Biaya Visa Australia yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kuliah

Posted on

Biaya Visa Australia – Baru saja menerima surat penerimaan dari universitas Australia? Sudah siapkah dokumen keberangkatan kamu untuk bisa tinggal disana? Bukan hanya tiket keberangkatan dan akomodasi saja yang harus dipersiapkan, kamu juga harus membuat visa.

Visa merupakan dokumen yang sangat penting untuk bisa masuk dan tinggal dalam sebuah negara pada waktu tertentu. Jika kamu akan tinggal di Australia dalam waktu lama karena studi maka buatlah visa pelajar di kedutaan Australia.

Tanpa ada visa ini, jangankan untuk tinggal setibanya di bandara kamu bisa saja dipulangkan kembali. Visa ini berbentuk sebuah cap dari kedutaan Australia yang diberikan pada paspor. Jadi sebelum membuat visa pastikan kamu telah memiliki paspor terlebih dahulu.

Ada beberapa dokumen penting yang harus kamu persiapkan dan juga biaya visa Australia. Dokumen penting yang harus dipersiapkan ini antara lain adalah sebagai berikut ini:

Surat keterangan akademik

Dokumen untuk visa pelajar adalah semua surat-surat yang berhubungan dengan akademik kamu. Mulai dari sertifikasi tes bahasa Inggris seperti TOEFL dan IELTS yang telah dilegalisir, surat kelakuan baik, fotokopi KTP, pas foto terbaru kurang dari 6 bulan dan fotokopi dan paspor asli. Kamu juga harus menyertakan surat penerimaan dari universitas.

Selain surat tersebut, kamu juga harus mengisi formulir pengajuan visa pelajar yang bisa didapatkan dari website kedutaan Australia. Jika ada dokumen tambahan yang dibutuhkan sesuai keterangan dari formulir maka harus dilengkapi.

Bukti keuangan

Ada dua jenis bukti keuangan yang bisa kamu sertakan. Pertama adalah buku tabungan pribadi sesuai dengan jumlah biaya yang dibutuhkan untuk kuliah. Jumlah tersebut harus mendukung dan terbukti asli bahwa kamu memiliki dana yang dibutuhkan.

Baca Juga:  Mencari Lowongan Kerja di Australia? Ikuti Langkah Mudahnya

Bukti yang kedua adalah beasiswa. Jika kamu mendapatkan sponsor atau beasiswa maka sertakan surat keterangan bahwa jumlah beasiswa sesuai biaya kuliah. Kedua bukti ini wajib disertakan untuk memudahkan pembuatan visa.

Dokumen kesehatan khusus

Bukan hanya surat keterangan sehat dari dokter yang harus disertakan. Kamu juga harus memberikan laporan kesehatan dalam bentuk hasil x-ray. Bukti fisik ini juga penting untuk dipenuhi.

Selain itu, dokumen bahwa kamu memiliki asuransi Overseas Student Health Cover (OSHC) harus disertakan. Asuransi ini adalah bukti bahwa keamanan kesehatan sudah terjamin sesuai dengan masa studi di Australia nanti.

Apabila pihak kedutaan sudah menerima semua dokumen yang disertakan dengan pembuatan biaya visa Australia sebesar 575 dollar maka kamu akan menunggu jadwal selanjutnya. Proses setelahnya adalah cek kesehatan sesuai dengan rumah sakit yang ditunjung.

Kamu akan melakukan pemeriksaan kesehatan ulang seperti mata, rontgen paru-paru dan tes urin. Semua hasil tes kesehatan harus dikirim kembali kepada pihak kedutaan untuk dicek. Setelah itu kamu cukup menunggu untuk hasilnya.

Proses pembuatan visa pelajar setelah cek kesehatan biasanya membutuhkan waktu 45 hari kerja. Jika ditambah dengan waktu penyerahan berkas awal maka butuh waktu dua bulan untuk bisa membuat visa ini.

Penyerahan dokumen awal harus dilakukan sendiri dengan pakaian rapi dan tidak diwakilkan. Apabila pihak kedutaan telah memberikan pengumuman bahwa visa dapat diambil Anda bisa langsung mengambil semua dokumen yang dibutuhkan kembali di pihak kedutaan Australia.

Pastikan jadwal masuk perkuliahan dan waktu berangkat dan pembuatan visa tidak bertabrakan. Untuk itu dokumen pembuatan visa tidak boleh ada yang tertinggal sehingga pembuatannya tidak terlalu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *