kuliah di perancis

Ingin Kuliah di Perancis? Ini yang Harus Dipersiapkan

Posted on

Kuliah di Perancis – ‘Kapan ke Perancis?’, jika kamu sudah memiliki keinginan pergi ke Perancis mengapa tidak tinggal disana selama beberapa tahun ke depan? Bukan untuk wisata namun untuk bersekolah.

Sangat mudah loh untuk bisa pergi bersekolah atau kuliah di Perancis. Tidak hanya sebagai destinasi wisata dan Perancis juga sangat terkenal dengan pendidikannya.

[irp posts=”1474″ name=”Kisah Menteri Pendidikan Perancis yang Berasal dari Maroko”]

Ada banyak cara untuk bisa bersekolah di Perancis yaitu melalui beasiswa atau melalui mandiri. Syarat utamanya kamu harus bisa lulus dari ujian masuk ke salah satu universitas negeri di Perancis.

Tidak perlu pusing dengan biayanya, universitas negeri Perancis banyak yang menawarkan biaya sekolah gratis. Jadi kamu hanya perlu memikirkan biaya hidup selama di sana.

kuliah di perancis

Apa sih yang menarik dari pendidikan di Perancis? Jika kamu selama ini belum pernah membandingkan keuntungan bersekolah di Perancis atau negara Eropa lainnya kini saatnya mengetahui. Apa saja keuntungan kuliah di Perancis? Berikut ini jawabannya:

untuk mahasiswa internasional

Tidak semua negara terbuka dalam menerima mahasiswa internasional. Perancis adalah salah satu negara yang terbuka dan menerima banyak mahasiswa internasional. Memulai dari Asia, Afrika, Amerika and Australian.

Jadi jika kamu berkesempatan untuk kuliah di sana pada banyak teman dari berbagai belahan dunia yang bisa kamu temui. Kegiatan belajar yang diterima juga sama dengan mahasiswa dari Perancis, tidak pada kaum minoritas maupun mayoritas.

Standar pendidikan yang tinggi

Dibandingkan dengan negara lainnya, Perancis merupakan Grande Ecole sekolah elite yang termasuk di dalamnya berbagai jenis jurusan. Terdapat lebih dari dua atau tiga jurusan yaitu Teknik, Bisnis dan manajemen, Arsitektur dan seni.

Dunia internasional bahkan telah mengakui standar pendidikan di Perancis. Setelah lulus dari perguruan tinggi di Perancis maka kemampuan kamu akan diakui di seluruh dunia.

Tempat untuk mengembangkan penelitian

Negara di eropa terkenal sebagai negara yang mendukung berbagai macam penelitian salah satunya Perancis. Banyak funding yang bisa didapatkan dengan mudah baik melalui pemerintah maupun swasta. Jika kamu ingin mengembangkan penelitian sesudah selesai sekolah maka negara Perancis adalah tempat yang tepat.

Kebudayaan yang menarik

Tidak hanya bersekolah namun kamu juga akan menemukan kebudayaan negara Perancis yang menarik. Selama kuliah kamu bisa berjalan-jalan atau wisata di kota-kota kecil dan metropolitan di Perancis.

Suasana yang didapatkan sungguh berbeda. Atmosphere yang dirasakan berbeda karena seluruh kotanya sangat bersih dan penuh dengan sejarah.

kuliah di perancis

Terkenal dalam dunia bisnis dan fashion

Bagi kamu yang ingin belajar dunia bisnis, di sinilah tempatnya. Bagi kamu yang ingin menjadi desainer terkenal, Perancis adalah tempat terbaik untuk belajar. Perancis merupakan negara ketiga yang diakui dalam dunia bisnis setelah Inggris dan Jerman. Perancis juga merupakan pelopor dunia mode di dunia.

Persiapan Kuliah di Perancis

Apabila ingin melanjutkan kuliah di Perancis, terdapat banyak hal yang harus dipersiapkan. Tentu saja mempersiapkan diri untuk melanjutkan kuliah di negara tersebut tidak hanya dilakukan dalam waktu singkat. Perlu beberapa bulan dan persiapan yang matang sebagai berikut ini:

Pemilihan sekolah

Apakah kamu sudah menentukan sekolah mana yang akan dituju untuk melanjutkan pendidikan? Banyak sekali sekolah di Perancis yang akan memberikan fasilitas, materi kuliah hingga lokasi yang tepat. Kamu hanya perlu memilih beberapa universitas dan belajar apa saja syarat yang dibutuhkan.

Menguasai bahasa Perancis

Jika ingin kuliah di Perancis, kamu harus menguasai bahasa mereka. Nah di Jakarta kamu bisa mengikuti kursus bahasa Perancis di virtueducation.org.

Disana kamu akan mendapatkan banyak ilmu bahasa Perancis dan bisa memilih kelas sesuai dengan materi yang ingin dipelajari. Mulai dari bahasa hingga kebudayaan dan tips persiapan kuliah di Perancis akan kamu dapatkan.

Merinci biaya selama hidup di Perancis

Jangan sampai kamu kekurangan uang di sana. Pastikan apakah kamu akan kuliah di Perancis melalui beasiswa atau mandiri. Berapa banyak uang beasiswa yang kamu dapatkan dan apakah dapat menutup biaya hidup selama di sana.

Jika tidak kamu perlu menyimpan uang untuk akomodasi, transportasi serta kebutuhan lainnya. Jangan takut, mahasiswa Perancis diperbolehkan untuk mengikuti kerja part time demi mendapatkan uang tambahan. Asal kamu bisa mengatur waktu untuk kuliah dan bekerja.

[irp posts=”1440″ name=”Berapakah Biaya Hidup di Perancis Selama Kuliah?”]

Persiapkan diri untuk lulus ujian masuk

Jika kamu sudah mendapatkan universitas yang ingin dituju persiapkan diri dengan matang untuk mengikuti ujian masuk. Temukan juga beasiswa yang bisa kamu dapatkan untuk menambah dana selama tinggal di Perancis.

Nah jika kamu mengikuti kursus di virtueducation.org tidak hanya kemampuan berbahasa saja yang akan didapatkan namun juga seputar persiapan ujian masuk universitas. Kamu juga bisa belajar materi untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Perancis.

[irp posts=”1463″ name=”Daftar Universitas Negeri di Perancis dan Syaratnya”]

Visa

Jangan lupa untuk mengurus visa, apabila kamu sudah mendapatkan surat diterima kuliah di Perancis maka akan lebih mudah mengurus visa. Pastikan visa kamu mencukup waktu kuliah di sana hingga setelahnya. Apakah kamu akan melanjutkan kuliah lagi atau justru akan bekerja di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *