Lambang Negara Jerman dan Jumlah Penduduk Jerman

Posted on

Lambang Negara Jerman – Jika anda sempat membaca sejarah Jerman dalam berbagai perang dunia. Maka anda bisa sedikit menebak mengenai lambang negara Jerman dan juga demografi penduduk jerman atau kira-kira bisa menebak jumlah penduduk jerman dalam lintasan sejarah. Jerman sendiri pada awalnya merupakan sebuah negara kecil berbentuk kekaisaran dengan salah satu pemimpin konservatifnya yang terkenal Otto Van Bismarck.

Negara kecil ini mewarisi demografi ras suku dan etnis yang beragam di sekitaran eropa barat bersama dengan Prusia dan Austria. Tetapi peta politik mengubah segala demografi tersebut. Salah satunya penyatuan kekaisaran Jerman yang dilakukan Otto Von Bismark mengakuisisi Jerman, Prusia dan Austria ke dalam sebuah aliansi kekaisaran Jerman menjadi sebuah negara besar.

Penguasaan ini menciptakan sebuah negara baru yang lebih besar dari pewarisnya sebelumnya. Dimana jerman mewarisi demografi etnis dan suku serta pengeolaan negara dari Kekaisaran Romawi dan Kerajaan Prusia. Jumlah etnis suku di Jerman sendiri lumayan banyak. Dengan suku asli adalah suku nordik. Sebuah suku bangsa yang secara etnik dekat dengan proto-indo-eropa. Suku ini pada awalnya mendominasi jerman dan menyumbang perolehan terbesar jumlah penduduk jerman.

Tetapi seiring berjalannya waktu, terutama ketika terjadi ekpansi Nazi Hitler yang menggunakan ideologi bahwa ras arya (pada konteks itu mengacu pada keturunan suku nordic) akan menguasai kekasaiaran eropa. Nazi juga membersihkan beberapa etnis lain yang tidak disukainya seperti Yahudi dan etnis non-arya. Komposisi jumlah penduduk jerman pun ikut berubah.

Ketika hitler kemudian kalah perang dalam beberapa peperangan dengan Uni Soviet dan koalisi-koalisi lawannya di eropa. Jerman kemudian memasuki babak baru sebagai negara modern. Imigran-imigran dari turki, arab dan asia kemudian secara perlahan memasuki jerman dan menyumbang komposisi baru jumlah penduduk jerman. Sampai saat ini jumlah penduduk jerman secara statistik adalah sekitar 83 juta jiwa pada tahun 2018. dengan kepadatan tiap 232 kilometer dihuni satu orang hingga satu keluarga.

Baca Juga:  12 Ungkapan Sederhana Dalam Perkenalan Bahasa Jerman

Komposisi jumlah penduduk jerman ini tidaklah tetap. Akan terus berubah seiring dengan banyaknya perubahan demografi seperti datangnya imigran, perpindahan penduduk jerman ke negara lain karena faktor uni eropa serta perkawinan antara etnis yang terjadi di jerman. Jika anda pernah mendengar Cinta Laura, nah artis yang satu itu adalah artis keturunan Jerman Indonesia. Begitu juga saat anda membaca kisah cerita novel Habiburahman El Shizary yang mengisahkan Fahri menikah dengan gadis keturunan jerman dan turki. Pada contoh yang terakhir ini memang banyak perkawinan antara ernis jerman dan turki selama berabad-abad lamanya. Sehingga turut menyumbang perubahan jumlah penduduk jerman.

Jerman saat ini jauh lebih modern ketimbang pra perang dunia pertama dan sebelum perang dunia kedua. Jerman saat ini memiliki sistem pemerintahan modern campuran antara presidensial dan parlementer dalam sebuah sistem politik bernama federal. Jerman sendiri pada masa modernisasi melakukan reunifikasi antara jerman barat dan jerman timur. Mengubah sistem ekonomi ke dalam ekonomi liberal dan menata demokrasi negara dengan sistem negara bagian dan negara federal.

Perubahan modernisasi ini juga mengubah lambang negara jerman yang sebelumnya cenderung politis menjadi lebih modern. Lambang negara jerman hari ini berbentuk elang hitam dengan gambar paruh dan cakar yang berwarna merah. Gambar elang hitam ini berada di atas perisai warna kuning emas dan tentunya warna warna yang digunakan dalam lambang negara jerman tersebut sama dengan warna bendera negara jerman. Lambang negara jerman awalnya digunaka pada tahun 1949 kemudian diubah menjadi hal modern pada 1990.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *