Materi Pembelajaran Bahasa Inggris

Posted on

Materi Pembelajaran Bahasa Inggris – Mempelajari bahasa asing khususnya bahasa Inggris perlu memahami tingkat kebutuhan dan kemampuan dari para peserta, oleh karena itu sebelum mempelajari  bahasa Inggris secara mendalam perlu mengetahui materi apa saja yang akan diberikan sesuai dengan tahap yang akan dilalui.

Dengan memilah materi yang akan dijadikan sebuah program pelatihan, tentu akan membantu pengajar menganalisa sampai sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan. Pada dasarnya kajian utama bahasa inggris mencakup pada listening, reading, writing, dan speaking kemudian diperkecil lagi menjadi pokok bahasan.

Pembagian pokok bahasan materi mengacu pada standar yang telah ditentukan oleh  lembaga terkait. Belajar mendengar dalam bahasa inggris tidak hanya tentang percakapan dengan banyak orang saja, melainkan berita ilmiah pun wajib didengar jika sudah sampai pada tingkatan yang lebih tinggi.

Membaca artikel tidak hanya memahami isi dari keseluruhan bacaan tetapi bagaimana cara memahami suatu tulisan dengan waktu yang relatif singkat. Menulis tidak harus dengan artikel yang panjang, melainkan menekankan gramatikal dan kosa kata yang benar. Begitu juga dengan keterampilan berbicara (speaking), ekspresi diri dan penyampaian informasi harus jelas dan dapat dimengerti.

Materi Pembelajaran Bahasa Inggris

Pada umumnya materi terbagi menjadi empat bagian, di antaranya:

  • Pre – Basic (Pengayaan dasar)

Matei pada tahap ini diperuntukan bagi mereka yang belum pernah belajar bahasa Inggris sama sekali sehingga perlu pendadaran awal melalui pengenalan nama benda di sekelilingnya.

  • Objects identification

Pengenalan nama – nama benda, hewan, kendaraan, alam, dan sebagainya dalam bahasa Inggris

  • Family member

Posisi dalam anggota keluarga (Ayah, ibu, kakak, adik, kakek, nenek dan sebagainya) dalam bahasa inggris

  • How to introduce your self & greetings

Pengenalan diri dan menyapa orang ketika saling bertemu menggunakan menggunakan bahasa inggris

  • Conversation

Berlatih percakapan yang tidak terlalu panjang dan sederhana seperti menceritakan kegiatan selama liburan, kegiatan di sekolah, atau tentang film baru yang sudah ditonton.

  • Dasar – dasar gramatikal

Penggunaan : this, that, those, they, we, I, you, she, he, it, what, who, when, why, which, whose, preposition, infinitive, passive and active.

  • Basic (Dasar)

Pada tahap ini siswa telah mengerti bagaimana menyebut nama benda, mengenalkan diri dan mulai pada tingkatan tata bahasa lebih tinggi.

  • Pengenalan diri (how to introduce your self)

Tahapan mengenalkan diri lanjutan dengan tingkat kerumitan sedikit lebih banyak. Seperti membuat percakapan lain setelah melakukan pengenalan diri.

  • Mengekspresikan diri (self expression)

Belajar untuk mengekspresikan diri melalui ungkapan – ungkapan yang biasa digunakan dalam bahasa Inggris (great, awful, awesome, incredible, brilliant, save by the bell, wishy – washy, sightseeing, you have my word dan lain sebagainya)

  • Menjelaskan waktu (telling time)

Menjelaskan bagaimana menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris

  • Kegiatan sehari – hari (daily activities)

Menceritakan kehidupan sehari – hari dimulai dari bangun pagi sampai istirahat malam

  • Petunjuk arah (ask direction)
  • Gramatikal lanjutan (basic grammar)

Tag questions, suggestion, imperative, modal, tenses (past, present, future), to be, pronoun, conjunction, quantifier, some and any, much and many, adverbs.

Ingin fasih berbahasa inggris? silahkan kunjungi : Cara bisa bahasa inggris

  • Intermediate (Menengah)

Siswa telah mampu memahami tulisan dan percakapan yang rumit dan mulai mengekspresikan diri mereka ketika melakukan percakapan dengan menggunakan idiom yang ada.

  • Kegiatan sehari – hari (daily activities)

Rutinitas tiap hari yang dikemas lebih lengkap dan terperinci sebagai bahan diskusi

  • Membuat cerita (writing a story)
  • Dikusi kelompok ( group discussion)
  • Penggunaan idom dan frase (phrase & idiom)
  • Gramatikal : tenses (past, present, future), elliptical sentence, either and neither, gerund, countable, uncountable.

Materi Pembelajaran Bahasa Inggris

  • Advance (Mahir)

Sampai pada tingkat ini siswa diharapkan mampu membuat karya ilmiah sendiri, memahami kosa kata yang sulit, melakukan pidato (public speech) dengan penggunaan tata bahasa yang baik dan benar.

    • Pembahasan materi melalui media elektronik dan cetak (televisi, radio, dan surat kabar)
  • Mmendengarkan berita dalam bahasa inggris kemudian menjelaskan kembali
  • Menonton acara televisi dalam bahasa inggris
  • pidato di depan kelas (public speech)
  • Gramatikal : comparative degree, superlative degree, positive degree, relative pronoun, condition sentence, to infinitive.
  • membuat laporan ilmiah yang akan dipresentasikan di depan kelas dan penguji saat ujian akhir. (final exam)

Proses mempelajari suatu bahasa asing yang paling efektif umumnya dilakukan dengan cara diskusi kelompok. Dalam suatu kajian diskusi, siswa akan terdorong untuk berbicara dan mengeluarkan pendapat, di mana secara tak langsung akan mengasah keberanian serta rasa percaya diri mereka.  Sebagian besar siswa enggan ketika bersentuhan dengan tata bahasa (grammar) yang menurut mereka amat membingungkan, di sinilah peran pengajar diharapkan turut andil menjadi salah satu penentu keberhasilan siswa dalam menyerap materi.