Trik Belajar Bahasa Inggris Bagi Kamu Sang Pemula! Intip di Sini!

Posted on

Trik belajar bahasa inggris untuk pemula – Bagi kamu yang baru saja ingin mempelajari bahasa inggris baik itu di sekolah maupun di tempat kursus, berikut beberapa trik yang wajib kamu terapkan sebagai pertimbangan untuk lebih cepat memahami pelajaran bahasa inggris, jangan sampai dilewatkan ya!

1. Pelajari Hal Mendasar

Yap,  segala hal harus kita awali dengan yang mendasar bukan? Dalam trik belajar bahasa inggris untuk pemula juga menerapkan hal demikian. Apapun bahasanya, jika kita ingin mahir berbahasa tentu harus memulainya dari hal mendasar. Hal mendasar itu adalah tatabahasa (grammar). Dalam mempelajari grammar tentu hal utama yang harus kita pelajari adalah pola kalimat tenses. Dalam Bahasa inggris kita harus memahami 16 pola kalimat tenses.

trik belajar bahasa inggris untuk pemula

Banyak banget ya? Eits, kamu tidak perlu khawatir untuk menghapa ke-16 pola kalimat yang susah diingat. Kamu dapat menerapkan 4 patokan pola kalimat/ tenses utama. Kamu cukup memahami 4 pola kalimat saja untuk kamu kuasai. Tapi bukan berarti pola kalimat yang lain boleh untuk tidak kamu kuasai ya! 4 pola kalimat/ tenses yang wajib kamu kuasai ini sebagai penunjang untuk menghapal pola kalimat yang lain.Untuk memudahkanmu dalam mengingatnya kamu hanya cukup kuasai 4 bagian utama Tenses. 4 bagian tersebut adalah: Present Tense (Formula: S+Predicate [Verb1/ Tobe]), Past Tense (Formula: S+Verb2/Tobe), Future Tense (S+Will+V1/Tobe), dan Perfect Tense (S+have/has+V3/Tobe). Dengan menguasai 4 kunci utama Tenses tersebut kamu akan dengan mudah menguasai tenses yang lain. Kamu bisa menerapkan metode ini lebih dulu ya!

2. Cintai Bahasa Inggris

Metode selanjutnya dalam trik belajar bahasa inggris untuk pemula adalah cintai bahasa Inggris. Maksudnya adalah kamu harus menggunakan bahasa Inggris dalam setiap kebiasaanmu. Jika kamu terbiasa mendengarkan musik, dari sekarag mulailah dengan mendengarkan lirik musik bahasa inggris. Kamu dituntut bukan sekedar mendengarkan lagu bahasa inggris saja. Kamu sebaiknya menerjemahkan lirik bahasa inggris sendiri. Kamu lafalkan dan ulangi pengucapan tersebut ketika menyanyi.

Dengan kebiasan baru mu ini, kamu secara tidak langsung juga menghapal kosa kata (vocabulary). Dengan menerjamahkan lirik lagu bahasa inggris, kamu akan lebih peka terhadap kalimat yang kamu terjemahkan. Hal ini juga harus kamu terapkan dengan menonton acara serial tv dan film bahasa inggris. Kamu akan mengerti maksud grammar yang digunakan oleh pembaca acara berbahasa inggris, ataupun serial tv berbahasa inggris tersebut.

Dijamin deh, kamu akan dengan mudah menerapkannya di rumah dan di manapun kamu berada

 

3.  Rutin Latihan Bahasa Inggris  

Pada metode trik belajar bahasa inggris untuk pemula ke tiga ini kamu sebaiknya menerapkan latihan dalam pembelajaran bahasa inggrismu. Hal ini berguna untuk terus mengasah ingatanmu readers! Tidak ada salahnya jika kamu mencoba soal-soal bahasa inggris seperti mempelajari soal cerita dan percakapan. Kamu harus melatih secara rutin dengan menerapkan grammar yang telah kamu pelajari berikut juga kosa katanya.

Selain menjawab soal, kamu juga bisa langsung mempraktekkannya. Dengan berbicara langsung percakapan ringan bersama guru ataupun teman mu. Kamu juga bisa meminta pertolongan keluarga seperti kakak, abang ataupun Ibu untuk memiliki waktu English time. Misalnya kamu meminta untuk berbicara bahasa Inggris ketika malam hari ataupun pagi hari sebelum semua anggota keluarga berangkat Dengan melakukan praktek langsung seperti berbicara dengan teman menggunakan bahasa inggris, pelafalan dan kosa katamu akan semakin lancar dan bertambah.

Selanjutnya, baca juga artikel terkait : Kunci sukses belajar bahasa inggris untuk pemula

Jika kamu kesulitan untuk menemukan lawan bicara dalam bahasa Inggris ungkapkanlah sejujurnya kepada temanmu, jika kamu ingin belajar bahasa inggris dengan sungguh-sungguh. Kamu bisa melakukannya dengan sebuah perjanjian bersama. Denda ataupun hukuman bisa kamu terapkan di sini. Hal ini sah saja asal terjadi kesepakatan diantar aorang yang bersangkutan. Lama kelamaan, kamu akan semakin mudah berbicara bahasa inggris dan akan semakin mahir.

 

4. Membawa Kamus

Kamus adalah penting untuk kamu pelajar pemula. Bahkan seorang yang sudah mahir dalam berbasa inggris saja selalu membawa kamus kemana pun ia pergi. Kamu sebaiknya membawa kamus pocket yang kecil dan mudah di bawa kemana-mana. Hal ini sangat membantu bagi kamu pelajar pemula maupun lanjutan. Karena sebenarnya kunci utama menghapal kosa kata dengan motede kamus adalah teliti. Setelah kamu menggunakan kosa kata tersebut kamu bisa menandainya dengan pena merah, atau sesuai penanda apa pun yang dapat kamu ingat.

Memang, teknologi sudah maju dan banyak kamus online ataupun google translete yang bisa kamu gunakan. Berdasarkan pengalaman sesuatu yang instan itu tidak lah akan bertahan lama. Artinya kosa kata yang kamu dapatkan di dalam goggle translete ataupun kamus online itu akan mudah saja terlupa. Sebab, dengan adanya penanda tadi. Kamu akan menjadi lebih teliti dan lebih sering menandai.

5. Membuat Kelompok Belajar

Cara selanjutnya dalam trik belajar bahasa inggris untuk pemula adalah membuat kelompok belajar bahasa Inggris. Ya, dengan belajar kelompok kamu tidak akan belajar sendirian. Bagi sebagian orang mungkin akan sulit untuk mempelajari bahasa inggris sendirian. Makanya, kamu perlu menerapkan metode ini readers!

 

Ikut Kursus Bahasa Inggirs

Bagi kamu yang kesulitan untuk membentuk teman belajar kelompok cara lain seperti mengikuti kursus bahasa inggris sangat membantu. Kamu bisa menemukan teman sesama yang ingin tekun belajar bahasa Inggris di sini. Ya, dengan belajar bahasa inggris di tempat kursus kamu akan di pandu langsung oleh guru. Dijamin, kamu bagi pembelajar pemula akan dengan mudah belajar bahasa inggris dengan cepat.

Ingin pintar bahasa inggris, silahkan baca juga : Media seru belajar bahasa inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *