Kuliah Gratis di Jerman dan Fakta-Faktanya

Posted on

Kuliah Gratis di Jerman – Ada lebih dari 370 universitas di Jerman yang tidak mengenakan biaya, baik untuk siswa lokal maupun siswa internasional. Meskipun begitu, tetap ada beberapa biaya kecil yang harus dikeluarkan oleh seorang mahasiswa, seperti biaya (semacam) student card.

Sumbangan Pemerintah dan Kemandirian Universitas

Jerman adalah salah satu negara yang berbentuk republik federal. Oleh karena itu di dalamnya terdapat negara bagian yang berdikari.

Setiap negara bagian di dalam Jerman memiliki otonomi untuk membuat wilayahnya makmur. Walaupun begitu, kebanyakan negara bagian tidak memberi bantuan pengelolaan secara penuh terhadap universitas.
Oleh karena itu, kuliah gratis di Jerman bukan sepenuhnya peran pemerintah tetapi juga karena kemandirian universitas. Akibatnya, para akademisi yang bekerja di universitas harus mencari donatur sendiri untuk membiayai proyek penelitian mereka.

Keuntungan bagi Negara Jerman

Universitas yang menerapkan biaya tinggi tentu akan dapat mengurangi subsidi pemerintah atau bahkan bisa menyumbang. Namun, pemerintah Jerman berpandangan cukup berbeda. Mereka memahami bahwa penerapan gratis biaya kuliah akan membantu upaya dalam mengurangi kesenjangan sosial.

Pemerintah Jerman ingin anak yang berasal dari keluarga tidak mampu dan tidak berpendidikan menjadi lebih yakin untuk kuliah. Mereka percaya bahwa semakin banyak masyarakat yang kuliah, maka hal-hal yang berkaitan dengan kesejahteraan dan ekonomi akan terpenuhi secara otomatis.

Lagipula, memberikan kuliah gratis di Jerman kepada siswa internasional juga tetap akan menguntungkan, yaitu membuat Jerman semakin banyak berisi orang-orang pintar dan inovator dari seluruh dunia.
Untuk menarik para peneliti, negara ini menawarkan perpanjangan visa hingga 18 bulan bagi mahasiswa yang telah lulus. Dengan begitu, mahasiswa akan punya waktu untuk berinovasi di kampusnya sendiri di Jerman.

Baca Juga:  Daftar Nama Universitas di Jerman Terbaik Setiap Tahun

Penolakan Penghapusan Biaya

Beberapa kritik mengenai kuliah gratis di Jerman sesekali datang dari para peneliti yang sekaligus pengajar di Jerman. Kuliah secara gratis di Jerman akan mengurangi pendapatan universitas yang berarti akan menghabiskan waktu para peneliti untuk mencari biaya penelitian.

Sedikitnya dana yang diterima oleh universitas-universitas di Jerman juga membuat beberapa universitas menjadi sulit dan bahkan tidak dapat membangun infrastruktur baru. Oleh sebab inilah peringkat universitas di Jerman tidak membaik dalam urutan global.

Kritik terhadap gratisnya biaya di perguruan tinggi ini juga menyentuh persoalan tren anak muda Jerman yang lulus lama. Dikatakan bahwa siswa di Amerika akan mencoba untuk lulus cepat karena biaya kuliah mahal, sementara di Jerman seorang mahasiswa tidak merasa rugi apabila menempuh diploma selama 7 tahun.
Selama menjadi mahasiswa dan memiliki kartu identitas mahasiswa, seseorang di Jerman justru akan mendapatkan diskon di tempat perbelanjaan atau pun bioskop.

Oleh karena itu, negara bagian Baden-Württemberg, telah mencoba mengubar peraturan pusat ini dengan mensyaratkan biaya bagi siswa non-lokal dengan jumlah 1500 euro per semester.

Itu tadi adalah hal-hal seputar kuliah gratis di Jerman. untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai dunia pendidikan Jerman, kamu bisa membuka laman Virtueducation.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *