6 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Posted on

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris – Setiap orang memiliki metode yang berbeda – beda untuk mempelajari bahasa Inggris. Yang harus kamu ingat saat belajar bahasa Inggris adalah jangan takut untuk mencoba dan jangan takut membuat kesalahan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, namun bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang mudah? Simak cara – caranya berikut ini.

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

1. Menggunakan Permainan Scrabble

Belajar sambil bermain merupakan cara mudah belajar bahasa Inggris yang juga menyenangkan. Kamu bisa menggunakan scrabble untuk belajar bahasa Inggris. Scrabble adalah permainan papan klasik dimana pemain menggunakan kotak berhuruf acak untuk membuat kata – kata dengan cara silang. Cara ini dapat membantu kamu memperkuat kosakata bahasa Inggris kamu. Saat memainkan permainan scrabble, kamu akan benar – benar berpikir untuk menyusun kata – kata yang berbeda menggunakan huruf yang kamu miliki.

2. Mendengarkan Musik

Kamu mungkin memiliki lagu barat favorit yang sering kamu dengar. Mendengarkan lagu berbahasa Inggris juga bisa menjadi cara mudah belajar bahasa Inggris lho. Musik dapat membantu kamu mempelajari tata bahasa dan kosakata melalui lirik lagu yang kamu dengarkan. Cara ini dapat meningkatkan ejaan bahasa Inggris. Banyak kosakata, frasa dan ungkapan yang bisa kamu temukan dalam lagu bahasa Inggris. Mempelajari bahasa Inggris dengan musik akan lebih mudah melekat di pikiran. Kamu lebih mudah mengingat kata – kata bahasa Inggris yang baru.

3. Mencoba Menggunakan Kata Bahasa Inggris

Kata bahasa Inggris akan lebih mudah dihafalkan dan diingat ketika sering digunakan. Gunakan buku catatan kecil untuk menuliskan kata bahasa Inggris baru yang kamu pelajari. Tuliskan kata baru tadi menjadi tiga kalimat yang berbeda. Selanjutnya ucapkan dengan keras. Pengulangan itu akan membantu kamu mengingat kata itu. Sementara penggunaan kata yang berbeda akan membantu memperluas kosakata yang kamu miliki.

Baca Juga:  Rumus Past Tense Serta Contoh Kalimat Past Tense

4. Bergabung denga Forum Bahasa Inggris Online

Cara mudah belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah bergabung dengan forum untuk topik yang kamu minati. Cara itu akan membantu kamu mengaplikasikan bahasa Inggris yang kamu pelajari untuk berkomunikasi dalam forum tersebut. Jadi, apakah yang kamu minati itu fotografi, film, bepergian atau memasak, diskusikan minatmu dengan orang-orang yang berpikiran sama dengan menggunakan bahasa Inggris. Jika kamu merasa kurang percaya diri untuk menampilkan profil aslimu, kamu bisa membuat profil anonim. Baca apa yang orang – orang diskusikan dalam forum , kemudian saat kamu mulai merasa percaya diri kamu bisa berpartisipasi dengan bertanya atau menjawab pertanyaan yang diajukan oleh orang lain.

5. Membiasakan Diri dengan Bahasa Inggris

Salah satu cara paling efektif dan mudah untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan sepenuhnya membiasakan diri dalam bahasa tersebut. Kamu bisa mendengarkan siaran radio berbahasa Inggris, menonton film bahasa Inggris atau berteman dengan orang – orang yang berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Kamu juga bisa menonton video – video di Youtube dan mendengarkan podcast berbahasa Inggris. Dengarkan baik-baik percakapan di video, radio atau di acara TV dan cobalah untuk mengingat penggunaan kata – kata bahasa Inggris sehari-hari. Cara ini akan membantu keterampilan mendengarkan kamu, tetapi kamu juga dapat mencoba mengucapkan kata-kata sendiri dalam konteks untuk meningkatkan keterampilan berbicara.

6. Banyak Membaca Teks Bahasa Inggris

Saat ini ada banyak aplikasi novel maupun teks bacaan lain yang bisa kamu baca dalam bahasa Inggris. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut, kamu bisa benar-benar meningkatkan keterampilan membaca. Tetapi kamu juga perlu melatih keterampilan berbicara juga agar bermanfaat. Semakin banyak kamu membaca teks bahasa Inggris untuk diri sendiri atau dengan suara keras, kamu akan semakin percaya diri. Jika kamu merasa gugup, mulailah dengan berlatih di depan cermin kemudian lanjutkan membaca di depan temanmu dan meminta tanggapan mereka. Nah, itu tadi cara mudah belajar bahasa Inggris. Kamu bisa segera mempraktekkannya di rumah. Ingat jangan pernah takut untuk membuat kesalahan dan jangan pernah takut untuk mencoba. Selamat belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *