6 Fakta Menarik Seputar Budaya Jerman yang Mengagumkan

Posted on

Budaya Jerman – Jerman merupakan negara terbesar di Eropa yang memiliki budaya yang beraneka ragam. Hal ini tidak lepas dari letak Jerman yang berada di pusat benua Eropa.

Jerman berbatasan langsung dengan 9 negara Eropa yaitu Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Prancis, Luksemburg, Belanda, Swiss, dan Polandia. Lokasi Jerman yang berbatasan dengan banyak negara tersebut ikut mempengaruhi beragamnya budaya Jerman sampai saat ini.

[irp posts=”1530″ name=”Kata Kerja Bahasa Jerman dan Ragamnya Untuk Dipelajari”]

Selain itu, berbagai etnis yang hidup di Jerman juga membawa tradisi dari negara asal yang mau tidak mau ikut mempengaruhi budaya lokal Jerman. Dari total populasi sekitar 82 juta orang, 80% merupakan penduduk asli Jerman, 3,7% berasal dari etnis Turki, sisanya terdiri dari keturunan Yunani, Rusia, Italia, Polandia, Serbia-Kroasia, dan Spanyol.

6 Fakta Menarik Seputar Budaya Jerman yang Mengagumkan

kebudayaan negara jerman

Nah dalam artikel ini kita akan mengulas fakta-fakta menarik mengenai budaya Jerman yang menarik untuk kita bahas, lalu apa sajakah itu?

1. Bahasa

Seperti di Indonesia, Jerman memiliki bahasa Jerman sebagai bahasa pemersatu. Namun di Jerman terdapat banyak dialek berdasarkan regional atau letak geografis. Di Berlin, orang berbicara dengan Berliner dialekt yang berbeda dengan bahasa Jerman standar. Begitu juga di daerah Hamburg, Bavaria, Hessen, Rheinland, dll.

Jerman juga mengakui keberadaan empat bahasa minoritas yaitu bahasa Romani, Sorbian, Denmark, serta Frisia Utara dan Frisia Saterland. Selain bahasa resmi tersebut, banyak juga etnis besar di Jerman yang berbicara dengan bahasa asalnya seperti bahasa Turki, Rusia, Yunani, Kurdi, Albania, maupun Polandia. Banyaknya bahasa yang berkembang menunjukkan kekayaan kebudayaan negara Jerman.

2. Pakaian tradisional

Walaupun Jerman dikenal sebagai negara modern, tapi masyarakat Jerman tidak lupa dengan pakaian tradisional. Setiap wilayah di Jerman memiliki pakaian tradisional yang berbeda-beda. Pakaian tradisional ini diturunkan turun menurun dari nenek moyang mereka. Kita bisa melihat ragam pakaian tradisional Jerman saat ada festival kebudayaan Jerman.

Salah satu pakaian tradisional Jerman yang terkenal adalah “Dirndl” untuk wanita dan “Lederhosen” untuk pria. Pakaian tradisional ini banyak dikenakan di daerah Bavaria.

[irp posts=”1489″ name=”Gambaran Biaya Hidup di Jerman Sebagai Mahasiswa Asing”]

Dirndl yang awalnya merupakan seragam pelayan ini berupa gaun warna-warni yang dikombinasikan dengan korset, blus, rok, hingga celemek. Sedangkan lederhosen berupa celana kulit selutut yang dipakai orang-orang daerah Alpine dan sekitarnya.

3. Bangunan

Jerman termasuk negara yang paling banyak memiliki bangunan warisan budaya yang dilindungi Unesco. Hampir di seluruh kota terdapat arsitektur bangunan masa lalu dalam bentuk istana, kastil, katedral, serta monumen yang masih terjaga keasliannya.

Contoh bangunan yang telah ada sejak abad 12 adalah Cologne catedral yang dibangun pada era Gothic. Kastil Heidelberg dan ducal Landshut Residence yang dibangun pada abad 15 juga masih berdiri kokoh.

 

4. Menghargai waktu

Salah satu budaya Jerman yang harus kita contoh adalah tepat waktu atau punktlichkeit. Ada istilah time is money, tapi orang Jerman berbeda. Bagi mereka, menghargai waktu berarti menghargai diri sendiri dan juga menghormati orang lain. Jadi bukan hanya soal materi atau disiplin, tapi tepat waktu sudah menjadi budaya Jerman.

Di Jerman akan dianggap konyol kalau ada orang telat dengan alasan transportasi. Begitu juga dengan jam kerja, mereka akan fokus bekerja pada jadwal kerja yang telah disepakati. Bahkan menggunakan handphone di jam kerja untuk keperluan pribadi adalah tabu. Nah, kalau kamu bisa studi atau kerja di Jerman, pastinya bisa melatih untuk disiplin kan?

5. Kebiasaan membaca

Sebagaimana kebiasaan orang-orang di negara maju, Jerman juga dikenal memiliki budaya membaca yang tinggi. Sebanyak 60% warga Jerman menjadikan membaca sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.
Bahkan membaca bukan sekedar hobi, tapi sudah menjadi kebutuhan. Karena membaca akan menentukan pola pikir, etos kerja, serta sikap mental seseorang.

6. Selalu ingin jadi nomor satu

Deutschland, Deutschland uber alles. Uber alles in der welt. (Jerman, Jerman di atas segalanya. Segala yang ada di dunia). Ungkapan yang diambil dari lagu kebangsaan Jerman yang berjudul “Lied der Deutschen” ini menunjukkan bahwa Jerman selalu ingin unggul dalam semua hal. Dan terbukti, Jerman mampu menunjukkan kedigdayaannya dalam berbagai bidang.

[irp posts=”1563″ name=”Yuk, Berkenalan Dengan 5 Sistem Sekolah di Jerman”]

Nah, Itulah Jerman. Budaya Jerman tadi sangat baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dimulai dari diri sendiri. Meniru budaya negara lain bukanlah masalah, asal positif. Semoga artikel tadi bermanfaat dan menginspirasi kita agar menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *