contoh kalimat simple past tense

Contoh Kalimat Simple Past Tense Berikut Rumusnya Untuk Dipelajari

Posted on

Contoh Kalimat Simple Past Tense – Ketika belajar bahasa inggris setidaknya ada 16 tenses yang harus anda kuasai. Kuasailah tense dari yang paling mudah hingga paling sulit. Belajar tense dari yang paling mudah, dekat dengan contoh kehidupan sehari-hari akan memudahkan kita dalam mengambil contoh.

Misalnya anda memulai dari tense termudah simple present untuk menerangkan kebiasaan atau kejadian disaat ini yang bersifat sehari-hari. Kemudian lanjut kepada simple past untuk menerangkan kejadian yang bersifat telah lampau. Serta simple future tense yang berfungsi menerangkan kejadian yang akan datang.

Dari simple present, simple past hingga simple future. Anda bisa naik ke tense yang agak rumit. Seperti present continues tense, past continues tense hingga future continues tense. Setelahnya anda baru belajar present perfect tense, past perfect tense hingga future perfect tense. Baru setelahnya yang agak rumit present perfect continues tense, past perfect continues tense dan future perfect continues tense.

contoh kalimat simple past tense
Rumus Simple Past Tense Seperti Apa?

Menguasai dasarnya dari simple present anda ulang-ulang memahami rumusnya akan membuat anda mudah memahami tense di atasnya. Hal ini karena rumus-rumus dalam bahasa Inggris seolah-olah bertingkat dan berbeda. Padahal merupakan pengembangan dari kondisi waktu antara sekarang, lampau dan kedepannya.

Salah satu tense yang paling mudah dimengerti adalah simple past tense. Tense ini merupakan pengembangan dari simple present. Kalo simple present menerangkan kejadin saat ini atau kejadian yang saat ini sedang berlangsung. Serta kegiatan daily routine. Sementara simple past merupakan tense yang digunakan dalam menerangkan kejadian sehari-hari yang telah lama berlalu.

Rumus simple present dan rumus simple past tense berdekatan. Semisal simple present menggunakan kata kerja bentuk verb satu atau kata kerja (verb dasar). seperti go, goes, like, likes. Untuk kata ganti orang pertama seperti They, we, I You, kata kerja yang digunakan adalah kata kerja dasar (verb) satu. Tanpa menggunakan akhiran -s atau -es. Penggunaan akhiran -s atau -es digunakan jika kata ganti orang adalah ketiga she, he, it.

Rumusnya adalah: subyek + verb satu + objek

Contoh penggunaan kalimat simple present:

1.Joko sleeps seven hours everyday.

2.I take the car to the station.

3.He takes a bath twice a day

4.Dodi plays music every Saturday.

5.They visits their mom in Jakarta

6.Bat likes mangoes

7.I read a book two hours everday

8.My mom sells her hat at online shop

9.My dad plays guitar every Sunday,

10.Every morning, my granparent drinks coffee.

Rumus Simple Past Tense Bisa Digunakan Sehari-hari

Rumus-rumus mengenai simple tense juga bisa digunakan sebagai kegiatan sehari-hari atau daily routines. Serta kegiatan yang sedang dilakukan dan menjadi kebiasan sehari-hari. Kuncinya ada pada aktivitas sehari-hari.

Apakah rumus penggunaan simple present bisa dibalik menjadi sebuah pertanyaan? Bisa, rumus ini tidak hanya mengatur sebuah kalimat panjang berbentu subyek, predikat objek saja. Atau subjek verb dan objek.

Penggunaan rumus simple tense dalam bentuk pertanyaan juga mengikuti rumus dasar berupaa menggunakan verb dasar atau verb satu. Seperti contoh:

1.Does Joko sleeps seven hours everyday? Jawabannya tentu dengan rumus simple present. Yes, joko sleeps seven hours everyday.

2.Do you take your car to the station? Yes , I take the care to the station.

Memahami rumus dasar simple present akan memudahkan kita memahami rumus dasar simple past tense. Jika simple present membicarakan kegiatan sehari-hari. Sementara rumus simple past digeser menjadi menerangkan masa lalu. Menjadi:

Subyek + verb 2 + objek.

Contoh Kalimat Simple Past Tense

Perbedaannya terletak pada penggunaan kata kerja (verb). verb 2 merupakan kata kerja bentuk lampau yang digunakan untuk menerangkan bahwa kegiatannya telah selesai. Verb dua dalam bahasa inggris terdapat reguler verb dan irreguler verb.

Irreguler verb memiliki kekhasan tersendiri. Sementara reguler verb rata-rata menggunakan akhiran dalam bentuk -ed/-d.
Berikut ini adalah contoh Contoh Kalimat Simple Past Tense untuk dipelajari.

1.He joined english club last week

2.Last Monday, Dodi got an accident in the Sudirman Street.

3.Sheila went to shcool by her car

4.Habibie was the president of republik indonesia

5.I was born in balikpapan, east kalimantan province.

Penggunaan kata “joined” dan “got” merupakan verb dua yang satu berakhiran -ed” sementara satu lagi tidak berakhiran -ed (berarti irreguler verb).

Jika anda bandingkan dengan rumus simple present yang bisa dibalik dengan menjadi sebuah pertanyaan. Apakah rumus simple past juga bisa dibalik menjadi pertanyaan. Tentu saja bisa. Berikut contohnya:

1.Did he joined english club last week? Yes, he joined english club last week

2.Was habibie president of republic indonesian? Yes, he was president of indonesia.

Penggunaan rumus simple present dan simple past dapat anda modifikasi dalam berbagai bentuk dan situasi.

Nah, itulah tadi beberapa contoh kalimat simple past tense dan seperti apakah rumus simple past tense? dan semoga saja artikel yang Kami berikan diatas dapat bermanfaat yah untuk Kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *