Step by Step Kuliah di Australia dengan Lebih Mudah

Posted on

Kuliah di Australia – Negara Australia memiliki area yang sangat luas yaitu 7,69 juta square kilometer dan menjadi negara keenam yang terbesar di dunia. Populasi di negara tersebut lebih dari 25 juta jiwa dan memiliki kebudayaan hingga sekarang dari suku Aborigin.

Pada bidang pendidikan Australia adalah pemimpin yang diakui secara global. Lebih dari 37 universitas negeri berdiri dan dua universitas swasta. 25 universitas telah masuk ke dalam QS World Ranking 2019 terbesar 500. Inilah alasan mengapa banyak sekali mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah di sini.

Tertarik untuk masuk ke salah satu universitas di Australia? Jika tertarik maka sebaiknya simak bagaimana cara untuk bisa kuliah di Australia berikut ini:

Langkah Pertama : Memilih Jurusan dan Lokasi

Berhati-hatilah ketika memilih jurusan, institusi dan juga lokasinya. Perhatikan beberapa jurusan berbeda di banyak universitas, apakah spesialisasi tersebut cocok dengan karir yang diinginkan.

Ketika jurusan sudah dipilih maka temukan fasilitas pendidikan apa saja yang ditawarkan. Pertimbangkan apakah terdapat fasilitas khusus yang ditawarkan untuk mahasiswa internasional.

Langkah Kedua : Mendaftar

Sekali Anda menemukan jurusan yang diminati dan pendidikan yang ditawarkan dilakukan pendaftaran dengan segera. Sebelum mendaftar teliti kembali persyaratan akademik yang harus dipenuhi. Apakah terdapat syarat seperti menguasai bahasa Inggris dengan level tertentu.

Jika persyaratan yang diberikan tidak sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki, sebaiknya pertimbangkan jurusan lainnya. Pilih persyaratan yang akan memberikan Anda kesempatan diterima lebih tinggi.

Cobalah untuk menghubungi universitas tersebut secara langsung agar mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Apakah ada syarat khusus lainnya yang ditujukan kepada mahasiswa internasional. Formulir pendaftaran biasanya bisa diunduh melalui website official universitas.

Baca Juga:  Mencari Lowongan Kerja di Australia? Ikuti Langkah Mudahnya

Sebagai pandangan, ada beberapa formulir yang harus dilengkapi yaitu sebagai berikut ini:

Data diri pribadi
Sertifikasi yang menyatakan kemampuan berbahasa Inggris
Sertifikat yang menyatakan kualifikasi akademik seperti ijazah dan transkrip
Jurusan yang hendap diambil
Surat rekomendasi dari perusahaan (jika pada)

Apabila dokumen yang dibutuhkan tidak menggunakan bahasa Inggris maka Anda harus menerjemahkannya secara khusus. Penerjemah yang bisa mentranslate dokumen penting tersebut akan ditunjuk secara khusus dan terpercaya.

Periksa juga apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat visa di kedutaan Australia. Anda juga harus memenuhi syarat yang diberikan kedutaan untuk pembuatan visa. Ketika diterima pembuatan visa harus dilakukan secepat mungkin.

Langkah ketiga. Menunggu proses penerimaan

Selama proses pendaftaran berlangsung dan semua dokumen sudah dikirimkan maka cukup menunggu. Beberapa universitas akan menyediakan waktu lebih lama tergantung dengan banyak sedikitnya jumlah calon mahasiswa yang mendaftar.

Waktu yang dibutuhkan bisa beberapa minggu bahkan beberapa bulan. Pada saat menunggu ini Anda bisa mempersiapkan kebutuhan tambahan apabila terdapat ujian masuk khusus yang diberikan.

Langkah keempat. Menerima tawaran kuliah di Australia

Penantian Anda selama ini akan membuahkan hasil jika semua syarat telah terpenuhi. Jika pendaftaran diterima maka akan ada surat penerimaan yang dikirimkan. Sebelum menerima tawaran kuliah Anda harus membaca dengan seksama apa saja yang ditawarkan dan cek ulang apakah terdapat kondisi khusus sebelum masuk.

Surat ini juga penting digunakan untuk pembuatan visa jadi sebaiknya simpan dengan baik. Anda juga harus memenuhi jumlah biaya yang dibebankan sebelum memulai tahun ajaran baru.

Langkah kelima. Persiapan keberangkatan

Sekarang setelah Anda diterima waktunya untuk mempersiapkan keberangkatan. Pastikan visa sudah dipersiapkan. Pastikan tiket pesawat juga sesuai jadwal sebelum masuk kuliah. Semua langkah sudah selesai dan Anda bisa berangkat ke Australia untuk melanjutkan studi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *