Contoh Present Continuous Tense

Posted on

Contoh Present Continuous Tense – Belajar bahasa inggris dasar memerlukan kemampuan mendalam terkait dua hal. Pertama adalah penguasaan kosakata atau yang biasa disebut dengan vocabulary. Penguasaan ini bisa dilatih dengan memperbanyak hafalan, memperbaiki sistem belajar dan lebih banyak berinteraksi dengan media-media pembelajaran yang melatih pemahaman kita atas kosakata-kosataka baru. Misalnya anda bisa bermain game untuk melatih kosakata baru. Memperbanyak menonton video-video di youtube untuk mengenalkan kosakata baru dengan prounonciation yang lebih beraksen dengan bahasa inggris.

Selain itu, penguasaan kosakata baru juga bisa anda lakukan dengan menggunanakan kamus bahasa inggris online maupun offline misalnya. Jika anda tertarik dengan kamus bahasa inggris fisik (offline) maka anda bisa membeli kamus bahasa inggris terbaik seperti kamus dua bahasa hasan shadily atau kamus satu bahasa terbitan oxford. Kenapa dua kamus ini yang direkomendasikan? Karena kamus-kamus yang bagus bisa untuk belajar banyak hal. Anda bisa belajar kosakata dari kamus, selain itu anda juga bisa belajar pengelompokan kelas kata di dalam kamus juga.

Selain kosakata, pengetahuan tentang kelas kata juga mempengaruhi pemahaman kita atas penguasaan bahasa inggris. Misalnya jika anda belum mengetahui jenis jenis kata kerja (verb), kata benda (noun), kata sifat (adjective) dan kata keterangan (adverb). maka anda bisa mencoba belajar melalui kamus. Terutama kamus online anda bisa mencari kosakata yang ingin diterjemahkan dan ketika kemudian bertemu kata yang dimaksud. Anda tinggal melihat penanda yang ada disampingnya seperti “work” (v). maka huruf v di samping work menjelaskan bahwa work adalah kata kerja (verb).

Selain penguasaan kosakata dan kelas kata, belajar bahasa inggris dasar juga harus menguasai beberapa tenses dasar. Misalnya tense present continues tense. Contoh present continues tense ini sangat mudah ditemukan di berbagai kehidupan kita sehari-hari. Karena present continues tense terkait erat dengan lingkungan ruang dan periode waktu yang kita tahu. Sebelum masuk terlalu jauh ke rumus presen continues tense. Anda wajib mengetahui ciri ciri dan penggunaan present continues tense.

Baca Juga:  Seperti Apa Contoh Soal TOEFL ITP? Pelajari juga Persiapannya

Pertama, tense present continues tense digunakan untuk menjelaskan kondisi faktual yang saat ini terjadi. Misalnya anda sedang di ruang tamu dan melihat ibu memasak. Maka contoh present continues tense yang bisa menjelaskan kejadian ini adalah: My Mother is cooking in the kitchen.

Kedua, contoh present continues tense juga bisa dijadikan penjelasan sebuah peristiwa yang sedang terjadi saat faktual dan anda tidak tahu kapan akan selesainya. Karena masih terus berjalan bersama anda. Contoh kalimat present continues tense yang menjelaskan sebuah peristiwa yang masih berjalan: The President is speaking in the Palace. Jika kita menonton televisi dan menyaksikan seorang presiden berbicara atau berpidato pada kejadian faktual dan kita tidak mengetahui kapan peristiwa itu berakhir. Maka itu sudah termasuk ke dalam contoh present continues tense.

Ketiga, perhatikan susunan present continues tense. Present yang artinya sekarang, continues merupakan kelanjutan atau sebuah peristiwa yang sedang berjalan sementara tense adalah penggunaan tata bahasa. Contoh present continues tense yang paling mudah untuk diidentifikasi adalah penggunaan form -ing. Di seluruh present continues tense selalu menggunakan form -ing pada kata kerja yang digunakan.

Berikut contoh kalimat present continues tense yang bisa anda identifikasi dengan form -ing:

1.They are driving a car from Jogja to Purwokerto
2.She is running from Park to the Market
3.I am learning in the library.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *