Ujian SAT

Posted on

Ujian SAT – SAT atau lebih dikenal sebagai Scholastic Aptitude Test merupakan serangkaian ujian potensi akademik untuk memasuki jenjang sarjana, oleh karenanya disebut dengan ujian SAT. Jika anda akan melanjutkan jenjang sarjana di perguruan tinggi dalam negeri, maka ujian SAT ini tidak wajib. SAT untuk dalam negeri hanya menjadi bahan pemetaan potensi anda untuk memilih jurusan, memetakan kemampuan softskill dan kemampuan akademis kognitif lainnya.

Nah, sementara bagi anda yang ingin melanjutkan studi sarjana ke luar negeri. Maka ujian SAT atau SAT Test ini menjadi test wajib yang harus anda ikuti. SAT Test sendiri merupakan salah satu bahan pertimbangan kampus tujuan anda untuk menerima anda di program studi yang telah anda pilih. SAT Test ini diterima di hampir puluhan negara dengan pengantar bahasa inggris dan menjadi test potensi akademik paling diunggulkan. Ujian SAT ini tentu menggunakan bahasa inggris. Sehingga bagi anda yang belum memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik misalnya belum mencapai TOEFL 500 maka disarankan untuk memperbaiki bahasa inggrisnya dahulu.

Kenapa bahasa inggris sangat berperan penting dalam ujian SAT? Karena dalam ujian SAT ini akan disajikan beragam soal dalam bentuk bahasa inggris. Termasuk soal-soal analisa yang membutuhkan kemampuan academic writing, argumentative, description dan juga kemampuan menyampaikan masalah dan solusi. Di luar itu memang beberapa bagian SAT mengujikan kemampuan dasar seperti logika matematika. Tetapi tetap saja skor ujian SAT harus anda tinggikan kan? Karena kampus penerima tujuan biasanya tidak mematok skor SAT dengan nilai tertentu. Tetapi tentu dengan semakin tinggi skor yang anda dapatkan akan mempermudah jalan anda untuk diterima di kampus impian anda bukan?

Baca Juga:  Persiapan Ujian SAT Test Jakarta

Ujian SAT secara umum mirip dengan ujian potensi pemetaan akademik di beberapa lembaga tes di Indonesia. Seperti misalnya tes TPA OTO BAPPENAS atau test psikologi Pascasarjana UGM. Materi materi yang diujikan dalam SAT berbahasa inggris dengan awalan ujian kemampuan verbal bahasa inggris, kemudian disusul logika matematika, kemudian ada juga pengujian analisa terhadap sebuah masalah, kemampuan menyampaikan argumentasi atas sebuah masalah dan solusinya bisa anda deskripsikan.

Karena lumayan sulitnya ujian SAT ada beberapa orang yang berusaha mencapai skor tinggi dalam ujian SAT harus test berkali-kali, walaupun sudah disampaikan di atas bahwa kampus biasanya tidak mensyaratkan skor tertentu. Mereka biasanya hanya menyampaikan bahwa diperlukan sertifikat atau hasil ujian SAT untuk memenuhi persyaratan masuk.

Ujian SAT di Indonesia hanya dilaksanakan oleh lembaga test tertentu dan dilaksanakan dalam frekuensi dua sampai tiga kali dalma setahun. Sehingga anda yang memang mempunyai tujuan untuk studi sarjana ke luar negeri bisa dipersiapkan dengan baik. Jika anda belum menguasai bahasa inggris, maka kemampuan bahasa inggris anda yang terukur dengan nilai TOEFL atau IELTS perlu ditingkatkan. Agar ketika menjawab soal soal SAT tidak memalukan.

Nah, jika anda mengetahui bahwa untuk menaikkan nilai IELTS atau TOEFL biasanya diadakan kursus TOEFL Jakarta dan Kursus IELTS Jakarta. Maka bagi anda yang mempersiapkan ujian SAT juga bisa mengikuti kursus SAT Jakarta yang biasanya diadakan oleh beberapa lembaga pendidikan. Misalnya seperti English Bridge anda bisa mengecek di websitenya di: www,englishbridge.co.id. Atau anda bisa mengunjungi lembaga konsultan pendidikan seperti IDP Education, English First dan juga ILC. Selain itu, SAT merupakan salah satu tes untuk jenjang sarjana. Bagi anda yang akan melanjutkan ke jenjang pascasarjana bisa mengetahui lebih detail mengenai Ujian GMAT untuk S2 dan S3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *