Cara cepat belajar bahasa Inggris Otodidak Ini Bisa Dicoba

Posted on

Cara Cepat belajar bahasa Inggris Otodidak – Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa kedua (atau bahasa ketiga) yang paling familiar dipelajari masyarakat Indonesia. Kenapa disebut bahasa kedua atau ketiga?

Karena bagi sebagian masyarakat kelas menengah dan terdidik di Indonesia. Bahasa pertama yang dikuasai biasanya bahasa daerah atau bahasa ibu nasional yaitu bahasa Indonesia. Sementara bahasa Inggris adalah bahasa selanjutnya yang dipelajari.

Fakta berikutnya adalah bahasa Inggris telah menjadi ekstrakurikuler yang sering dan lama dipelajari. Bahkan sejak sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Banyak siswa-siswa di Indonesia telah mendapat materi bahasa Inggris. Baik dalam tingkatan dasar hingga mahir. Sayangnya, banyak yang menguap begitu selepas dunia kerja atau memasuki dunia perkuliahan yang lebih spesifik belajarnya.

[irp posts=”1091″ name=”Rumus 16 Tenses Ini membuat Grammar Bahasa Inggrismu Makin Cepat”]

Padahal pembelajaran yang diajarkan oleh guru-guru dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas telah sesuai dengan standar. Di jenjang sekolah dasar anda dikenalkan dengan vocab (kosakata) sederhana, percakapan sederhana semacama menanyakan kabar, menanyakan keadaan, tanggal dan harian. Menghafal bulan dan hari-hari pada umumnya.

Sementara pada jenjang di atasnya, sekolah menengah pertama dan atas. Materi yang didapatkan biasanya lebih bervariasi. Ada yang mendapat pemahan mengenai beberapa tenses. Sementara ada juga yang lebih berfokus pada kosakata-kosakata baru yang jauh lebih sulit.

Perbedaan materi yang didapat di sekolah menengah pertama dan atas ini juga mempengaruhi kualitas bahasa Inggris seseorang ketika memasuki jenjang perguruan tinggi.

Hubungan Bahasa Inggris Dengan Study Ke Luar Negeri

Apalagi mereka yang berenencana studi ke luar negeri. Jika tujuan studi luar negeri anda Asia Tenggara (seperti Malaysia, Brunei, Thailand) atau beberapa negara asia lainnya semisal China dan Taiwan. Anda bisa mengejar bahasa Inggris TOEFL ITP dengan mudah. Karena materi yang diujikan di soal TOEFL ITP tidak terlalu banyak dan mudah untuk dikejar. Dalam waktu setahun saja anda mengikuti kursus, maka skor TOEFL ITP 500 sampai 600 bisa didapat.

Sementara bagi anda yang menginginkan kuliah master dan doktoral di negara-negara Eropa (terutama Eropa Barat), Amerika Serikat dan Kanada, serta Australia. Maka anda yang memiliki kemampuan bahasa Inggris pas-pasan. Anda harus bekerja lebih keras.

Karena studi ke negara-negara seperti Inggris, Prancis, Belanda, Amerika, Kanada dan Australia membutuhkan sertifikat TOEFL berbentuk internet based test dan/atau IELTS. Kedua-duanya membutuhkan usaha yang keras. Karena ada empat materi yang diujikan dan semunya agak susah untuk dikejar jika tidak belajar intensif.

[irp posts=”265″ name=”Sempurnakan Persiapanmu Dengan Kursus IELTS Terbaik Di Jakarta”]

Mengapa TOEFL Internet based test dan IELTS agak susah jika tidak fokus? Karena kedua jenis test ini menguji kemampuan dasar yang berbeda dengan TOEFL ITP atau paper based test. Dalam TOEFL Internet based test dan IELTS anda akan diuji menulis dalam bahasa inggris.

Otomatis ketika menulis dalam bahasa Inggris anda harus menguasai grammar (tata bahasa) dengan baik bukan? Serta kemampuan speaking (dengan komputer untuk TOEFL IBT), sementara IELTS berbicara langsung dengan native speaker orang bule. Nah, apa yang anda bayangkan ketika berbicara dengan bule? Tentunya harus memiliki pemahaman tenses yang baik, grammar yang baik dan pengetahuan vocab (kosakata) yang banyak bukan?

3 Cara cepat belajar bahasa Inggris Otodidak Ini Bisa Dicoba

cara belajar bahasa inggris otodidak

Bagi Anda yang sedang belajar bahasa Inggris tidak perlu takut. Berikut beberapa tips cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak yang bisa dicoba dirumah, lalu apa sajakah itu?

1. Mendengar lagu lagu Bahasa Inggris

Cara cepat belajar bahasa inggris otodidak yang pertama adalah untuk meningkatkan pemahaman pendengaran (listening) dalam ujian TOEFL. Manfaatkan smartphone anda. Anda bisa membuka lagu-lagu bahasa Inggris di youtube. Awal-awal boleh menggunakan subtitle.

[irp posts=”1301″ name=”Apa Itu TOEFL dan Bagaimana Cara Dapatkan Score Tinggi?”]

Pahami cara mengucapkan kosakata dan mendengarkan dengan seksama. Selain lagu-lagu yang familiar anda bisa juga mendengarkan cerama orang seperti TEDX yang sangat ilmiah, atau curhatan-curhatan vlog orang bule. Kemudian download podcast atau aplikasi di playstore yang bermanfaat untuk listening anda mendengarkan berita dalam bahasa Inggris.

2. Perbanyak Kosakata Baru

Cara cepat belajar bahasa inggris otodidak yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak vocab (kosakata baru) dalam sehari minimal 5 kosakata. Bagaimana caranya? Gampang. Anda bisa buka kamus buku atau kamus online di internet smartphone anda. Tulis lima kosakata benda dalam bahasa Inggris di sekitar anda.

Setelah ditulis dalam beberapa potong kertas. Hafalkan dan kemudian tempel ke benda-benda yang disekitar anda. Awalnya bisa anda tulis kosakata dalam bahasa Inggris disertai dengan terjemahannya. Tetapi lebih bagus kosakata bahasa inggrisanya saja. Lakukan secara rutin setiap hari. Begitu hari berikutnya anda ulang lima kosakata yang kemarin.

3. Baca Artikel Dalam Bahasa Inggris

Cara cepat belajar bahasa inggris otodidak yang terakhir adalah dengan memperkuat pemahaman bacaan anda (reading). bacalah artikel-artikel ringan dalam bahasa Inggris. Anda bisa mulai membaca harian-harian luar negeri semacam the guardian, atau channel news asia melalui websitenya.

[irp posts=”265″ name=”Sempurnakan Persiapanmu Dengan Kursus IELTS Terbaik Di Jakarta”]

Jika anda belum paham, anda bisa ambil satu paragraf lalu terjemahkan di google translate. Pahami dulu arti maksud keseluruhan. Kemudian baru terjemahkan kata per kata. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *