Fakta Jerman yang Harus Kamu Tahu Sebelum Pergi ke Jerman

Posted on

Fakta Jerman – Jerman merupakan negara maju di bidang ekonomi maupun teknologi dan juga inovasi. Selain itu, Jerman juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik wisatawan dari berabgai negara.
Negara ini banyak dikunjungi oleh para peneliti, para pelajar , serta turis dari Eropa maupun dari negara – negara lain di dunia, termasuk Indonesia. Jika kamu juga tertarik untuk mengunjungi negara Jerman, kamu perlu mngetahui fakta – fakta mengenai negara Jerman. Yuk simak apa saja sih fakta Jerman dan keunikan negara Jerman berikut ini.

Fakta – Fakta Jerman yang Perlu Kamu Tahu

1. Jerman merupakan negara berbentuk Federasi yang terdiri dari 16 negara bagian

Fakta Jerman yang pertaman adalah Jerman terdiri dari 16 negara bagian yang disebut dengan Bundesland yang masing – masing memiliki kewenangan di bidang keamanan dalam negeri, pendidikan tinggi, sekolah, kebudayaan maupun administrasi publik.

Daftar 16 negara bagian Jerman yaitu:

1. Berlin, merupakan kota yang memiliki status sederajat dengan negara bagian. Kota ini menjadi ibukota negara Jerman.
2. Baden-Württemberg dengan ibu kota negara bagian Stuttgart.
3. Bayern dengan ibu kota negara bagian München.
4. Bremen merupakan kota yang berstatus negara bagian.
5. Hamburg merupakan kota yang berstatus negara bagian.
6. Bradenburg dengan ibu kota negara bagian Potsdam.
7. Hessen dengan ibu kota negara bagian Wiesbaden
8. Mecklenburg-Vorpommern dengan ibu kota negara bagian Schwerin.
9. Rhein Utara-Westfalen dengan ibu kota negara bagian Düsseldorf.
10. Sachsen Bawah dengan ibu kota negara bagian Hannover
11. Saarland dengan ibu kota negara bagian Saarbrücken.
12. Rheinland-Pfalz dengan ibu kota negara bagian Mainz.
13. Sachsen-Anhalt dengan ibu kota negara bagian Magdeburg.
14. Sachsen dengan ibu kota negara bagian Dresden.
15. Schleswig-Holstein dengan ibu kota negara bagian Kiel.
16. Thüringen dengan ibu kota negara bagian Erfurt.

Baca Juga:  Berapakah Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa?

2. Euro merupakan alat pembayaran resmi di Jerman

Sebelum tahun 2002, Jerman menggunakan mata uang resmi Deutsche Mark sejak tahun 1948. Namun, setelah Dewan Uni Eropa menetapkan Euro menjadi mata uang Uni Eropa, Euro menjadi satu – satunya alat pembayaran di Jerman sejak 1 Januari 2002.

Nilai 1 Euro = 100 sen. Uang tunai bisa diperoleh selama 24 jam di atm dengan kartu kredit internasional. Semua kartu kredit yang dikenal umum bisa diterima di Jerman.

3. Tanggal 3 Oktober menjadi Hari Raya Nasional Jerman

Fakta Jerman selanjutnya, hari persatuan Jerman yaitu tanggal 3 Oktober ditetapkan sebagai Hari Raya Nasional Jerman pada Perjanjian Persatuan tahun 1990. Hari tersebut memperingati bersatunya kembali negara Jerman yang pernah terpecah menjadi 2 bagian, yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur.

4. Jerman menjadi pintu untuk mengunjungi negara lain dengan mudah

Jerman terletak di Eropa bagian tengah dan berbatasan langsung dengan 9 negara Eropa lainnya. Negara – negara yang berbatasan dengan Jerman antara lain Polandia, Austria, Ceko, Denmark, Swiss, Perancis, Belgia, Belanda, dan Luksemburg.

Saat kamu berada di Jerman, kamu akan lebih mudah mengunjungi negara – negara tersebut dengan menggunakan kereta, bus maupun mobil.

5. Tepat waktu menjadi budaya Jerman nomor satu

Fakta Jerman yang harus kamu tahu adalah masyarakat Jerman sangat menghargai waktu dan terkenal dengan ketepatan waktunya. Saat kamu berada di Jerman dan memiliki janji untuk bertemu dengan seseorang di Jerman, kamu harus datang tepat waktu.

6. Jerman menghasilkan berbagai penemuan yang mendunia

Jerman sering disebut – sebut sebagai negaranya kaum penyair dan pemikir. Banyak ahli filosofi, penemu, musisi, dan penyair yang lahir di Jerman seperti Goethe, Bach, Einstein, Schuman, Beerhoven, dan lainnya.

Baca Juga:  Temukan 5 Beasiswa S2 Jerman yang Tepat Hanya Di Sini

Berbagai penemuan yang mendunia dihasilkan negara Jerman, diantaranya sepeda, mobil, kalkulator, clarinet, petrol, mesin diesel, mesin jet, pengembangan pesawat terbang, dan masih banyak lagi penemuan yang lainnya. Fakta Jerman ini membuktikan bahwa Jerman memiliki banyak pemikir dan penemu.

7. Masyarakat Jerman menerapkan kegiatan daur ulang

Saat kamu berkunjung ke Jerman dan membeli air mineral kemasan, jangan buang bekas botolnya. Jika kamu mengembalikan botol tersebut ke toko tempat kamu membeli air minum tersebut, kamu akan mendapatkan 25 sen. Hal ini dikarenakan masyarakat Jerman menerapkan kegiatan daur ulang.

8. Tempat sampah di Jerman bervariasi

Di Jerman, kamu akan menemui tempat sampah yang bervariasi dengan berbagai macam warna dan klasifikasi sampah yang berbeda – beda. Ini berhubungan dengan kegiatan daur ulang yang diterapkan oleh masyarakat Jerman.

9. Jerman merupakan negara yang pertama kali menerapkan waktu musim panas

Di negara yang memiliki 4 musim seperti Jerman, dikenal yang namanya waktu musim panas (Daylight Saving Time). Pada waktu tersebut, waktu resmi dimajukan satu jam lebih awal dari zona waktu standar dan diberlakukan selama musim semi dan musim panas.

Waktu musim panas ini diterapkan karena perbedaan yang cukup besar antara masa hari terang dibandingkan gelap sepanjang musim di wilayah – wilayah negara yang memiliki 4 musim. Negara Jerman merupakan negara yang mempraktikkan waktu musim panas pertama kali di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *