Jenis dan Biaya Tes TOEFL di Indonesia

Posted on

Biaya Tes TOEFL – TOEFL atau test of English for foreign language merupakan tes yang dirancang untuk menilai tingkat kelancaran berbahasa Inggris bagi orang-orang yang berbahasa ibu bukan bahasa Inggris, misalnya Indonesia. Tes TOEFL dirancang dan dikelola oleh Education Training Service (ETS). Materi tes TOEFL diujikan untuk mengetahui 4 jenis kemampuan, yaitu mendengar (listening), membaca (reading), menulis (writing), dan pemahaman tata bahasa (grammar).

Jenis dan Biaya Tes TOEFL di Indonesia

Sebenarnya terdapat 4 jenis tes TOEFL, yaitu PBT (Paper Based Test), CBT (Computer Based Test), IBT (Internet Based Test), serta ITP (Institutional Testing Program). Tapi saat ini hanya 2 jenis tes TOEFL yang banyak digunakan, yaitu ITP dan IBT. Yuk ikuti perbedaan antara keduanya

 

1.IBT (Internet Based Test)

Seperti namanya, IBT dilakukan dengan media internet. Kita akan menyelesaikan soal-soal TOEFL melalui komputer yang terhubung dengan koneksi internet. IBT mulai diberlakukan secara internasional pada tahun 2005. Universitas di luar negeri telah menjadikan IBT sebagai syarat wajib bagi calon mahasiswa yang mendaftar.

IBT merupakan tes TOEFL resmi yang diselenggarakan oleh lembaga yang bekerjasama langsung dengan penyelenggara resmi TOEFL, yaitu ETS (Educational Testing Service). sehingga untuk mendaftar harus dilakukan secara online ke website resmi ETS, yaitu www.ets.org/toefl. Jadi jangan percaya begitu saja kalau ada lembaga yang bisa mengadakan test TOEFL IBT tanpa mendaftar ke ETS ya.

IBT TOEFL menjadi versi terbaru dari test TOEFL yang diselenggarakan ETS. Jika tes TOEFL era sebelumnya, yaitu PBT dan CBT lebih menekankan kemampuan tata bahasa atau grammar, maka IBT lebih menekankan pada kemampuan praktis reading, speaking, listening, dan writing. Karena memang 4 kemampuan itulah yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, baik ketika belajar, bekerja, maupun ketika berinteraksi sosial.

Baca Juga:  Tes Toefl Jakarta British Concuil Dan Di Westwoodprep

Karena diselenggarakan resmi oleh ETS, sertifikat IBT TOEFL berlaku di seluruh dunia. Jadi bagi yang hendak kuliah atau bekerja di luar negeri, terutama di Amerika Serikat atau negara-negara Eropa, kalian akan membutuhkan sertifikat IBT TOEFL ini. Saat ini biaya tes TOEFL IBT adalah antara 160-250 USD. Biaya tes TOEFL bisa berbeda-beda antara satu tempat pengujian dengan tempat pengujian lainnya, tapi rata-rata ada di angka 195 USD untuk sekali tes.

2.ITP (Institutional Testing Program)

ITP TOEFL merupakan tes yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi lokal atau lembaga bahasa Inggris terkemuka. Walaupun tidak diselenggarakan oleh ETS, tapi tipe dan bobot soalnya sama dengan IBT TOEFL. Hanya saja hasil tes ITP tidak diakui secara internasional, tapi masih berlaku secara lokal dan dan di beberapa negara Asia.

Beberapa perusahaan BUMN, tes CPNS, dan beberapa beasiswa di Indonesia mensyaratkan skor ITP dalam proses rekrutmentnya. Skor ITP berkisar antara 0-677, sehingga kalau kalian melihat lowongan kerja dengan syarat TOEFL minimal 500, berarti skor tersebut mengacu ke TOEFL ITP. Sedangkan skor IBT TOEFL berkisar antara 0-120.

Tes ITP umumnya lebih disukai karena lebih banyak lembaga yang menyelenggarakan serta biaya yang jauh lebih murah dibanding biaya tes TOEFL IBT. Di beberapa kota besar di Indonesia, biaya tes TOEFL ITP berkisar antara Rp 450.0000-600.000.

Demikian tadi ulasan mengenai tes TOEFL yang berlaku di Indonesia. Buat kamu yang hendak kuliah di luar negeri, IBT TOEFL adalah syarat utama. Sedangkan kalau digunakan di dalam negeri, cukup menggunakan tes ITP TOEFL dengan biaya yang lebih murah. Jadi, tes TOEFL mana yang akan kalian ikuti? Semoga berhasil ya!!

Baca Juga:  Perbedaan Sertifikat TOEFL Official Dan Institut yang Perlu Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *