Contoh Conditional Sentences

Contoh Conditional Sentences Untuk Kamu Pelajari Sekarang Juga

Posted on

Contoh Conditional Sentences – Conditional sentences atau kalimat pengandaian adalah suatu kalimat yang menyatakan suatu tindakan atau peristiwa yang hanya bisa digunakan apabila syarat yang ditentukan terpenuhi.

Kegunaan dari conditional sentences ini adalah menyatakan mengenai suatu peristiwa atau tindakan yang mungkin atau tidak mungkin terjadi.

Baca Juga:  Contoh Kalimat Simple Past Tense Berikut Rumusnya Untuk Dipelajari

Conditional sentences (kalimat pengandaian) berbentuk kalimat majemuk (compound sentence), yaitu kalimat yang terdiri atas main clause (induk kalimat) dan subordinate clause (anak kalimat).

Kata penghubung antara induk kalimat dengan anak kalimat adalah menggunakan kata if (jika). Main clause (induk kalimat) adalah bagian kalimat majemuk yang bisa berdiri sendiri dan memiliki arti yang lengkap apabila berpisah dari bagian yang lain dalam kalimat majemuk.

Contoh Conditional Sentences Untuk Kamu Pelajari Sekarang Juga

pengertian Conditional Sentences

Kemudian, subordinate clause (anak kalimat) adalah bagian kalimat majemuk yang tidak bisa berdiri sendiri apabila dipisahkan dari bagian yang lain dalam kalimat majemuk. Ada tiga tipe dari conditional sentences, berikut ini penjelasan singkat dari ketiga tipe conditional sentences.

TipeBentuk Verba pada if clauseBentuk verba pada result clauseContoh Conditional Sentences
1. True in present/futureSimple presentSimple present

Simple future

1. If I come to dentist, I will tell you.

2. I will do my homework if my mother asks me to.

2. Untrue in present/futureSimple pastWould + V1If the weather were nice, I would go to park.

(Pada kenyataannya cuaca sedang tidak baik sehingga aku tidak jadi pergi ke taman)

3. Untrue is pastPast perfectWould have + V1If I had did my homework, I would have not get punishment.

(Pada kenyataannya, kemarin saya tidak mengerjakan PR sehingga saya mendapatkan hukuman)

 

Conditional sentences yang terdiri dari subordinate clause dan main clause. Subordinate clause (if + clause) adalah suatu pernyataan aktif atau menyatakan kondisi namun main clause pada conditional sentences adalah suatu pernyataan akibat dari terpenuhinya (+) atau tidak terpenuhinya (-).

Conditional sentences type I

Conditional sentences type 1 memiliki arti future karena akibat (main clause) berbentuk future dan subordinate clasue memiliki bentuk simple present tense. Peristiwa yang terjadi pada main clause yang memiliki bentuk future tersebut akan terjadi apabila persyaratan yang ada pada subordinate clause (if …) terpenuhi.

 

Rumus conditional sentences type I

  1. If + simple present tense, simple future tense.
  2. Simple future tense + if + simple present tense.

Catatan : selalu memasukan tanda baca koma (,) apabila ingin meletakkan subordinate clause terlebih dahulu. Kemudian, tidak perlu meletakkan koma apabila Anda meletakkan main clause terlebih dahulu.

Baca Juga:  Contoh Contoh Kalimat Suggestion Dalam Bahasa Inggris

Conditional sentences type II

Conditional sentences tipe ini digunakan saat mengaplikasikan kejadian pada masa sekarang (present). Dengan kata lain peristiwa akan terjadi apabila kondisi pada subordinate clausenya berbeda.

Rumus conditional sentences type II

  1. If + simple past tense, past future tense.
  2. Pas future tense + if + simple past tense.

Catatan : selalu memasukan tanda baca koma (,) apabila ingin meletakkan subordinate clause terlebih dahulu. Kemudian, tidak perlu meletakkan koma apabila Anda meletakkan main clause terlebih dahulu.

Conditional sentences type III

Conditional sentences type ini adalah aplikasi dari kondisi atau peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Dengan menggunakan conditional sentences tipe ini kita menceritakan keinginan kita di masa lampau yang tidak bisa diwujudkan.

Rumus conditional sentences type III

  1. If + past perfect, past future perfect tense.
  2. Past future perfect tense + if + past perfect.

Catatan : selalu memasukan tanda baca koma (,) apabila ingin meletakkan subordinate clause terlebih dahulu. Kemudian, tidak perlu meletakkan koma apabila Anda meletakkan main clause terlebih dahulu dan semoga saja Contoh Conditional Sentences Untuk Kamu Pelajari Sekarang diatas ini dapat bermanfaat yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *