Nama Kota Kota di Perancis yang direkomendasikan untuk studi

Posted on

Kota Kota di Perancis –¬†Perancis adalah salah satu negara di eropa barat yang menjadi tujuan favorit mahasiswa indonesia studi di luar negeri. Selain negara seperti inggris raya, jerman, belanda, prancis menempati urusan lima besar. Apalagi setelah pemerinatah Indonesia banyak memberikan beasiswa untuk studi master dan doktoral. Maka jumlah mahasiswa indonesia yang belajar di perancis melonjak. Termasuk lonjakannya yang dahulu banyak memilih kota paris. Perlahan-lahan banyak yang menyebar ke penjuru lain di dalma negara perancis.

Alasan utama kenapa perancis menjadi negara tujuan studi adalah kualitas universitasnya. Mayoritas kampus negeri di negara perancis, adalah kampus kelas dunia. Masuk ke dalam ranking besar seperti diindeks oleh QS World University ranking dan juga Times Higher Education System. Dua lembaga rankng yang cukup kredibel dan menjadi referensi mahasiswa di seluruh dunia dalam memilih kampus tujuan studinya. Dua lembaga ranking ini biasanya membedakan ranking dari jenis jurusan hingga perbandingan tingkat publikasi dan mahasiswa internasional.

Selain itu, kampus-kampus di prancis juga merupakan kampus riset kelas dunia yang memiliki banyak paten, kolaborasi dengan industri, misalnya industri teknik dan penerbangan. Serta memiliki profesor dan dosen dengan tingkat publikasi dan riset yang tinggi. Ini artinya produktifitas akademisi prancis merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Selain tentunya banyak universitas negeri di prancis telah berumur tua. Salah satunya universitas sorbonne yang terkenal itu.

Selain itu, seperti yang telah dijelaskan di atas. Banyaknya pergeseran trend mahasiswa yang akan studi di perancis. Yang awalnya banyak berkumpul di paris kemudian bergeser ke kota-kota lain. Karena disebabkan faktor biaya hidup di paris yang cukup tinggi. Ini harus menjadi pertimbangan anda kedepan jika akan memilih kampus di prancis. Apakah berdomisili di kota perancis, atau kora kota di perancis lainnya yang berlokasi daerah pedesaan atau industri dan pendidikan.

Baca Juga:  Belajar Bahasa Perancis untuk Pemula

Pada umumnya lokasi studi di luar paris biasanya lebih murah dan bisa mendapat bahan makanan yang terjangkau. Termasuk soal penginapan dan juga sewa aparteme bisa anda hemat dengan berbagi ruang bersama teman-teman mahasiswa. Akan tetapi perlu anda ingat bahwa semakin ke luar paris. Banyak kota-kota di luar paris yang alat transportasinya tidak semaju dengan kota paris. Karena paris adalah ibukota maka wajar adanya memiliki sistem transportasi yang maju.

Tetapi berkebalikan dengan kota-kota di luar paris. Di kota paris sendiri sewa apartemen jauh lebih mahal. Sehingga beberapa orang mensiasati tinggal di pinggiran kota. Mereka menggunakan sepeda, menyewa mobil bulanan atau menggunakan alat transportasi umum dari pinggiran kota menuju tengah kota. Begitu pun juga dengan bahan-bahan makanan di pusat kota yang biasanya agak mahal sedikit. Apalagi anda tentunya bisa tergoda dnegan banyaknya toko makanan, kafe dan restauran yang bertebaran dimana-mana.

Jadi, jika anda memutuskan akan melanjutkan studi. Baik tingkat sarjana, master atau doktoral. Cermati kembali kota tujuan anda studi di paris dan pertimbangkan baik-baik berupa pengeluaran yang diperlukan. Termasuk apakah anda disubsidi oleh beasiswa atau menggunakan biaya mandiri untuk keperluan perkuliahan. Beberapa beasiswa memberikan subsidi penuh. Dan beberapa beasiswa yang lain, hanya memberikan subsidi sebagian.

Anda perlu perhatikan bahwa beberapa beasiswa dari pemerintah Prancis atau indonesia biasanya berbentuk beasiswa full. Tetapi ada juga beasiswa dari kampus-kampus di jerman yang hanya memberikan biaya hidup saja. Biaya bebas spp, atau sebagian dari keduanya. Sehingga anda memerlukan tambahan bekerja di luar, part time di restauran atau menjadi pekerja sosial di yayasan pelayanan.

Nah, berikut beberapa kota-kota di perancis yang bisa anda pertimbangkan untuk menjadi lokasi studi:
Pertama adalah Paris. Paris merupakan kota eksotik, ibukota negara perancis dan memiliki beragam destinasi wisata fenomenal. Seperti museum Louvre, Katderal Notre Dame dan juga berbagai galeri seni. Di paris terdapat puluhan perguruan tinggi negeri yang dapat anda jadikan rujukan tempat studi.

Baca Juga:  Kosakata Bahasa Perancis dan Artinya yang Banyak Digunakan

Kedua adalah Lyon. Lyon merupakan kota di dekat pegunungan Alpen, di perbatasan negara Italia, Swiss dan Prancis. Di Lyon terdapat banyak bangunan arsitektur berkelas dunia yang masuk ke dalma UNESCO. DI lyo sendiri terdapat beragam universitas dan pelajar internasional.

Ketiga adalah Toulouse. Disini Terkenal dengan industri penerbangan raksas Airbus. Toulouse memiliki beragam universitas yang telah didirkan sejak abad ke tiga belas.

Keempat adalah Montpellier. Di sini ada beberapa kampus yang masuk ke dalam tiga besar di Prancis versi QS World University Ranking.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *