contoh kalimat present continuous tense

Contoh Kalimat Present Continues Tense yang Bisa Anda Pelajari

Posted on

Contoh kalimat present continuous tense – Beberapa tense dalam bahasa inggris merupakan tense yang berdekatan satu sama lain. Seperti simple present, present continues tense dan perfect continues tense.

Berikut beberapa perbandingan yang sering digunakan dalam melihat perbedaan antara simple present tense, present continues tense dan perfect continues tense.

Apa Fungsi Present Continues Tense?

Rumus ketiganya berdekatan karena sama-sama menggunakan kata kunci “present” yang berarti menerangkan kondisi saat ini, tetapi dalam kondisi yang berbeda.

Rumus simple present berfungsi untuk menerangkan kondisi saat ini yang bersifat kebiasaan. Sementara rumus present continues tense adalah kondisi saat ini yang real dan benar-benar berjalan.

[irp posts=”1055″ name=”Contoh Kalimat Gerund yang Bisa Kamu Pelajari Dengan Mudah”]

Selanjutnya, present perfect continues tense adah tense yang menerangkan kondisi saat ini sampai mundur ke belakang. Artinya ada kejadian yang terjadi beberapa waktu lalu tapi terus berlangsung hingga sekarang. Semisal anda menunggu bus dari tadi tapi belum muncul hingga sekarang.

Contoh kalimat present continuous tense yang Bisa Anda Pelajari

 contoh kalimat present continuous tense

Sudah memahami kata kuncinya. Mari kita refresh kembali dengan melihat langsung rumus dan contoh kalimat present continuous tense

A.Simple present tense, merupakan tense yang digunakan dalam menyampaikan aktivitas saat ini dalam sifatnya harian.

Rumus yang digunakan adalah subyek + verb satu + objek. Contoh: she takes a bath twice a day.

Tense ini biasanya digunakan dalam menerangkan kejadian yang sifatnya harian, konsisten dan kemudian menjadi kebiasaan.

Mandi dua kali sehari adalah kebiasaan yang terus diulang dan bisa diceritakan. Sehingga menjadi “present” setiap hari.

B.Present continues tense, merupakan tense yang digunakan dalam menerangkan aktivitas yang terjadi saat ini.

Rumusnya adalah: subyek + is, am, are). contohnya: she is my friend. Atau they are my cousins.

Tense ini digunakan dalam menerangkan kejadian yang real dan saat ini berjalan beriringan.

[irp posts=”1020″ name=”3 Tips dan Trik Mengerjakan Test TOEFL Agar Lulus”]

Contoh bahwa dia adalah saudara saya dan keponakan saya adalah kondisi real saat itu dan terus berjalan. Tense ini bisa juga digunakan dalam kondisi dan situasi waktu. Semisal “ you are terrible person” (kamu orang yang merepotkan). merupakan kondisi kita yang muak dengan seseorang saat kita mengucapkan kata tersebut kepada orang lain.

 

C.Present perfect continues tense, merupakan tense yang berfungsi menyatakan aktivitas yang telah berlangsung dalam beberapa waktu di saat ini.

Artinya kejadiannya dari sejak kapan hingga saat ini masih berlangsung. Rumusnya adalah: subyek + has been/have been + objek.

Contohnya begini: she has been stay for two hours. Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Tense ini berguna dalam menerangkan kondisi yang sudah berjalan beberapa waktu lalu tapi terus berjalan hingga saat ini. Tense ini juga bisa digunakan dalam menerangkan kejadian yang telah lama terjadi, bahkan telah berulang ulang. Semisal kondisi ekonomi dan politik. Seperti Thailand has been stagnan political condition since Thaksin escaped.

Penggunaan tiga tense ini jangan sampai terbolak-balik karena akan menyebabkan kebingungan dalam memahami. Kata kunci selain yang sudah disediakan di atas.

Ada tambahan lagi mengenai kata kerja yang sering digunakan, Seperti ini:

A.Simple present tense, biasanya menggunakan kata kerja berbentuk verb dasar dan verb satu.

Menggunakan verb reguler dan irreguler tetapi tetap berpedoman pada verb dasar.

B.Present continues tense, biasanya menggunakan kata kerja yang menerangkan kejadian saat itu.

Is, am, are, merupakan kata kerja present yang khusus. Jangan lupa untuk membedakan dengan subyeknya. Subyek they, we, you selalu menggunakan are. Sementara I selalu menggunakan am atau ‘m. dan he, she it, selalu menggunakan is. Tanpa kata kerja tersebut. Maka kalimat yang anda buat menjadi berantakan dan tidak berarti. Coba saja anda masukkan di google translate atau mesin penerjemahan yang sering dipakai.

[irp posts=”1020″ name=”3 Tips dan Trik Mengerjakan Test TOEFL Agar Lulus”]

C.Present Perfect continues tense, biasanya menggunakan kata kerja has been/have been

Dimana penggunaan ini sekali lagi menerangkan kejadian yang telah lama berlangsung hingga saat ini. Jangan lupa bedakan juga subyek dengan penggunaan has been dan have been. Kata kerja has been selalu berhubungan dengan subyek he, she it. Sementara kata kerja have been selalu berhubungan dengan they, we I , you.

Sekianlah pembahasan mengenai berbagai contoh kalimat present continuous tense yang bisa Anda pelajari dan semoga saja artikel di atas dapat bermanfaat yah buat Kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *