TOEFL IBT Adalah Jenis Tes TOEFL Terbaru, Ini Contoh 4 Soalnya

Posted on

TOEFL IBT Adalah – Mungkin kebanyakan orang masih terasa asing mendengar istilah TOEFL IBT, namun Anda tak perlu khawatir karena berikut di bawah ini kami akan menjelaskan apa itu TOEFEL IBT dan apa sajakah fungsinya.

TOEFL IBT Adalah Jenis Tes TOEFL Terbaru

toefl ibt adalah

Tahukah Anda bahwa ternyata TOEFL IBT adalah termasuk ke dalam jenis tes TOEFL terbaru yang dikeluarkan oleh English Testing System.

TOEFL IBT adalah menggantikan dua tes TOEFEL pendahulunya yaitu TOEFL PBT yaitu singkatan dari paper based test dan TOEFL CBT yaitu singkatan dari computer based test.

Meskipun begitu TOEFL PBT atau yang sekarang lebih sering disebut ITP ternyata masih banyak digunakan di negara tercinta Kita yaitu di Indonesia, Namun meskipun begitu tetap saja TOEFL yang diakui sebagai tes kemampuan bahasa Inggris di seluruh dunia masih di pegang oleh TOEFL iBT.

Baca Juga:  Inilah Keuntungan Jika Anda Mengikuti Toefl Ibt Jakarta

TOEFL IBT adalah singkatan dari internet based test, dimana merupakan jenis TOEFL berskala internasional yang nilainya diakui oleh dunia, karena telah masuk di website ETS.

ETS ( Educational Testing Service ) adalah sebuah lembaga dari Amerika yang mengorganisir TOEFL in dan ternyata skor TOEFL IBT bisa diterima dan berlaku di lebih dari 90 negara di dunia.

Seperti Apakah Soal-Soal TOEFL IBT?

toefl ibt adalah

IBT sendiri merupakan tes bahasa Inggris yang diakukan secara online melalui website ETS dari mulai pendaftaran, pembayaran, sampai dengan mengerjakan 4 sesi soal.

Baca Juga:  SAT Test Indonesia untuk Masuk Perguruan Tinggi

Ternyata sesi soal atau tes TOEFL yang diujikan terdiri atas soal Listening, Reading, Speaking, dan Writing.

A. Soal Reading

Pada sesi soal reading Anda akan dihadapkan soal-soal dari 4 sampai 5 bacaan, dengan setiap bacaan memiliki rata- rata kata berjumlah 700 kata dan masing-masing bacaan terdiri dari 12 – 14 pertanyaan dengan tema atau topik akademik.

Skor untuk soal reading adalah Low : 0 – 14, Intermediate : 15 – 21, High : 22 – 30.

B. Soal Listening

Sesi selanjutnya adalah sesi listening, sesi ini dalam TOEFL IBT ini Kamu akan mendengarkan suara Native Speaker dari audio dan disuruh menjawab pertanyaan dari apa yang telah didengarkan.

Dua bentuk audio yang diujikan untuk sesi listening ini adalah percakapan antara dua orang dan mendengarkan materi kuliah atau diskusi akademik.

C. Soal Speaking

Di bagian percakapan antara dua orang Anda harus menjawab 5 pertanyaan, dan terdapat 6 pertanyaan yang harus dijawab oleh para peserta tes TOEFL untuk materi kuliah atau diskusi akademik.

Skor untuk soal listening adalah Low : 0 – 13 points, Intermediate : 14 – 21, High : 22 – 30

Speaking adalah jenis sesi pada TOEFL IBT yang menguji kemampuan untuk berbicara baik secara langsung maupun sudah terkonsep sebelumnya dan sesi ini terdiri atas 6 soal, dengan 2 soal independen dan 4 soal terintegritas atau saling berkaitan

Untuk 2 soal Independen ini, Ada akan dihadapkan dengan topik yang familiar, dan diminta untuk mengeluarkan pendapat sesuai dengan sudut pandang dari topik tersebut dengan berbahasa Inggris.

Baca Juga:  SAT Test Indonesia untuk Masuk Perguruan Tinggi

Di bagain soal integritas, Anda akan dihadapkan pada soal-soal yang berhubungan dengan materi Reading dan Listening, lalu Anda akan diminta untuk berbicara dengan topik yang telah dipilih dalam bahasa Inggris.

Kemudian ucapan tersebut akan direkam secara digital dan dikirim ke ETS’s Online Scoring Network ( OSN ) untuk dievaluasi oleh tiga hingga enam ahli.

Skor untuk soal speaking adalah Weak :0 – 1, Limited : 1.5 – 2, Fair : 2.5-3, Good : 3.5 – 4.

D. Soal Writing

Sesi Writing dalah sesi terakhir dalam TOEFL IBT untuk menguji kemampuan berpendapat para peserta secara tertulis dan tes ini terdiri atas tes independen dan terintegritas ( saling berkaitan ).

Skor untuk soal writing adlaah Limited :1.0 – 2.0, Fair : 2.0 – 3.0, Good : 4.0 – 5.0.

Itu di atas adalah pengenalan singkat tentang TOEFL IBT dan dengan mengikuti TOEFL IBT maka Anda akan mendapatkan beberapa manfaat seperti untuk memenuhi untuk sekolah di luar negeri, syarat untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana, dan syarat untuk pengajuan beasiswa di dalam maupun di luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *