisa sampai € 30,000 per tahun untuk Universitas swasta.

Penerapan biaya kuliah ini juga berlaku buat mahasiswa yang mendapatkan gelar sarjana di belahan bumi yang lain. Tapi ingat, walau biaya kuliah Master di Universitas negeri gratis, tapi mahasiswa harus menyelesaikan kuliah tepat waktu. Sebab di beberapa daerah, diterapkan biaya kuliah bagi mahasiswa yang tidak bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu.

Pada jenjang doktoral atau PhD, biaya kuliah lagi-lagi gratis untuk enam semester pertama. Seperti halnya untuk jenjang lainnya, mahasiswa PhD juga diharuskan membayar biaya administrasi maksimal € 250 per semester

Biaya kuliah di Jerman tanpa beasiswa yang rendah serta standar kehidupan yang tinggi menjadikan Jerman menjadi pilihan yang menarik bagi para mahasiswa asing. Namun sekali lagi, untuk kuliah di luar negeri tidak hanya memerlukan biaya kuliah, tapi juga butuh biaya untuk menutupi kebutuhan sehari-hari.

[irp posts=”1330″ name=”Informasi Seputar Biaya, Syarat Kuliah di Jerman yang Diketahui”]

Diperlukan setidaknya € 700/bulan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang meliputi sewa tempat tinggal (akomodasi), makanan, transportasi, bahan kuliah, rekreasi, gaya hidup dll. Jumlah ini bisa saja membengkak kalau kita tinggal di ota besar seperti Munich, Hamburg, Düsseldorf, maupun Frankfurt.

Untuk menutupi biaya kuliah di Jerman tanpa beasiswa, mahasiswa bisa mengambil pekerjaan paruh waktu baik pekerjaan di dalam kampus maupun di luar kampus. Buat kamu yang tertarik dengan pendidikan Jerman, kamu bisa mendapatkan banyak informasi menarik dengan konsultasi ke Virtu Education.

Virtu Education merupakan lembaga konsultasi pendidikan tinggi Eropa yang telah membantu banyak pelajar Indonesia untuk bisa kuliah di Jerman. Jadi tunggu apalagi? Hubungi Virtu Education di (021)-300-19-979/ 0812-89-8000-26 atau kunjungi virtueducation.org.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *