Jangan Pusing, Ini 8 Cara Kuliah Di Jerman Dengan Mudah

Posted on

Cara Kuliah di Jerman – Setiap orang tentunya memiliki rencana studi masing – masing akan melanjutkan kuliah di mana. Jerman bisa menjadi salah satu pilihan untuk melanjutkan studimu. Banyak universitas di Jerman yang menawarkan program studi dan jenjang studi yang mengikuti jenjang studi internasional (Bachelor, Master, dan PhD).

Semua universitas di Jerman memiliki kualitas yang hampir sama dengan standar akademis yang tinggi. Jika kamu salah satu yang ingin melanjutkan studi di Jerman tetapi belum tahu cara kuliah di Jerman, dan Anda tak perlu pusing karena Kami akan menjelaskannya untuk Anda, simak cara – caranya berikut ini.

Jangan Pusing, Ini 8 Cara Kuliah Di Jerman Dengan Mudah

cara kuliah di jerman dengan mudah

1. Mencari Informasi Mengenai Studi di Jerman

Cara kuliah di Jerman pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi sebanyak – banyaknya mengenai studi di Jerman. Kamu bisa mencari informasi melalui website atau lembaga yang berhubungan dengan kuliah di Jerman seperti DAAD (https://www.daad.id/en), Goethe Institute (https://www.goethe.de/ins/id/en/sta/jak.html), dan Virtu Education (https://virtueducation.org).

Beberapa lembaga tersebut bahkan menyediakan konsultasi secara gratis, sehingga kamu bisa bertanya hal – hal seputar kuliah di Jerman, cara kuliah di Jerman, universitas – universitas di Jerman, biaya hidup di Jerman, dan hal lain yang terkait studi di Jerman.

[irp posts=”1514″ name=”Begini 3 Cara Mendapat Beasiswa Ke Jerman Berikut Syaratnya”]

2. Menentukan Universitas dan Program Studi yang Diminati

Setelah mencari berbagai info mengenai studi dan universitas di Jerman, tentukan universitas serta program studi apa yang kamu pilih. Jika kamu lulusan SMA yang ingin kuliah S1 di Jerman, kamu harus mengikuti Studienkolleg terlebih dulu.

Namun jika kamu ingin mengambil S2 atau S3 di Jerman, kamu bisa langsung menentukan universitas mana yang kamu pilih tanpa harus mengikuti Studienkolleg.

Setelah menentukan jurusan dan universitas, kamu harus mencari tahu syarat – syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar ke universitas tersebut seperti ijazah, SKHUN, akte kelahiran, sertifikat bahasa Jerman, dan lainnya.

3. Menerjemahkan Dokumen ke Bahasa Jerman

Untuk menerjemahkan dokumen – dokumen yang dibutuhkan, kamu bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah. Kamu bisa mencari penerjemah tersumpah melalui internet atau lembaga yang terkait dengan studi di Jerman seperti Goethe Institute.

[irp posts=”1394″ name=”Berapakah Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa?”]

bagaimana cara kuliah di jerman

4. Belajar Bahasa Jerman dan Mendapatkan Sertifikat

Ketika kamu memutuskan untuk kuliah di Jerman, kamu harus memiliki kemampuan bahasa Jerman. Jika kamu belum bisa bahasa Jerman, kamu bisa kursus bahasa Jerman di Virtu Education.

Biasanya syarat untuk mengikuti Studienkolleg atau pra universitas adalah level B1, walaupun ada beberapa yang meminta level B2.

5. Membuat CV dan Motivation Letter

Untuk mendaftar kuliah di Jerman, kamu perlu membuat CV dan motivation letter dalam bahasa Inggris/Jerman, namun lebih disarankan dalam bahasa Jerman.

6. Membuat Paspor

Agar kamu bisa bepergian ke luar negeri, kamu harus memiliki paspor Indonesia. Kamu bisa membuatnya di kantor imigrasi setempat.

7. Mendaftar Universitas atau Studienkolleg

Cara kuliah di Jerman selanjutnya yaitu mendaftar universitas atau studienkolleg. Kamu bisa
mendapatkan formulir pendaftaran melalui online dan mengirim dokumen aplikasi melalui Uni – Assist atau international office.

[irp posts=”1454″ name=”5 Trik Cara Cepat Belajar Bahasa Jerman Untuk Pemula”]

Daftar universitas yang membuka pendaftaran melalui Uni – Assist bisa kamu lihat di situs resminya https://www.uni-assist.de/en/about-us/for-universities/.

8. Mendapatkan Invitation Letter (Zulassung)

Zulassung atau surat undangan merupakan dokumen dari universitas yang ada di Jerman yang berisi konfirmasi mengenai kegiatan perkuliahan yang akan diikuti oleh penerima zulassung di universitas tersebut.

Zulassung ini sebagai syarat utama untuk mengurus visa studi ke Jerman. Setelah menerima Zulassung, kamu harus mempersiapkan dokumen – dokumen untuk mengajukan visa studi ke Jerman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *