Mengenal GRE Test Indonesia Beserta Tips dan Trik Mengerjakannya

Posted on

GRE Test Indonesia – Apa itu GRE? GRE atau Graduate Record Examination merupakan tes standar yang harus diambil sebagai syarat masuk ke program pasca sarjana di Amerika Serikat. Tes GRE ini diselenggarakan oleh ETS atau Educational Testing Service. Umumnya tes GRE ini dirancang untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami bacaan rumit dan menganalisa informasi kuantitatif.

Baca Juga:  4 Perbedaan GRE Vs GMAT Yang Penting Untuk Anda Ketahui

Tes GRE bertujuan untuk mengetahui sejauh mana minat dan kemampuan seseorang sebelum mengikuti perkuliahan. Tes GRE ini hanya diperuntukkan bagi sekolah – sekolah non bisnis.

Biasanya tes GRE diikuti oleh mahasiswa – mahasiswa yang akan mengikuti program S2 atau S3 di Amerika Serikat dan di negara – negara yang menggunakan tes GRE sebagai standarnya.

GRE Test Indonesia

Mengenal Tes GRE Beserta Tips dan Trik Mengerjakannya

GRE test Indonesia memiliki standar internasional sehingga hasil tes GRE ini diterima di seluruh dunia terutama di Amerika Serikat. Tes GRE ini terdiri dari 3 bagian yaitu :

– Verbal reasoning

Tes GRE ini berfungsi untuk mengukur kemampuan peserta tes dalam menganalisa dan mengevaluasi tulisan dan menilai pemahaman membaca serta menganalisa bagian – bagian kalimat diantara kata dan konsep. Tes verbal ini menggunakan vocabulary yang tidak umum, bukan menggunakan vocabulary pasaran.

Baca Juga:  Mengenal GRE Test Jakarta dan GRE Test Indonesia

– Quantitative Reasoning

Quantitative reasoning atau penalaran kuantitatif ini mengukur kemampuan peserta tes dalam memecahkan masalah dan mengukur kemampuan menulis analisis. Tes bagian ini berfokus pada konsep dasar aritmatika, aljabar, geometri dan analisa data.

 

– Analytical Writing

Analytical writing atau penulisan analitikal ditujukan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan juga kemampuan dalam menulis analisa, khususnya pada kemampuan artikulasi serta ide kompleks yang pendukung dengan jelas dan efektif.

Tes writing terdiri dari 2 soal esay. Pada tes ini peserta akan diberi satu kasus dan peserta diminta untuk menuliskan tanggapan beserta argumennya.

Tes GRE di Indonesia diadakan di Jakarta dengan diselenggarakan oleh IIEF atau Yayasan Pendidikan Internasional Indonesia. Kamu dapat mengikuti GRE test Indonesia ini pada hari senin – kamis.

Biaya GRE Test Indonesia

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di Amerika Serikat, kamu wajib mengikuti tes GRE ini. Biaya tes GRE sekitar 150 dollar AS. Biaya tes GRE di Indonesia ini terbilang cukup mahal karena jika dikonversi ke mata uang rupiah sekitar RP 1.500.000 rupiah.

Baca Juga:  Persiapan Tes GRE untuk Mendaftar S2 di Luar Negeri

Tips dan Trik

Sebelum menghadapi ujian GRE kamu bisa mengikuti kelas persiapan khusus GRE Test Indonesia di Westwoodprepmenyediakan kelas persiapan tes GRE, TOEFL, IELTS, GMAT, SAT, dan TOEIC. Kamu bisa berkonsultasi secara gratis mengenai tes tersebut melalui whatsapp di nomor 081210060075.

Selain itu kamu bisa berlatih soal – soal dari buku latihan soal GRE ataupun simulasi – simulasi ujian persiapan dari internet.

Biasanya kosa kata yang dipakai dalam tes GRE ini sulit dipahami karena menggunakan kosa kata yang jarang sekali dipakai. Kamu bisa mencatat kata – kata sulit atau idiom asing dengan post it atau index card agar kamu mudah menghafalkannya.

Untuk soal bagian quantitative memerlukan keahlian menghitung dan logika. Walaupun kamu pecinta matematika, kamu juga harus bisa memahami pertanyaannya dalam bahasa Inggris. Sehingga kamu dapat mengerjakan soal tersebut.

Untuk menjawab tes GRE bagian analytical writing biasanya memerlukan jawaban setuju atau tidak yang disertai dengan tanggapan dan argumennya. Kamu sebaiknya menyusun argumen secara sistematis dan meyakinkan.

Karena waktu yang diberikan untuk mengerjakan tes GRE ini terbatas, tentunya kamu harus pandai – pandai dalam membagi waktu. Jangan terpaku pada satu soal yang sulit karena soal sulit dan mudah memiliki bobot yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *