Ikuti Les Privat GMAT sebelum Pascasarjana

Posted on

Les Privat GMAT – Program studi pascasarjana atau program kuliah S2 bukanlah suatu hal yang sulit bagi sebagian orang, pendidikan lanjutan setelah program sarjana ini sekarang bukanlah hal yang terbilang baru, program ini sudah hadir di Indonesia sudah cukup lama. Memang dulu belum booming seperti saat ini , dulu hanya beberapa perguruan bergengsi saja yang mempunyai program pascasarjana dan lebih bersifat ekslusif. tapi di jaman ini pascasarjana merupakan kuliah yang di tawarkan oleh banyak perguruan tinggi dan universitas di Indonesia.

Bisa dibilang hampir semua menawarkan program pascasarjana, dan mahasiswa yang mengambil program tersebut biasanya adalah mahasiswa lulusan sarjana yang langsung mengikuti program pascasarjana sebelu mencoba mencari lapangan pekerjaan. Adapula sebagian dari mereka yang setelah lulus sarjana mencicipi dunia pekerjaan kemudian mengambil program pascasarjana sebagai kuliah tambahan. Perkembangan program pascasarjana juga sangat pesat di dunia. Saat ini program pascasarjana yang masih terfavorit ada di Negara Amerika Serikat, banyak mahasiswa Indonesia belajar kesana, untuk bisa dapat belajar kesana dan mengambil program pascasarjana khususnya bidang manajemen atau MBA.

 

Ada satu test khusus yang harus di lewati bagi pelamarnya yaitu Graduate Management Admission Test atau lebih familiar dengan singkatan Les Privat GMAT, test ini merupakan test yang berbasis computer,tes ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1953 oleh Sembilan sekolah bisnis di Amerika, saat itu tes ini masih bernama Graduate Management Admission Council atau disingkat menjadi GMAC, Les Privat GMAT  telah di ikuti oleh sekitar 230,000 pelamar sampai dengan saat ini, peserta pertahunnya bisa mencapai 2000 orang pelamar dan untuk semua program studi yang tersedia, selain menjadi persyaratan khusus untuk program pascasarjana bidang manajemen atau MBA, saat ini GMAT juga menjadi syarat untuk melanjutkan program master di bidang ekonomi maupun keuangan selai test GRE.

Mau tahu seberapa sulit nya GMAT? silahkan simak artikel berikut : Apa itu gmat sulit nggak ya

Les Privat GMAT itu sendiri terdiri dari empat bagian  yaitu : An analytical writing assessment, Integrated reasoning, the quantitative section, dan verbal section, durasi untuk menyelesaikan test ini yaitu 3,5 jam dengan waktu pengerjaan yang berbeda-beda setiap bagian test seperti berkut ini

 

GMAT Tes Section Number of Questions Question Types Timing
Analytical Writing Assessment 1 Topic Analysis of an Argument 30 mintes
Integrated Reasoning 12 Question Multi Source Reasoning

Graphics Interpretations

Two part Analysis

Table Analysis

30 minutes
Quantitative 37 Question Data Sufficiency

Problem Solving

75 Minutes
Verbal 41 Question Reading Comprehension

Critical Reasoning

Sentences Correction

75 Minutes
Total Exam Time 3 Hours, 30 Min

 

  • Analytical Writing Assessment

adalah tes yang terdiri dari tes analisis dari argument, setiap peserta wajib mempunyai keahlian dalam menganalisis dari kasusu dan argument yang di suguhkan pada soal pertanyaan, pada bagian ini kana lebih banyak bermain secara logika dan daya menganalisa, untuk memudahkan melewati test ini ada baiknya berlatih soal pemecahan kasus studi dalam bidang bisnis khususnya, agar terbiasa melewti test ini

 

  • Integrated Reasoning

merupakan bagian yang baru dari GMAT yang di disain untuk menguji kemampuan peserta test dalam mengevaluasi data-data yang di berikan, Tes ini terdiri dari 12 jenis pertanyaan dengan 4 format yaitu : Multi-source reasoning, graphics interpretation, two-part analysis, dan table analysis.

 

  • Quantitative tes

bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta dalam memecahkan dan menginterprestasikan data grafik menggunakan angka-angka, pada umumnya tes ini terdiri dari dua macam yaitu Problem solving dan data sufficiency, tes ini akan menjadi sedikit lebih mudah apabila kita memiliki latar belakang pendidikan yang berhubungan dengan matematika seperti teknik dan statistic, sehingga hanya perlu menyegarkan kembali tentang apa yang sudah di dapat dari kuliah terdahulu, jika peserta yang belum pernah belajar tentang matematika ataupun kalkulus, maka akan membutuhkan waktu ekstra untuk mempelajari Quantitative GMAT.

  • Verbal

adalah test bagian akhir dari Les Privat GMAT yang di desain untuk menilai kemampuan peserta dalam berbahasa Inggris, tes ini terdiri dari 3 bagian yaitu : reading comprehension, critical reasoning, dan sentence correction questions, reading comprehension lebih menyajikan bacaan dari berbagai macam topik diantaranya ada ilmu sosial , sejarah, fisika, bisnis, ekonomi dan lain-lain. Pada bagian tes ini menguji sejauh mana kemampuan peserta dalam mengerti tentang isi bacaan yang di berikan tersebut, Critical reasoning lebih menguji kepada kemampuan peserta dalam memberikan argument dan mengevaluasi soal pertanyaan, dan yang terakhir adalah sentence correction merupakan jenis tes menguji kemampuan peserta menditeksi struktur kalimat yang salah di dalam soal pertanyaan.

Dengan adanya pengenalan di atas tentang tes GMAT kita akan memahami fungsi dari tes tersebut dan membuat kita mengerti apa yang di maksud dengan GMAT, jadi sudah siapkah anda mengikuti tes GMAT ? well selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *