Media Seru Belajar Bahasa Inggris

Posted on

Belajar Bahasa inggris – Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang banyak dipakai oleh setiap orang di dunia. Sebuah keuntungan bagi kita jika mampu menguasai bahasa inggris sebagai alat berkomunikasi secara multinasional karena pada era globalisasi ini kita dituntut untuk mampu bersaing dengan orang asing atau luar negeri di negara kita sendiri. Mempelajari bahasa inggris bukanlah hal yang mudah, setiap pengajar atau guru bahasa inggris harus memiliki metode pembelajaran yang efektif dan efisien agar peserta didiknya mampu menangkap pelajaran bahasa inggris dengan cepat. Pembelajaran yang membosankan akan menjadi hambatan tersendiri bagi setiap orang yang ingin belajar bahasa inggris, namun terdapat suatu metode yang dapat mempermudah kita dalam belajar bahasa inggris yaitu dengan menggunakan media.

Belajar bahasa Inggris

Perkembangan teknologi memberikan kemajuan terhadap proses pembelajaran, seperti yang dilansir oleh Apps4god 21/09/2015 Menyebutkan bahwa salah satu media yang sangat berperan untuk menyebarkan informasi pendidikan terbaru dalam dunia pendidikan adalah internet. Hal ini akan membuat setiap pengajar dapat mengikuti perkembangan atau informasi terbaru di dunia pendidikan yang mereka tekuni. Selain informasi terbaru, keberadaan internet juga memberikan dampak kemajuan di dunia pendidikan. Kemajuan yang dimaksud dalam hal ini adalah sebuah perubahan dari situasi awal menuju situasi baru yang lebih baik dari sebelumnya.

Sebagai orang yang berkecimpung di dunia pendidikan perlu memikirkan bagaimana cara untuk melakukan inovasi terhadap cara Belajar bahasa inngris. Hal ini akan berdampak langsung terhadap anak didik yang menerima ilmu dari pengajar sehingga mereka mampu menangkapnya dengan mudah sekaligus untuk mengurangi rasa kejenuhan.

Ada beberapa media yang bisa menjadi inovasi dalam proses Belajar bahasa inngris dan mudah untuk diterapkan, yaitu sebagai berikut :

  • Video Film

Tidak setiap pembelajaran bahasa inggris hanya dengan menuliskannya di papan tulis atau whiteboard, kita juga bisa menggunakan media audio visual seperti film untuk memberikan pembelajaran bahasa inggris yang menyenangkan bagi siswa. Mereka dapat mempelajari bahasa inggris melalui gerak tubuh, ekspresi, ungkapan, dan gaya bahasa lainnya yang tersaji dalam film. Hal ini dapat memberikan kemudahan dan ketertarikan siswa dalam Belajar bahasa inngris dari pada hanya membaca buku yang sudah umum dilakukan.

 

Baca Juga:  Kumpulan Kata Mutiara Cinta Bahasa Inggris dan Artinya

  • Flashcards

Membaca kamus saja tidak menguatkan ingatan kita, untuk itu perlu adanya suatu bayangan yang dapat meresap ke dalam pikiran kita. Flashcards digunakan untuk meningkatkan ingatan kita dalam pengayaan kosa kata bahasa inggris karena sebuah Flashcards terdapat gambar-gambar yang mudah dilihat dan dipahami siswa khususnya sekolah dasar yang belum memiliki nalar tinggi sehingga mereka dapat memahami bahasa inggris melalui gambar yang diamatinya.

  • Internet

Saat ini tidak asing lagi bagi kita untuk menggunakan internet. Selain jangkauan yang luas, internet juga dapat digunakan sebagai sarana Belajar bahasa inngris. Jika belajar bahasa inggris dengan bertatap muka secara langsung dapat menghambat waktu, maka internet dapat digunakan secara fleksibel. Seperti e-learning, belajar bahasa inggris dapat dilakukan secara online tanpa harus hadir di tempat les. Adanya internet dapat memperluas cakupan belajar bahasa inggris secara global sehingga memungkinkan para penggunanya dapat belajar dengan orang yang berbeda negara.

  • Games

Untuk menghidupkan suasana belajar perlu dilakukan secara menyenangkan. Apabila belajar adalah hal yang membosankan, maka lakukanlah dengan hal yang menyenangkan seperti membuat suatu permainan teka-teki berbahasa inggris, melempar kata dengan bahasa inggris, dan permainan seru lainnya yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran bahasa inggris. Siswa akan lebih mudah mempelajari dan memahami pelajaran bahasa inggris karena secara tidak sadar mereka telah belajar sambil bermain.

  • Scrabble

Scrabble merupakan salah satu media yang sering digunakan untuk Belajar bahasa inngris. Media ini menggunakan sebuah papan yang diatasnya akan disusun sebuah kata-kata dalam bahasa yang telah ditentukan dan memiliki nilai tersendiri. Setiap pemainnya akan berusaha untuk melengkapi huruf menjadi sebuah kata dan berusaha untuk mendapatkan nilai yang terbesar. Media ini akan meningkatkan penguasaan kosa kata dalam pembelajaran bahasa inggris.

  • Realia

Selain flashcard ada media lain yang lebih menarik untuk proses belajar bahasa inggris yaitu Realia. Media ini merupakan obyek nyata yang digunakan sebagai alat bantu untuk mengenalkan sebuah objek dengan bahasa inggris. Realia akan memberikan sebuah arti nyata kepada suatu gambaran yang masih terdengar abstrak sehingga memiliki kesan ingatan yang lebih kuat.

  • Maps

Peta digunakan untuk mengetahui keberadaan sebuah lokasi. Selain itu ternyata peta dapat menjadi media untuk belajar bahasa inggris. Misalnya, seorang guru membagikan sebuah peta berbahasa inggris kepada siswanya dan mengarahkan mereka ke suatu tempat. Di dalam perjalanan para siswa akan melewati beberapa lokasi atau ruangan sesuai dengan petunjuk pada peta, lalu  mereka akan menerjemahkannya ke dalam bahasa indonesia berdasarkan tempat yang telah dilewatinya. Media ini akan melatih siswa untuk menambah kosa kata yang berkaitan dengan lingkungan.

Dalam belajar bahasa inggris tidak sebatas penggunaan medianya saja, tetapi bagaimana cara kita untuk menanggapi bahasa inggris dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Adanya media dapat membantu kita untuk memudahkan belajar bahasa inggris, oleh karena itu kita sendiri yang memilih bagaimana cara yang paling tepat untuk memahami bahasa inggris.

Selanjutnya silahkan baca juga artikel terkait :

Baca Juga:  Contoh Kalimat Simple Present Tense Positif Negatif Interogatif

Kunci sukses belajar bahasa inggris untuk pemula
Trik belajar bahasa inggris bagi kamu sang pemula intip di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *