8 Fakta Yang Menjadi Ciri Khas Negara Jerman

Posted on

Ciri Khas Negara Jerman– Karakteristik warga, alam, bahasa, sejarah, dan budaya menjadikan Jerman mempunyai keunikan tersendiri. Sejak zaman dahulu Jerman telah menjadi pemain utama dalam sejarah Eropa. Budaya Jerman bahkan telah terbentuk jauh sebelum negara Jerman ada, tepatnya sejak zaman kekaisaran Romawi.

Sedangkan hari ini, Jerman menjadi rumah bagi lebih dari 80 juta orang dengan berbagai kultur, etnis yang berbeda tapi saling menghormati dan hidup berdampingan.

[irp posts=”1514″ name=”Begini 3 Cara Mendapat Beasiswa Ke Jerman Berikut Syaratnya”]

Nah agar mengenal Jerman lebih dalam, pada artikel ini kita akan mengulas ciri khas negara Jerman dalam berbagai bidang.

ciri khas negara jerman

1.Mentalitas

Ciri khas negara Jerman terlihat dari mentalitas orang Jerman yang tidak gampang menyerah, disiplin, sangat menghargai waktu, serta hidup dalam keteraturan. Karena mentalitas ini pula, Jerman menjadi negara yang unggul dalam semua bidang kehidupan. Orang Jerman selalu ingin semuanya berjalan sesuai aturan dan prosedur yang ada.

2.Ekonomi

Sekarang ini Jerman menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di Eropa dan nomor 4 di dunia dalam hal PDB. Warga Jerman juga dikenal memiliki standard ekonomi yang sangat baik.

Lapangan kerja terbuka luas, kesenjangan ekonomi yang rendah, serta minimnya tingkat kriminalitas menjadikan Jerman menjadi salah satu negara ternyaman untuk ditempati.

Kekuatan ekonomi Jerman didukung kemajuan industrinya, terutama dalam bidang telekomunikasi, otomotif, perbankan, serta pariwisata. Nah buat kamu yang ingin mengasah mentalitas dan kemampuan profesional, Jerman adalah tempat yang tepat

3.Pendidikan

Reputasi Jerman dalam bidang pendidikan tidak perlu diragukan lagi. Telah banyak hadiah nobel yang dihasilkan Universitas Jerman, terutama dalam bidang saint, teknologi, serta kedokteran. Bahkan bapak teknologi Indonesia, yaitu Prof. Habibie adalah salah satu produk Universitas Jerman.

Jerman memang memberikan perhatian yang luar biasa pada dunia pendidikan. Pemerintah Jerman sampai menggratiskan biaya pendidikan dari SD sampai perguruan tinggi untuk semua orang, baik pelajar lokal maupun internasional. Gimana, tertarik kuliah di Jerman?

4.Bahasa

Ciri khas Jerman lainnya bisa dilihat dari bahasanya. Bahasa Jerman dikenal sebagai memiliki melodi yang indah. Bahasa Jerman juga menjadi bahasa yang paling banyak dipakai di Uni Eropa.

Austria, Swiss, Luxemburg, Lichtenstein, Belgia dan Italia merupakan beberapa negara yang menggunakan bahasa Jerman dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, lebih dari 100 juta orang di dunia berbicara dalam bahasa Jerman. Jadi kenapa kamu tidak belajar bahasa Jerman?

ciri khas negara jerman

5.Negeri penyair dan pemikir

Jerman dijuluki sebagai negeri para penyair dan pemikir. Nama ini jelas tidak salah, karena Jerman telah melahirkan banyak filsuf, intelektual, penemu, dan sastrawan yang hasil karyanya mempengaruhi peradaban Eropa.

Para Penyair dan pemikir dari Jerman diantaranya Immanuel Kant, Hegel dan Adorno, Heine dan Bach, Goethe, Beethoven, dan juga Brahms. Jangan lupakan juga ilmuwan dalam bidang saint dari Jerman seperti Albert Einstein, Max Planck, Wilhelm Conrad Röntgen, dan masih banyak lagi.

6.Hitler

Bicara Jerman, pasti tidak bisa lepas dari sosok diktator yang bernama Adolf Hitler. Walau sebenarnya rakyat Jerman tabu dengan nama Hitler. Hal ini karena Hitler identik dengan Perang Dunia yang sama sekali tidak dibanggakan orang Jerman.

Selain itu, trauma perang di masa lalu meninggalkan trauma bagi warga Jerman. Jadi hati-hati untuk menyebut nama Hitler di depan orang Jerman ya!!!

7.Mobil

Audi, BMW, Mercedes, Volkswagen, Porsche, hingga Opel merupakan nama-nama merk mobil buatan Jerman yang mendunia. Di luar merk tadi, masih banyak mobil buatan Jerman yang tidak terlalu populer. Jerman memang negara terdepan dalam industri otomotif.

Mobil buatan Jerman juga terkenal karena kualitas mesinnya yang kuat, tahan lama, bandel, dan inovatif. Saking terkenalnya Jerman dalam otomotif, sampai ada istilah kalau mobil atau mesin apa saja dianggap berkelas kalau ada embel-embel “made in Germany”

[irp posts=”1394″ name=”Berapakah Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa?”]

8.Kanselir dan Presiden

Di Jerman, Presiden bukanlah orang terkuat. Presiden hanyalah jabatan seremonial yang tidak punya kekuatan politik sebagaimana Presiden di Indonesia. Posisi Presiden Jerman mirip Raja atau Ratu Inggris yang mewakili negara dalam acara seremonial.

Sedangkan kepala pemerintahan dipegang oleh Kanselir. Kanselir memiliki posisi lebih kuat dibanding Presiden. Kanselir Jerman memiliki kewenangan menetapkan arah dan prioritas pembangunan. Kedudukan Kanselir mirip dengan Presiden dalam sistem demokrasi presidensial, seperti halnya di Indonesia.

[irp posts=”1489″ name=”Gambaran Biaya Hidup di Jerman Sebagai Mahasiswa Asing”]

Masih banyak ciri khas negara Jerman lainnya yang bisa dibahas. Mengenal ciri khas serta budaya negara maju seperti Jerman bisa menjadi inspirasi bagi kita. Karena terdapat banyak pelajaran positip yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *