Kumpulan Negara yang Menggunakan Bahasa Perancis

Posted on

Negara yang Menggunakan Bahasa Perancis – Bahasa Perancis memiliki lebih dari 80 juta penutur asli, 190 juta penutur sekunder. Artinya 270 juta orang berbicara bahasa di seluruh dunia. Bahasa Perancis menjadi bahasa resmi di 29 negara yang sebagian besar menjadi bagian dari bahasa yang dikenal sebagai masyarakat la francophonie.

Telah diperkirakan 12% dari populasi Uni Eropa berbicara menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa ibu. Banyaknya orang menggunakan bahasa Perancis membuat bahasa ini menjadi bahasa keempat yang paling banyak digunakan.

Lebih banyak lagi. 20% dari laporan warga Uni Eropa tentang cara berbicara bahasa Perancis. Membuatnya menjadi bahasa yang paling dipahami nomor tiga di benua tersebut. Dengan demikian jangkauan bahasa Perancis meluas jauh melampaui Eropa.

Pada kenyataannya, populasi manusia yang menggunakan bahasa Perancis paling banyak tinggal di Afrika. Apalagi beberapa lembaga internasional seperti PBB, NATO dan Organisasi Perdagangan Dunia.

Negara-negara yang menggunakan bahasa Perancis sering digambarkan sebagai ‘Francophone’ dan sekitar 60 juta penutur asli. Perancis telah diakui secara resmi sebagai negara Francophone terbesar di dunia.

Hal yang paling menarik adalah ketika berfokus pada penutur asli, Kanada adalh negara berbahasa Perancis terbesar kedua. Sekitar 7 juta orang di Kanada berbicara menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa ibu.

Belgia dan Swiss menjadi negara keempat terbesar dengan suatu tempat wilayah berjumlah 4 juta penutur asli. Diperkirakan lebih dari setengah populasi global menggunakan bahasa Perancis tinggal di Afrika.

Sekitar 115 juta orang Afrika tinggal di negara-negara Francophone dan berbicara bahasa sebagai bahasa pertama atau kedua mereka. Lebih banyak lai tinggal di negara Afrika non ‘Francophone’ telah memperoleh bahasa tersebut.

Banyak negara Afrika berbahasa Perancis memiliki bahasa resmi, sehingga bahasa Perancis menjadi bahasa kedua. Oleh karena itu tidak pada satu pun di negara Afrika yang mendapatkan peringkat tertinggi terutama dalam hal penutur asli.

Baca Juga:  Peranan Penting Politik dan Perekonomian Negara Perancis di Dunia

Dan ketika tidak pada perbedaan yang dibuat antara penutur asli dan mereka yang memiliki bahasa Perancis sebagai bahasa kedua, beberapa negara memiliki populasi yang sangat besar menggunakan bahasa ini.

Misalnya saja diperkirakan bahwa Kongo-Kinshasa adalah rumah bagi 33 juta penutur bahasa Perancis semnatara Algeria menampung lebih dari 11 juta penutur. Berikut ini daftar dari negara yang menggunakan bahasa Perancis secara resmi.

Perancis
Kanada
belgia
Swiss
KongoKonshasa
Kong-Brazzaville
Pantai Gading
Madagaskar
kamerun
Burkina Faso
Niger
Mali
Senega
Haiti
Benin

Bagaimana bahasa Perancis akhirnya bisa tersebar luas? Bahasa ini telah muncul sebagai bahasa internasional selama abad pertengahan karena adanya pengaruh kerajaan Perancis. Sekitar abad ke-17 bahasa Perancis menggantikan Latin sebagai lingua franca dari eropa yang berpendidikan dan menjadi bahasa utama diplomasi.

Sebagian besar negara berbahasa Perancis di dunia adalah bekas koloni Perancis. Kolonialisme Perancis telah membawa bahasa ke sejumlah daerah termasuk Amerika pada abad ke 16 dan 17.

Kerajaan kolonial Perancis kedua mulai terbentuk pada abad ke-19, dimulai dengan penaklukan Aljazair. Pada akhir abad ke-19, Prancis telah menetapkan kendali atas orang-orang seperti Senegal, Pantai Gading, Republik Kongo dan Mali, yang semuanya terus menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa resmi hingga hari ini.

Berlanjut pada banyaknya koloni Perancis yang memperoleh kemerdekaan setelah Perang Dunia Pertama. Perancis terus memiliki pengaruh di Afrika hingga tahun 1960-an dan banyak bekas koloni Perancis terus menggunakan bahasa ini sebagai bahasa resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *