Mengenal GRE Test Jakarta dan GRE Test Indonesia

Posted on

GRE Test Jakarta – Tidak dapat dipungkiri jika perkembangan zaman yang semakin pesat membawa kehidupan manusia ke era yang lebih kompleks dan modern. Hal tersebut tentunya akan memberikan dampak secara langsung pada kehidupan manusia itu sendiri.

Salah satu dampak yang dirasakan adalah dimana tuntutan kehidupan semakin hari semakin meningkat mulai dari kebutuhan yang semakin beragam hingga tuntutan dimana manusia harus memiliki kemampuan dan pengetahuan yang baik agar bisa dikatakan sebagai sumber daya manusia yang mumpuni.

Hal tersebut tentunya sangat penting karena saat ini sebagian besar perusahaan-perusahaan ternama membutuhkan dan mencari para pekerja dengan kualitas tinggi serta memiliki soft skill yang baik.

Sehingga salah satu cara yang dapat anda tempuh untuk memiliki gelar sebagai sumber daya manusia yang berkualitas adalah dengan memiliki riwayat pendidikan yang mumpuni dan berkualitas.

Oleh karena itu anda dapat mencoba untuk melanjutkan pendidikan anda pada tingkat Strata II dan Strata III di luar negeri. Dimana tentunya hal tersebut tidaklah mudah sebab anda diharuskan untuk lolos dalam sebuah tes yang dinamakan dengan gre test Jakarta.

Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas mengenai tes itu sendiri serta hal-hal yang harus anda persiapkan sebelum mengikuti tes.

Mengenal Dasar Gre Test Indonesia

Pada dasarnya gre test Indonesia atau di negara lain sendiri tidak hanya bisa ditempuh oleh lulusan Strata I dari negara Indonesia saja. Sebab tes ini tersedia di beberapa negara karena memang perguruan tinggi kualitas dunia menetapkan nilai hasi tes ini sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi.

Namun sebelum mengetahui bagaimana pelaksanaan gre test Indonesia, maka ada baiknya jika anda mengetahui lebih jauh mengenai tes ini sendiri serta komponen-komponen apa saja yang ada di dalam soal tes nantinya.

Baca Juga:  Mengenal GRE Test Indonesia Beserta Tips dan Trik Mengerjakannya

Apakah Tujuan Diadakan Gre Test?

Hal pertama yang harus anda ketahui mengenai tes gre ini adalah tujuan diterapkannya tes ini. Tes gre sendiri merupakan salah satu bentuk tes yang diwajibkan bagi para sarjana yang hendak melanjutkan studi pasca sarjana di negara-negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa nasionalnya.

Negara-negara tersebut antara lain adalah Amerika Serikat, Canada, Singapore, Australia, dan lain-lain. Pada dasarnya komponen pada tes ini sama dengan komponen-komponen pada tes TOEFL. Karena pada dasarnya tes ini juga dipergunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang.

Tes Gre Terbagi Menjadi 3 Komponen

Perlu Anda ketahui bahwa soal-soal pada tes gre sendiri terbagi menjadi tiga komponen dasar yakni Quantitative Section, Verbal Section, dan Analytical Section.

Pada bagian soal kuantitatif anda akan disuguhkan dengan soal-soal yang memuat materi matematika dasar seperti aritmatika, aljabar, geometri, dan lain-lain.

Untuk menyelesaikan bagian ini anda hanya diberikan waktu sekitar 30 menit saja. Sehingga anda harus benar-benar menguasai konsep dasar matematika agar bisa dengan cepat dan tepat menjawab setiap soal yang ada.

Selanjutnya pada bagian verbal anda akan menemukan jenis soal yang menguji kemampuan kosa kata di dalam Bahasa Inggris yang anda miliki. Sehingga pada bagian ini anda akan banyak menjumpai mengenai jenis soal seperti pemaknaan kata, sinonim, antonim, dan lain-lain.

Pada bagian ini anda juga akan diberikan waktu sekitar 30 menit saja untuk menyelesaikan 20 soal. Kemudian bagian terakhir adalah mengenai soal analitikal dimana anda diminta membuat dua esay.

Dimana esay tersebut berisi tanggapan atau pendapat anda mengenai sebuah masalah yang disajikan di dalam soal tes. Selain itu anda juga harus mampu memberikan penyelesaian masalah yang tepat terhadap isu yang anda hadapi.

Baca Juga:  4 Perbedaan GRE Vs GMAT Yang Penting Untuk Anda Ketahui

Langkah Tepat Mengikuti Gre Test Jakarta

Setelah mengetahui hal-hal yang terdapat di dalam gre test Jakarta maka selanjutnya anda harus mengambil langkah yang tepat untuk mempersiapkan diri sebelum mengikuti Gre test Jakarta ini.

Walaupun terkesan mudah dan sederhana, namun tidak ada salahnya jika anda mengambil kursus tes ini agar lebih mempermudah anda dalam memahami setiap konsep dasar yang wajib untuk anda mengerti sebelum mengikuti Gre test Jakarta.

Lalu, Berapakah Biaya Tes Gre?

Saat ini biaya tes gre yang diberlakukan di Indonesia sendiri bisa dibilang cukup mahal yakni sekitar 2.9 juta rupiah atau mungkin juga biaya tes gre bisa lebih.

Kemudian apabila anda berminat untuk melakukan kursus Gre di Jakarta atau ingin mengikuti gre test Indonesia  maka kami akan merekomendasikan anda untuk datang ke Westwoodprep dan informasi lebih lanjut mengenai biaya tes Gre maupun kursus Gre maka bisa klik baner di atas ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *