contoh narrative text legend

Contoh Narrative Text Legend dan Ciri Cirinya Untuk Dipelajari

Posted on

Contoh Narrative Text Legend – Narrative text legend atau dalam terjemahan bahasa Indonesia adalah narasi cerita mengenai legenda-legenda populer di Indonesia. Apa saja legenda-legenda populer di Indonesia. Di beberapa daerah legenda populer ini sudah sering ditulis di dalam buku bahasa Indonesia tingkat sekolah dasar.

Seperti Bandung Bonwodowo Candi Prambanan, Terjadinya Gunung Tangkuban Perahu dengan Tokoh Sangkuriang, Durhakanya Malin Kundang, Cerita Batu Menangis di Kalimantan, Perkelahian Pengawal Ajisaka dalam cerita Jawa, Perkelahian Ikan Sura dan Buaya dalam legenda terbentuknya Kota Surabaya.

Baca Juga:  Contoh Kalimat Simple Past Tense Berikut Rumusnya Untuk Dipelajari

Nah, cerita-cerita legenda yang awalnya disajikan dalam bahasa Indonesia di buku-buku sekolah dasar. Kemudian banyak diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Penerjemahan ini selain untuk latian mengenal sebuah cerita narrative dalam bentuk bahasa Inggris. Juga memahami sebuah kalimat dalam bahasa Inggris secara sederhana yang dituliskan untuk menjelaskan situasi di masa lampau.

Contoh Narrative Text Legend dan Ciri Cirinya Untuk Dipelajari

contoh narrative text legend

Penulisan narrative text legend biasanya mengacu pada sebuha tense yang disebut simple past tense. Simple past tense adalah tense yang menjelaskan secara sederhana sebuah situasi cerita di masa lampau. Tanpa perlu menjelaskan dengan lebih detail kapan waktu dan berapa lamanya.

Sementara ciri kedua contoh narrative text legend biasanya diawali dengan kata kata pembuka yang hiperbola. Hiperbola karena membuka sebuah cerita yang sebenarnya fiktif tapi mempunyai legenda yang besar di mata masyarakat. Kalimat hiperbola ini biasa diawali dengan kata “once upon a time” “far-far a long time ago”.

Kedua contoh kata-kata pembuka di atas jelas sangat hiperbola. Once upon a time (pada sebuah masa lampau) dan “far-far a long time ago” (jauh pada masa waktu yang lampau). adalah kalimat pembuka yang menjelaskan sebuah narrtive text agar lebih dramatis.

Ciri selanjutnya adalah contoh narrative text legend menggunakan simple past tense seperti was, were, dan did. Serta beberapa verb dua yang menjelaskan hal-hal simple.

Baca Juga:  Definisi, Rumus, dan Contoh Kalimat Present Continuous Tense

Contoh narrative text legend yang bisa ditemui dengan ciri pertama, kedua dan ketiga

One upon a time, in the village near the Mount Merapi. Lived a beautiful girl, called Ratu Roro Jonggrang.

Perhatikan kalimat pembuka yang menggunakan once upon a time. Serta penggunaan verb dua sebagai penjelas kehidupan masa lampau.

Cerita contoh narrative text legend di atas bisa dilanjutkan dengan lebih panjang denga tambahan-tambahan simple past tense lainnya:

Once upon a time, in the village near Mount Merapi, Lived a beautiful girl, called Roro Jonggrang. She was beautiful, she has beautiful eyes, skin and hairs. Then, Bandung Bondowoso, a man like giant monster want marriage with her. He came to the Roro Jonggrang village. Asked Roro Jonggrang to be his wife. But Roro Jonggrang gived some requirement to Bandung Bondowo to builded 1000 Prambanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *