Jenjang dalam Sistem Pendidikan di Perancis

Posted on

Sistem pendidikan di Perancis memungkinkan anak yang berusia enam tahun sudah bisa memasuki dunia pendidikan formal. Program primary school atau disebut juga ecole primaire, adalah jenjang paling rendah dalam pendidikan formal Perancis.

Jenjang terbawah dalam sistem pendidikan formal dasar Perancis tersebut biasanya akan didahului dengan program ecole matternlle atau hampir menyerupai taman kanak-kanak di Indonesia.

Dalam mengikuti jenjang ecole matternlle yang sebenarnya bukan program wajib, anak-anak bisa didaftarkan bahkan sejak berusia 2 tahun. nantinya, cara dan durasi pembelajarannya seilakukan secara penuh, yaitu dimulai sejak pukul 09.00 hingga pukul 17.00.

Tidak hanya melakukan penjaminan proses pembelajaran, pengelolaan pendidikan di Perancis juga menjamin asupan nutrisi siswa. Anak-anak akan diberi waktu untuk tidur siang, selain juga akan diberi menu sehat makan siang ketika jam istirahat.

Semua pelayanan untuk siswa tingkat dasar tersebut diberikan secara gratis oleh negara. Bukan hanya di jenjang dasar, Pemerintah Perancis memang telah menjamin pembebeasan biaya untuk semua jenjang pendidikan, bahkan hingga tingkat sarjana.

Jenjang Pendidikan di Perancis

Diketahui ada 4 jenjang utama yang berlaku di dalam pendidikan formal, yaitu sebagai berikut.

1. Maternelle.

Jenjang yang paling dasar ini pada sistem pendidikan di Perancis dimaksudkan supaya anak berusia mulai dari 2 tahun atau lebih. Tingkatan yang termasuk ada dalamnya adalah tingkat Toute Petite Section (untuk usia 2 tahun), tingkat Petit Section (untuk usia 3 tahun), tingkat Moyen Section (untuk usia 4 tahun), dan tingkat Grand Section (untuk usia 5 tahun).

2. 1ere Degree.

Jenjang ini tidak jauh berbeda dengan tingkatan Sekolah Dasar di Indonesia. Tingkatan yang termasuk di dalam 1ere Degree adalah tingkat Cours Preparatoire (untuk usia 6 tahun), tingkat Cours Elementaire1 (untuk usia 7 tahun), tingkat Cours Elementaire2 (untuk usia 8 tahun), tingkat Cours Moyen 1 (untuk usia 9 tahun), dan tingkat Cours Moyen 2 (untuk usia 10 tahun).

Baca Juga:  Kumpulan Beasiswa Perancis S1 dan S2 untuk Indonesia

3. 2eme Degree

Seperti jenjang Sekolah Menengah Pertama di Indonesia, tingkatan kelas yang termasuk ke dalamnya adalah tingkat 1ere cycle 6eme (untuk usia 11 tahun), tingkat 1ere cycle 5eme (untuk usia 12 tahun), tingkat 1ere cycle 4eme (untuk usia 13 tahun), dan tingkat 1ere cycle 3eme (untuk usia 14 tahun).

Siswa yang berhasil lulus dari jenjang ini akan memiliki status sebagai Colleges dan sudah memiliki hak menentukan apakah ingin lanjut mengambil jurusan pendidikan Baccalaureat (penjurusan umum) atau mengambil CAP/ BEP (penjurusan profesi).

Jika seorang siswa memilih untuk mengambil jalur umum, atau seperti jenjang Sekolah Menengah Atas di Indonesia, maka akan siswa tersebut selanjutnya akan menempuh tiga kelas lagi, yaitu kelas 2eme cycle 2 eme (untuk usia 15 tahun), kelas 2eme cycle 1 ere (untuk usia 16 tahun), dan kelas Terminal (untuk usia 17 tahun).
Siswa yang berhasil lulus dari jenjang ini akan mendapatkan gelar-gelar sesuai jurusan umum yang ditempuh, bisa berupa BAC-S (Sains), BAC-ES (Ekonomi), atau pun BAC-L (Literasi).

4. Superieur

Jenjang terakhir yang ada dalam sistem pendidikan di Perancis ini setara dengan perguruan tinggi di Indonesia. Untuk perguruan tinggi jenis institut akan ditempuh selama 2 tahun, sementara untuk jenis universitas akan ditempuh selama 3 tahun.

Ada juga jenjang Maitrise yang dapat diselesaikan selama 4 tahun. Ketika melanjutkan jenjang tersebut, nantinya akan ada DESS / DEA /DRT yang dapat diselesaikan selama 5 tahun.
Tingkatan terakhir dari jenjang superieur ini adalah tingkatan doctorat, yang ditempuh selama 8 tahun.

Nah itu tadi adalah sistem pendidikan di Perancis dan tingkatan di setiap jenjang pendidikan. Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya di laman virtueducation.org

Baca Juga:  Nama Kota Kota di Perancis yang direkomendasikan untuk studi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *