Berencana Kuliah di Inggris? Ikuti Persiapannya yang Tepat

Posted on

Kuliah di Inggris – Jika Anda telah memiliki pilihan akhir untuk bersekolah ke luar negeri dan menjadi mahasiswa internasional maka sudah saatnya untuk serius mempersiapkan diri. Anda bisa mulai melakukan pencarian informasi dan mendaftar ke sebuah universitas.

Apakah Anda merasa takut untuk memulai dan selalu menunda untuk melakukannya? Tidak perlu stress dalam menghadapi proses persiapan tersebut. Semakin cepat Anda mendapatkan informasi maka akan semakin cepat pula Anda memulai proses pendaftaran.

Informasi yang didapatkan di awal akan memberikan kesempatan tinggi bagi Anda untuk bisa diterima. Inggris adalah negara yang tepat bagi Anda untuk bisa melanjutkan studi. Banyak sekali universitas terkenal dalam bidang pengajaran dan penelitian.

Proses pendaftaran pun tidak serumit yang Anda bayangkan. Anda cukup memberikan banyak perhatian pada beberapa detail dan mempersiapkan dokumen penting secepat mungkin.

Berikut ini beberapa tips yang sangat membantu dalam mempersiapkan diri untuk mendaftar.

Pastikan Anda memiliki banyak pilihan

Anda pasti sudah memiliki tujuan universitas tertentu dan sebaiknya miliki tiga pilihan. Jadi kesempatan untuk bisa diterima lebih besar dibandingkan Anda hanya memiliki satu fikus universitas. Cobalah untuk melihat hasil yang lebih besar dan jangan buat hambatan apapun membuat Anda tidak percaya diri.

Realistis dan selalu mendapatkan informasi tepat

Cobalah untuk mengecek persyaratan akademik dan perhatikan seberapa besar kesempatan yang bisa Anda dapatkan untuk berhasil. Jika Anda tidak memiliki pandangan tentang persyaratan tersebut, hubungi departemen mahasiswa internasional dan penasihat di universitas.

Temukan cara untuk bisa mendaftar

Biasanya Anda bisa mendaftar ke universitas yang dituju melalui website official. Banyak dokumen yang harus Anda isi kemudian mengirimnya melalui pos atau email. Pada beberapa negara Anda juga bisa mendaftar melalui platform khusus dan lebih mudah.

Baca Juga:  Kata kata Motivasi Bahasa Inggris Untuk Membakar Semangat Hidup

Beberapa website tersebut biasanya memiliki feature khusus yang akan memudahkan Anda memilih bidang ilmu yang ingin dipelajari. Khususnya jika Anda belum yakin jurusan apa yang hendak diambil.

Buatlah surat motivasi yang terbaik

Kebanyakan universitas di Inggris mensyaratakn Anda untuk membuat surat motivasi. Anda bisa menemukan banyak contohnya melalui internet. Hanya saja akan lebih baik jika surat yang Anda buat adalah yang terbaik.

Anda bisa membuatnya secara jujur dan ceritakanlah semua pengalaman yang sesuai dengan bidang studi. Pastikan Anda menceritakan mengapa belajar di universitas tersebut harus Anda lakukan.

Berhati-hatilah dengan dokumen yang dikumpulkan

Semua dokumen harus diterjemahkan menggunakan bahasa resmi sesuai syarat dari universitas. Artinya terjemahan tersebut membutuhkan cap resmi antara Anda dan juga ijazah yang diberikan.

Pastikan Anda juga membaca ulang apa saja dokumen yang harus dipersiapkan dan dipersiapkan sedini mungkin.

Berapakah Biaya Kuliah di Inggris?

Jika kuliah di Inggris harus Anda lakukan, lalu berapakah biaya yang dibutuhkan untuk bisa menyelesaikan program sarjana atau pascasarjana? Biaya yang dibutuhkan biasanya tergantung dengan negara asal.

Biaya ini dibagi menjadi dua yaitu mahasiswa Uni Eropa dan non Uni Eropa. Biaya untuk mahasiswa Uni Eropa akan lebih murah sedangkan biaya mahasiswa non Uni Eropa lebih mahal dan masuk dalam kategori mahasiswa internasional.

Khusus program sarjana, biaya paling mahal yang dibutuhkan adalah 9.250 euro per tahunnya. Biaya tersebut setara dengan 135 juta rupiah. Namun biaya tersebut dapat diatasi dengan beasiswa.

Saat ini banyak sekali beasiswa full untuk melanjutkan studi di Inggris. Anda bisa mendaftar ke beberapa beasiswa dan melanjutkan pendidikan dari sarjana hingga pascasarjana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *