Mendapat Kampus Berkualitas Dengan Kuliah di Jerman Gratis

Posted on

Kuliah di Jerman Gratis – Mengapa siswa internasional tertarik kuliah di Jerman? Jawabannya karena kuliah di Jerman gratis di hampir semua Universitas negeri. Pembebasan biaya kuliah ini tidak hanya berlaku untuk mahasiswa lokal, tapi juga untuk mahasiswa asing.

Ada banyak negara tujuan studi yang membebankan biaya kuliah (tuition fee) bagi mahasiswa internasional. Beberapa negara seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Australia menerapkan biaya kuliah antara $ 10.000 hingga $ 50.000 per tahun.

[irp posts=”1524″ name=”Jangan Pusing, Ini 8 Cara Kuliah Di Jerman Dengan Mudah”]

Alasan lainnya adalah karena Jerman memiliki kurikulum pendidikan yang sangat bagus. Universitas di Jerman telah melahirkan ilmuwan-ilmuwan hebat macam Einstein, Planck, dan Born. Ini membuktikan bahwa Jerman memiliki kualitas pendidikan dan pakar yang hebat.

Tidak hanya di bidang STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics), tapi juga bidang-bidang seni dan humaniora. Hal inilah yang menjadikan Jerman menjadi impian mahasiswa internasional.

Biaya Kuliah di Jerman

Universitas negeri di Jerman tidak mengenakan biaya kuliah karena ini merupakan kebijakan pemerintah. Beberapa Universitas swasta membebankan biaya kuliah, tapi biaya yang dikeluarkan setara dengan yang didapatkan. Karena mereka menawarkan bidang studi khusus, kelas kecil serta fasilitas yang istimewa. Tidak hanya itu, kebanyakan Universitas swasta Jerman juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang memenuhi syarat.

Diantara 16 negara bagian di Jerman, saat ini hanya 4 negara bagian yang membebankan biaya kuliah. Keempat negara bagian itu adalah Baden-Württemberg, Bavaria, Hamburg, dan Lower Saxony. Namun biaya yang dikenakan masih sangat terjangkau, yaitu sekitar € 500 per semester.

[irp posts=”1494″ name=”Biaya Kursus Bahasa Mandarin di Jakarta Barat dan Manfaatnya”]

Semua negara bagian lainnya hanya menarik biaya administrasi sekitar 100-250 euro per semester. Dengan iuran administrasi tersebut, mahasiswa akan mendapat beberapa fasilitas seperti kafetaria, fasilitas olahraga, serta akses transportasi gratis di area sekitar kampus. Fasilitas yang didapatkan mahasiswa ini biasanya tergantung kebijakan masing-masing kampus.

Syarat Kuliah di Jerman

kuliah s2 di jerman

Jadi, bagaimana cara mewujudkan impian studi di Jerman? Selain IPK yang baik, kita juga harus memiliki skor tes bahasa yang baik. Kemampuan bahasa yang diperlukan adalah kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan skor IELTS atau TOEFL serta sertifikat kemampuan bahasa Jerman. Syarat kemampuan bahasa ini tergantung bahasa pengantar yang dipakai dalam perkuliahan.

Jika perkuliahan menggunakan bahasa Jerman, maka paling tidak kita memiliki sertifikat kemampuan bahasa Jerman, minimal pada level B1.

Kemudian kita harus mendaftar dengan mengisi formulir aplikasi dan menyerahkan dokumen yang diperlukan. Beberapa dokumen yang harus diserahkan diantaranya form aplikasi yang sudah diisi, paspor, sertifikat kemampuan bahasa, ijazah dan transkrip nilai, bukti diterima Universitas di Jerman, bukti terdaftar asuransi kesehatan, serta bukti deposit uang jaminan.

[irp posts=”1440″ name=”Berapakah Biaya Hidup di Perancis Selama Kuliah?”]

Untuk memperbesar peluang, kita bisa mendaftar ke beberapa Universitas. Tapi jangan terlalu banyak mendaftar, karena dokumen yang terlalu banyak dikhawatirkan akan membingungkan diri kita sendiri. Cukup mendaftar ke 10-15 Universitas untuk program Sarjana dan 5-10 untuk Pascasarjana.

Cara Mendaftar Kuliah Gratis di Jerman

Jika ingin kuliah di Jerman gratis, kita bisa melakukan pencarian di website DAAD. Di sini, kita bisa mencari Universitas yang membebaskan biaya kuliah baik program Sarjana atau Pascasarjana (Master dan PhD). Kita bisa menemukannya di https://www.daad.de/deutschland/studienangebote/international-programmes/en/.

Di portal DAAD ini, kita bisa menfilter level studi, bidang studi, serta bahasa pengantar yang digunakan. Setelah muncul hasil pencarian, kita bisa filter lagi pada “tuition fee”. Pilih “no fees”, sehingga yang muncul hanyalah sekolah yang menggratiskan biaya kuliah.

[irp posts=”1370″ name=”Tempat Kursus Bahasa Jerman untuk Persiapan Studi”]

Walaupun kuliah di Jerman gratis, Universitas di Jerman merupakan Universitas papan atas di dunia. Beberapa Universitas negeri terkenal diantaranya Technical University Munich (TUM), Goethe

University Frankfurt, Humboldt University of Berlin, RWTH Aachen University, Free University of Berlin, Ludwig Maximilians University Munich (LMU), dan masih banyak lagi. Jadi kita akan mendapatkan pendidikan kualitas kelas dunia dengan biaya kuliah gratis, menarik kan? dan untuk informasi kuliah di Jerman gratis maka bisa mengklik baner Virtueducation.org di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *