7 Universitas Terbaik di Australia yang Masuk Peringkat Dunia

Posted on

Universitas Terbaik di Australia – Banyak sekali pilihan universitas bahkan tidak terhingga ketika kamu memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Ada banyak sekali universitas dengan prestasi terbaik dan banyak sekali negara yang bersaing dalam hal perguruan tinggi ini.

Ketika sedang memilih banyak hal yang dipertimbangkan, dan Australia patut menjadi daftar pilih yang utama. Sistem pendidikan di Australia telah diakui dan menurut Universitas Ranking of Quacquarelli Symonds beberapa universitas di Australia telah masuk 50 besar terbaik di dunia.

Mendapatkan visa studi ke Australia juga sangat mudah bagi mahasiswa dari Indonesia. Setelah diterima kamu bisa menjalani perkuliahan menggunakan bahasa Inggris dengan pemandangan kampus yang menawan. Banyak kesempatan untuk bisa menjelajahi benua Australia pada saat liburan.

Pengalaman mengenal berbagai macam kebudayaan juga akan dirasakan. Lebih dari 36% orang yang tinggal di Australia adalah imigran dan inilah yang mempengaruhi varian kebudayaan yang ada. Kamu bisa menemukan berbagai kebudayaan dari Eropa seperti Inggris, Jerman, Italia bahkan Kroasia.

Selama masa perkuliahan, mahasiswa diizinkan untuk mengikuti kerja paruh waktu selama 20 jam per minggunya. Setelah lulus, kamu juga akan mendapatkan kesempatan terbaik terjun di dunia kerja secara internasional. Pasalnya ijazah yang dikeluarkan diakui secara global.

Mulailah bermimpi untuk bisa kuliah di Australia. Tentu saja pemilihan universitas terbaik juga harus dilakukan dari sekarang. Untuk mendapatkan kesempatan diterima lebih tinggi, buatlah daftar universitas terbaik yang menyediakan jurusan sesuai jenis karir yang kamu inginkan.

Sebagai panduan, berikut ini nama-nama universitas terbaik di Australia yang telah diakui di mata dunia.

Australian National University

Disingkat sebagai ANU universitas negeri di Australia ini berada di kota Canberra yang dibangun pada tahun 1946. Universitas ini terkenal di bidang penelitian dan jurusan politik dan hukum.

Kampus di Australia dibangun di wilayah Acton dekat dengan pusat kota Canberra. Lebih dari 1.000 pohon di seluruh wilayah kampus. Jadi banyak sekali tempat outdoor yang dijadikan tempat untuk hangout dan belajar.

Baca Juga:  Universitas Yang Menyediakan Beasiswa Australia

Dibandingkan dengan kota lainnya, Canberra memiliki jumlah populasi lebih sedikit sekitar 400.000 orang. Kebanyakan mahasiswa tinggal di asrama atau apartemen di sekitar kampus.

Universitas Melbourne

Lebih dari 48.000 mahasiswa menuntut ilmu di universitas yang dibangun pada tahun 1853 menjadikannya university tertua nomor dua di negara Australia. Beberapa jurusan yang banyak diminati adalah pertanian, seni, farmasi, desain, musik, dan ilmu pengetahuan alam.

Terdapat tujuh kampus yang berdiri dan tersebar di seluruh kota Melbourne. Lima perpustakaan dan kantin yang sangat besar menjadi fasilitas menarik untuk para mahasiswa.

Jumlah populasi di kota Melbourne adalah sekitar 4 juta jiwa dan terkenal sebagai kota kebudayaan dari Australia. Bagi kamu yang ingin masuk universitas Melbourne harus memenuhi berbagai macam syarat salah satunya adalah skor IELTS minimal 6,5.

Universitas New South Wales

Lebih dari 53 ribu mahasiswa bersekolah di sini yang telah dibangun pada tahun 1949. Terdapat delapan fakultas untuk tingkat sarjana yaitu seni dan desain, seni dan sastra, pembangunan, bisnis, teknik, hukum, kedokteran dan science.

Kampus utama terletak di Kensington dan kampus lainnya tersebar di seluruh kota. Kota Sydney terkenal dengan pantai sehingga membuatnya lebih spesial bagi mahasiswa. Perpustakaan utama di kota menjadi fasilitas menarik dan sering dikunjungi mahasiswa.

Universitas Queensland

Jumlah mahasiswa di universitas ini mencapai 57.000 padahal kampus baru saja berdiri di tahun 1909. Universitas Queensland telah masuk daftar 50 besar kampus terbaik oleh QS World Rankings. Beberapa jurusan ternamanya adalah Biologi air bersih dan studi tentang sumber air.

Kampus utamanya terletak di pinggiran sungai Brisbane di daerah St. Lucia. Kampus terkenal sebagai tempat yang indah dan banyak sekali bangunan terbuat dari batu. Brisbane terkenal dengan udara yang sejuk dimana banyak olahraga air dilakukan di sungai. beberapa olahraga yang banyak dilakukan mahasiswa antara lain adalah kayak.

Baca Juga:  Cara Kuliah Di Australia Dan Syarat Yang Harus Dilengkapi

Universitas Sydney

masih berada di kota Sydney, universitas ini sangat terkenal dan juga tertua. Dibangun sejak tahun 1850 dengan sejarah yang sangat panjang. Universitas ini memiliki sekitar 46 ribu mahasiswa yang bersekolah di sana.

Beberapa jurusan yang terkenal adalah anatomi, psikologi, kedokteran hewan, farmasi, arsitektur, dan bahasa Inggris. Kampus utamanya tersebar di seluruh kota Sydney. Siapa saja yang hendak masuk universitas ini harus memiliki nilai IELTS minimal 6,5.

Universitas Monash

Terkenal sebagai universitas terbesar di Australia yang dibangun sejak tahun 1958. Memiliki mahasiswa sebanyak 73 ribu dan memiliki peringkat nomor satu di Australia untuk jurusan Teknik dan Teknologi oleh times Higher Education.

Selain itu juga mendapatkan peringkat nomor dua atas jurusan Farmasi dan Farmakologi oleh QS. Kampus utamanya terletak 23 kilometer di bagian tenggara kota Melbourne. Walaupun memiliki kampus utama di Australia, terdapat juga kampus lainnya di Malaysia, Italia, India dan China.

Universitas Western Australia

Dibangun sejak tahun 1911 dan menjadi universitas pertama di barat Australia bahkan terbaik. Jumlah mahasiswanya adalah 24 ribu dan terkenal dengan jurusan Teknik penambangan mineral.

Tersedia lima program sarjana yaitu kesenian, media, science, Filsafat dan kedokteran. Kampus utamanya berduri di pinggiran sungai Swan di Crawley. Terdapat enam perpustakaan yang memuat banyak hasil penelitian.

Para mahasiswa sangat menyukai cuaca yang cukup hangat dan gaya hidup yang tidak terlalu mahal. Kampus yang terletak di samping Kings Park dan Botanic Garden membuat banyak kelas dilakukan di luar ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *