Peranan Penting Politik dan Perekonomian Negara Perancis di Dunia

Posted on

Perekonomian Negara Prancis – Perancis adalah sebuah negara yang terletak di eropa barat. Berlokasi di eropa daratan dan dikelilingi beberapa negara besar. Seperti Jerman, Belanda, Austria dan Belgia.

Karena terletak di eropa daratan, negara Perancis menjalin hubungan erat secara sosial ekonomi dan politik dengan negara-negara di sekitarnya. Perancis juga termasuk negara yang termasuk ke dalam gabungan uni eropa.

Peranan Penting Politik dan Perekonomian Negara Perancis di Dunia

perekonomian negara perancis di dunia

Sepanjang sejarahnya, negara perancis memiliki peranan penting politik dan perekonomian Negara Perancis yang cukup besar. Kita yang tinggal di Indonesia pernah mendapat warisan efek ekonomi besar negara Prancis. Kapan warisan efek itu kita dapatkan? Yaitu saat perang dunia pertama dan perang dunia kedua. Saat Belanda menjajah Indonesia serta inggris menjajah Indonesia secara bergantian.

Saat itu, di eropa sana, kekaisaran Prancis Napoleon Bonaparte sedang gencar-gencarnya menyatukan eropa. Napoleon menyerang Kerajaan Belanda. Sehingga membuat raja-raja Belanda mengungsi ke Kepulauan Inggris. Mereka menyeberang dan mengungsi di dalam lindungan Kerajaan Inggris. Karena Negara Belanda dikuasai oleh Napoleon Bonaparte. Maka Napoleon menunjuk adiknya Luis Bonaparte untuk menduduki Belanda.

Luis Bonaparte kemudian mengirim seorang jenderal untuk mengambil alih jajahan Belanda di timur jauh sana. Negara jajahan itu disebut dengan hindia belanda atau kita kenal Indonesia. Seorang jenderal yang terkenal itu disebut Herman Wiliam Daendels. Daendels diberikan tugas untuk mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris di Malaysia.

[irp posts=”1489″ name=”Gambaran Biaya Hidup di Jerman Sebagai Mahasiswa Asing”]

Dandels kemudian melakukan reformasi ekonomi besar-besaran. Dia meminta seluruh raja-raja di Jawa mereformasi sistem pajak, sistem ekonomi dan mendukung strategi militernya yang terkenal. Yaitu membuat jalan raya pos dari Anyer sampai Panarukan. Jalan raya pos ini meminta banyak korban dari masyarakat Indonesia yang dijadiakn buruh-buruh pembangunan. Sehingga menimbulkan banyak perlawanan.

Jalan raya pos sendiri dibanguna Daendels untuk mempercepat gerak pasukan dari ujung barat jawa dan ujung timut jawa. Namun sebelum jala raya pos daendels bisa digunakan. Napoleon Bonaparte terdesak di Eropa sana. Sehingga pembanguna jalan raya pos terhenti dan membuat Daendels ditarik

Belanda dan Inggris kemudian mengambil alih beberapa daerah di Indonesia.
Karena Prancis telah menjadi bagian dari pemain politik internasional sejak perang dunia pertama dan kedua. Pembangunan jalan raya pos membuktikan bahwa Prancis meninggalkan warisan ekonomi bagi negara jajahan yang disebut Indonesia.

Perancis Masuk Kedalam Anggota Negara Negara G20

perekonomian negara perancis di dunia

Sementara di eropa perekonomian negara Perancis sekarang menjadi bagian dari anggota negara-negara G20. Apa itu G20? G20 merupakan singkatan dari Grup of 20 (dalam bahasa Indonesia disebut dengan kelompok negara-negara dengan GDP atau pendapatan nasional 20 besar dunia).

Lalu apa implikasinya jika sebuah negara masuk ke dalam G20. Indonesia juga termasuk ke dalam negara G20 bersama dengan Perancis, Jerman, Amerika, Inggris dan Australia.

[irp posts=”1500″ name=”Cara Menghafal Kata Kerja Bahasa Perancis dan Artinya”]

Kelompok negara G20 tidak pernah dibentuk secara resmi. Tetapi sengaja berkumpul karena 20 negara-negara ini menguasai sekitar 60% perekonomian dunia. Mereka juga memegang ekspor ke seluurh dunia. Menguasai hasil-hasil produksi seperti industri alat-alat berat, industri alat-alat galangan kapal dan pelabuhan. Serta memiliki sumber daya manusia yang potensial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *