Perbedaan TOEFL dan IELTS yang Perlu Kamu Ketahui

Posted on

Perbedaan Toefl dan Ielts – Pastinya banyak orang yang menanyakan sebenarnya apakah perbedaan  TOEFL dan IELTS? Jika Kamu penasaran maka ada baiknya simak artikel ini sampai tuntas karen Kami akan membahasnya mendalam.

Test of English as a Foreign Language ( TOEFL ) dan International English Language Test System ( IELTS ) merupakan sama-sama tes untuk menguji kemampuan bahasa Inggris di bidang reading, speaking, listening, dan writing.

perbedaan toefl dan ielts

Inilah Perbedaan TOEFL dan IELTS

Tahukah Kamu bahwa ternyata TOEFL dan IELTS ini juga merupakan syarat mutlak untuk bersekolah atau bekerja ke luar negeri?

Namun, meskipun terlihat sama, akan tetapi terdapat perbedaan anatara TOEFL dan IELTS yaitu memiliki beberapa perbedaan, diantaranya adalah di sistem penilaian, struktur sesi ( Reading, Listening, Speaking, Writing ), dan penerapannya.

Selain itu terdapat perbedaan antara TOEFL dan IELTS dari sistem penilaian ( scoring system ) pada IELTS berbeda dengan TOEFL, untuk kategori nilai kompeten atau baik ( good ), karena kamu harus memperoleh skor 6.5 – 7 di IELTS.

Sementara, di TOEFL sistem penilaian terbagi lagi berdasarkan IBT ( internet based test ) dan paper based test dengan standar skor masing-masing 0 – 120 untuk IBT, dan 310 – 677 untuk PBT.

[irp posts=”147″ name=”Disinilah Tempat Kursus IELTS Di Jakarta – Lesbahasainggris.co.id”]

Perbedaan TOEFL dan IELTS Dalam Bentuk Table

Perbedaan antara keduanya juga terlihat di struktur sesi saat Reading, Listening, Speaking, dan Writing. Lebih jelasnya silahkan perhatikan tabel berikut ini :

 

Sesi

 

 

IELTS

 

 

TOEFL

 

 

Reading

 

 

 

Waktu : 60 menit

 

Tipe                              Soal : Berbagai tipe soal

 

 

 

 

Waktu: 60 – 80 menit

 

Tipe                              soal :Multiple choices

 

 

 

 

Listening

 

 

 

Waktu : 30 minutes

 

Tipe                              soal : menyelesaikan kalimat, mencocokkan headings, True/False/Not Given

 

Aksen        Pembicaraan : UK, Amerika, Kanada, dan Australia.

 

 

 

 

Waktu: 60 menit

 

Tipe                              soal : multiple choices

 

 

 

Aksen        pembicaraan : American English

 

 

 

Speaking

 

 

 

Waktu : 15 menit

Soal : 3 bagian

 

 

Percakapan : tatap-muka dengan native speaker

 

 

 

 

Waktu : 20 menit

Soal : Format iBT ( internet based test )

 

Percakapan: dengan komputer

 

 

 

Writing

 

 

 

Waktu : 1 jam masing-masing bagian

 

Tes   : Menulis Academic Training ( esai ) untuk masuk universitas tertentu, dan menulis General Training ( surat dan esai ) untuk imigrasi

 

 

 

 

Waktu       : 50 menit

 

Task 1 : membaca teks, menyimak kuliah 2 menit mengenai topik teks, menulis respon singkat tentang pertanyaan topik.

 

Task  2 :menulis esai tentang persoalan tertentu atau yang telah ditentukan.

 

 

 

 

Penerapan untuk TOEFL biasanya lebih diterapkan khususnya di bidang akademis, universitas, dan tempat-tempat classroom – based.

Skor TOEFL juga diterima di lebih dari 8.500 institusi di 130 negara termasuk di dalamnya negara-negara besar seperti UK, Amerika Serikat, dan Australia.

Selain itu juga TOEFL dapat diterima di 100 universitas terbaik di dunia. Hal ini dikarenakan TOEFL dikelola oleh organisasi US-based ( Educational Testing Service ), yang menggunakan aksen bahasa Inggris-Amerika sehingga lebih disukai oleh institusi Amerika.

[irp posts=”136″ name=”Inilah Keuntungan Jika Anda Mengikuti Toefl Ibt Jakarta”]

perbedaan toefl dan ielts

Sementara penerapan untuk IELTS lebih di bidang pendidikan, imigrasi, dan pekerjaan. IELTS sendiri juga diterima di lebih dari 9.000 institusi di 130 negara di dunia.

IELTS dikelola bersama-sama oleh British Council, IELTS lebih diutamakan oleh negara UK dan negara Commonwealth, yaitu negara New Zealand dan Australia.

Nah itu di atas adalah beberapa perbedaan dari TOEFL dan IELTS dan semoga pembahasan di atas mampu menjawab kebingungan antara TOEFL dan IELTS

Dan satu yang jelas bahwa TOEFL dan IELTS merupakan sama-sama untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris yang ingin kerja atau studi di luar negeri, perbedaannya hanya pada sistem penilaian, struktur sesi, dan penerapan. Akhir kata terima kasih telah berkunjung dan membaca, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *