Belajar Dari Bentuk Pemerintahan Jerman Yang Rumit

Posted on

Bentuk Pemerintahan Jerman – Jerman merupakan negara yang memiliki kekuatan ekonomi sangat besar di benua Eropa, serta negara terpadat kedua setelah Rusia.

Perebutan kekuasaan Eropa pada abad ke-20 menyeret Jerman ke dalam pusaran dua Perang Dunia yang merusak serta berakhir dengan kekalahan bagi Jerman hingga harus menyerah tanpa syarat pada sekutu pada 7 Mei 1945.

bentuk pemerintahan jerman

Bagaimana Bentuk Pemerintahan Jerman Saat Ini?

Kemerdekaan awal Jerman sebenarnya adalah pada 18 Januari 1887 yang ditandai dengan pembentukan Kekaisaran Jerman. Jerman juga mendapat kemerdekaan dari sekutu pada 23 Mei 1949 dan membentuk Republik Federal jerman (FRG atau Jerman Barat).

Deklarasi kemerdekaan yang lain adalah pada 7 Oktober 1949 yang membentuk Republik Demokratik Jerman (GDR atau Jerman Timur).

[irp posts=”1573″ name=”6 Fakta Menarik Seputar Budaya Jerman yang Mengagumkan”]

Pada 15 Maret 1990, Jerman Barat dan Jerman Timur berintegrasi untuk membentuk negara Jerman Bersatu. Saat ini bentuk pemerintahan Jerman adalah Republik Federal Parlementer yang Demokratis dan menjunjung kebebasan individu. Negara yang memiliki nama resmi Republik Federal Jerman ini memilik 16 negara bagian.

Lembaga Eksekutif Pemerintahan Jerman

Presiden Jerman adalah kepala negara yang sifatnya seremonial. Jabatan ini dipilih 5 tahun sekali dan dapat menjabat maksimal dalam 2 periode kekuasaan. Presiden tidak dipilih langsung oleh rakyat, tapi dilakukan oleh Konvensi Federal yang terdiri dari anggota Parlemen Federal (Bundestag) dan anggota yang dicalonkan oleh parlemen negara bagian.

Presiden yang saat ini berkuasa adalah Frank-Walter Steinmeier yang menjabat 19 Maret 2017. Jadi pemilihan berikutnya akan diadakan pada tahun 2022.

Sementara kepala pemerintahan di Jerman dipegang oleh seorang kanselir yang dipilih oleh Parlemen Federal (Bundestag) untuk menjabat selama 4 tahun. Kanselir Jerman saat ini adalah Angela Merkel yang telah berada di posisi ini sejak November 2005 dan telah memasuki masa jabatan ke-4 setelah terplih kembali pada pemilu Jerman 2017.

Sistem pemilu Jerman berbeda dengan Indonesia. Pada pemilu Jerman, rakyat tidak memilih pemimpin Presiden maupun Kanselir secara langsung. Rakyat memiliki hak pilih untuk memilih anggota parlemen (Bundestag), kemudian Bundestag akan memilih Kanselir yang akan memimpin Jerman 4 tahun ke depan.

Itulah sebabnya walau kanselir tidak dipilih langsung oleh rakyat, jabatan Kanselir biasanya diraih oleh kandidat yang diajukan Partai pemenang pemilu.

bentuk pemerintahan jerman

Lembaga Legislatif Pemerintahan Jerman

Jerman menganut sistem Parlemen dua kamar atau Bikameral. Sistem ini adalah praktik pemerintahan yang menggunakan 2 kamar Legislatif atau Parlemen. Di Jerman, Parlemen dikenal sebagai Bundestag yang anggotanya dipilih langsung oleh rakyat.

[irp posts=”1539″ name=”8 Fakta Yang Menjadi Ciri Khas Negara Jerman”]

Selain Bundestag, ada juga Bundesrat yang anggotanya tidak dipilih langsung oleh rakyat, tapi ditentukan oleh pemerintahan Negara Bagian. Bundestag memiliki 631 kursi di Parlemen, sementara Bundesrat memiliki 69 kursi.

Itu tadi sekilas mengenai sistem dan bentuk pemerintahan Jerman. Pemerintahan Jerman memang agak unik dan rumit, tapi sistem yang ada ini membuat Jerman menjadi negara yang kuat dalam berbagai bidang. Banyak hal yang bisa dipelajari dari negara Jerman.

Dan peluang itu terbuka karena pemerintah Jerman membuka kesempatan bagi pelajar dari seluruh dunia untuk belajar di berbagai perguruan tinggi di Jerman. Keuntungan studi di Jerman adalah kamu akan diperlakukan sama dengan mahasiswa lokal dalam hal biaya studi.

[irp posts=”1568″ name=”Belajar Bahasa Jerman Untuk Pemula Dengan Cara Menarik”]

Jadi meskipun kamu mahasiswa asing, kamu tetap berkesempatan menikmati subsidi pendidikan dari pemerintah Jerman. Nah kalau kamu tertarik dengan studi di Jerman, kamu bisa konsultasi dengan Virtu Education.

Kamu bisa menghubungi Virtu Education di nomor (021)-300-19-979/ 0812-89-8000-26 atau datang langsung ke kantor Virtu yang ada di sekitar Jabotabek dan kota-kota besar lain di Indonesia. Siap menerima tantangan?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *