Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Narrative Bahasa Inggris

Posted on

Contoh Teks Narrative – Semua orang pasti sering menceritakan sebuah cerita yang sebelumnya pernah didengar dilihat atau bahkan menceritakan tentang pengalamn pribadi. Ketika mereka menceritakan ulang kisah mereka kepada kita maka apa yang kita dengar memiliki struktur dan contoh dari narrative text.

Bagi kamu yang sedang mempelajari bahasa Inggris, maka akan ada materi tentang narrative text. Pelajaran ini akan diberikan baik di sekolah atau di tempat kursus mulai dari kelas dasar. Lalu apa sebenarnya narrative text itu?

Definisi dari teks narrative sendiri adalah sebuah teks yang memiliki gambaran imajinatif untuk menghibur seseorang. Tentu saja materi ini mencakup penulisan dan bagaimana cara pengucapannya.

Biasanya teks narative ini menceritakan tentang cerita rakyat, legenda, sejarah, mitos, dll yang sejenis. Struktur dari teks narrative sendiri adalah sebagai berikut:

Orientasi : Bagian ini terletak di awal teks yang menceritakan tentang karakter dalam cerita dan disebut sebagai perkenalan tokoh.

Komplikasi : bagian kedua adalah dimana cerita dimulai yang berhubungan dengan tokoh-tokoh tadi.

Resolusi : Bagian ketiga adalah dimana masalah dalam cerita telah diselesaikan oleh pemeran utama.

Coda : Biasanya bagian terakhir ini sering tidak dimasukan karena tergantung dengan si penulis. Isinya adalah pelajaran dari cerita yang telah diuraikan.

Dilihat dari pengertian serat strukturnya maka narrative text adalah materi yang tidak terlalu sulit untuk dipelajari. Agar menjadi lebih jelas maka ikuti contoh teks narrative berikut ini beserta dengan artinya.

Snow White

In ancient times in the Netherlands there has been a beautiful princess, her name is Snow White. He lives with his stepmother, the Queen. The queen is jealous of Snow White’s beauty and she wants the princess to die.

Baca Juga:  Rumus Present Continuous Tense Dan Contohnya Untuk Dipelajari

Snow White who didn’t know the bad intentions the Queen went to the forest with a bodyguard. The soldier was ordered to kill Snow White and not have the heart. Finally the bodyguard told Snow White to go into the forest.

Inside the forest Snow White is friends with seven dwarves and lives happily. The Queen who knew Snow White hadn’t died disguised as an old grandmother and offered an apple. Snow White who ate apples finally fell asleep and could only be awakened by a prince’s kiss.

Finally a handsome prince came and met Snow White who was asleep. Turn on the princess with a true kiss. They finally live happily.

Putri Salju

Pada zaman dahulu kala di Belanda telah hidup seorang putri yang cantik, namanya adalah Putri Salju. Ia hidup bersama dengan ibu tirinya yaitu sang Ratu. Ratu iri dengan kecantikan dari Putri Salju dan ia ingin putri mati.

Putri Salju yang tidak tahu niat buruk sang Ratu pergi ke hutan dengan seorang pengawal. Prajurit tersebut telah diperintahkan untuk membunuh Putri Salju dan tidak tega. Akhirnya pengawal tersebut menyuruh Putri Salju untuk pergi ke dalam hutan.

Di dalam hutan Putri Salju berteman dengan tujuh kurcaci dan hidup bahagia. Sang Ratu yang tahu Putri Salju belum mati menyamar sebagai nenek tua dan menawari apel. Putri Salju yang memakan apel akhirnya tertidur dan hanya bisa dibangunkan dengan ciuman pangeran.

Akhirnya seorang pangeran yang tampan datang dan menemui Putri Salju yang tertidur. Menghidupkan sang putri dengan ciuman sejati. Mereka pun akhirnya hidup bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *