Bagaimana Cara Belajar Bahasa Jerman? Ini Dia Panduannya

Posted on

Cara Belajar Bahasa Jerman– Orang Jerman suka berkata “Deutsche Sprache, schwere Sprache” yang artinya “bahasa Jerman, bahasa yang sulit”. Atau pernahkah kamu diberi tahu seseorang bahwa bahasa Jerman itu sulit dipelajari? Tapi benarkah belajar bahasa Jerman itu benar-benar sulit?

[irp posts=”1418″ name=”Ini Caranya Belajar Bahasa Jerman Otodidak yang Mudah Dimengerti”]

Jawabannya bisa ya, bisa juga tidak. Belajar bahasa asing apapun butuh waktu dan komitmen, begitu juga dengan bahasa Jerman. Memiliki tujuan yang jelas dalam belajar bahasa Jerman akan membuat kita bekerja keras untuk mencapai tujuan.

Dan kalau kamu bingung bagaimana cara belajar bahasa Jerman yang benar, atau darimana harus memulai, artikel ini akan membantumu untuk bisa belajar bahasa Jerman secara cepat.

cara belajar bahasa jerman

1.Kuasai alfabet

Mulailah dengan belajar alfabet Jerman, lihat perbedaan antara pengucapan huruf dalam bahasa Indonesia dan Jerman. Beberapa huruf yang pengucapannya berbeda dengan bahasa Indonesia diantaranya ü (dibaca ue), ö (dibaca oe), ä (dibaca ae), q (dibaca ku), j (dibaca yot), w (dibaca vhe), dan y (dibaca ipsilon).

Kamu bisa mempelajari dan mendengar alfabet Jerman secara online. Perhatikan huruf-huruf dengan umlaut (dua titik kecil di atas huruf), karena itu akan mengubah pengucapan. Kamu juga bisa belajar perbedaan pengucapan huruf yang berdiri sendiri dengan huruf yang bersanding dengan huruf lainnya. Misalnya saja “ai” diucapkan “aye”

2.Pelajari beberapa kata-kata mudah

Setelah menguasai bunyi huruf, sekarang saatnya belajar kata-kata dasar sederhana. Beberapa kata dasar seperti ja (ya), nein (tidak), danke (terima kasih), maupun guten morgen (selamat pagi) akan menjadi permulaan yang hebat dalam mempelajari bahasa Jerman.

Beberapa kata dasar sederhana tadi bisa kamu pelajari secara mudah baik dengan cara online, aplikasi smartphone, maupun dengan software.

3.Pelajari kata benda, kata kerja, dan kata sifat

Setelah kamu belajar beberapa kata dasar, langkah selanjutnya adalah memperluas kosakata dengan mempelajari kata benda, kerja, dan sifat. Mulailah dengan kata-kata dasar yang sering dipakai sehari-hari misalnya Woche (minggu), jahr (tahun), heute (hari ini), morgen (besok), 3 uhr (jam 3), dan sebagainya.

4.Memahami bagaimana susunan kalimat

Langkah berikutnya adalah mempelajari struktur kalimat dalam bahasa Jerman. Seperti bahasa Indonesia, syarat minimal untuk membentuk kalimat terdiri dari subjek dan kata kerja. Kalimat dalam bahasa Jerman juga terdiri dari Subjek + Verb (kata kerja) + objek + angabe (kata keterangan).

kamu bisa mulai dengan kalimat sederhana, misalnya “Angela kommt aus Deutschland” (Angela berasal dari Jerman). Cukup mudah kan?

cara belajar bahasa jerman

5.Tonton film bahasa Jerman

Setelah kamu paham bahasa Jerman dasar, kamu bisa berkreasi dalam belajar bahasa Jerman dengan cara menonton film yang sudah pernah ditonton sebelumnya. Tetapi tontonlah film yang di-dubbing dalam bahasa Jerman, dan dengan subtitle bahasa Inggris agar lebih mudah dipahami.

Saat level bahasa Jermanmu meningkat, kamu bisa coba menonton film Jerman dengan subtitle bahasa Jerman juga. Membaca kata-kata sambil mendengar pembicaraan dalam bahasa Jerman akan membantu meningkatkan kemampuan bahasa Jermanmu.

6.Baca berita dalam bahasa Jerman

Setelah terbiasa dengan beberapa film Jerman, cara belajar bahasa Jerman berikutnya adalah dengan membaca koran berbahasa Jerman. Perhatikan kata-kata yang susah dipahami, lalu cari maknanya.

7.Komunikasi dengan native speaker

Pada akhirnya, tujuan dari belajar adalah ingin praktek komunikasi langsung dengan bahasa Jerman. Penting untuk bisa menemukan native speaker atau penutur asli yang bisa diajak berlatih setiap hari. Coba kamu cari komunitas bahasa Jerman di kotamu. Buat kamu yang tinggal di kota pendidikan, biasanya tidak menemukan komunitas seperti ini.

Tapi buat kamu yang kesulitas menemukan komunitas bahasa Jerman, kamu bisa menemukan komunitas belajar bahasa Jerman online. Kamu bisa ikut dalam pertemuan sesama pembelajar bahasa Jerman, misalnya melalui situs www.meetup.com atau www.Couchsurfing.com. Dengan menemukan teman yang punya minat yang sama, kamu akan punya motivasi ekstra untuk berlatih.

Sekarang ini ada banyak cara dan alat untuk belajar bahasa Jerman. Tapi sekali lagi, cara belajar bahasa Jerman yang terbaik adalah bertemu dan praktek langsung dengan guru atau instruktur.

[irp posts=”1454″ name=”5 Trik Cara Cepat Belajar Bahasa Jerman Untuk Pemula”]

Kamu bisa memanggil guru privat atau dengan mengikuti kursus. Biasanya guru atau lembaga kursus punya program yang sesuai dengan tujuan belajarmu, sehingga pembelajaran akan lebih efektif.

Nah untuk kamu yang penasaran dengan segala sesuatu tentang Jerman, terutama dengan pendidikannya, kamu bisa mengunjungi www.virtueducation.com.

[irp posts=”1470″ name=”6 Nama Kampus di Jerman yang Terkenal Jurusan Bisnis”]

Virtu Education merupakan konsultan pendidikan tinggi Jerman yang telah berpengalaman membantu pelajar Indonesia berhasil diterima Universitas di Jerman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *