7 Universitas Tertua di Inggris yang Terkenal di Dunia

Posted on

Universitas Tertua di Inggris – Ada banyak sekali alasan mengapa Anda ingin melanjutkan pendidikan ke universitas paling tua di Inggris. Mulai dari tradisi penelitian dan juga cara mengajarnya. Universitas tertua yang sudah melampaui ribuan tahun telah memiliki reputasi akademik yang diakui di seluruh dunia.

Tidak hanya itu saja, bangunan kampus juga akan memberikan Anda kesan unik tersendiri. Inggris telah menjadi rumah bagi beberapa universitas tertua. Faktanya adalah terdapat dua universitas tertua di dunia berasal dari Inggris.

Inggris berbentuk sebuah pulau yang memiliki banyak legenda menarik tentang kerajaan dan ksatria. Banyak kampus yang kaya akan sejarah dengan arsitektur yang cantik sehingga menginspirasi banyak orang dari generasi ke generasi.

Negara Inggris memiliki 6 universitas tertua yang dibangun pada abad ke 17, dan dibutuhkan 250 tahun kemudian untuk universitas selanjutnya dibangun. Berikut ini 7 universitas tertua di Inggris yang perlu Anda ketahui.

Universitas Manchester

Mencehester adalah pusat kota di Inggris, acara yang paling terkenal dari kota ini adalah ‘purple wave’. Cara lari yang diorganisir untuk meningkatkan sumbangan untuk beasiswa dan kepentingan amal lainnya.

Purple wave juga merupakan kampsu tradisional yang bangunan kampusnya tersebar di seluruh kota karena telah berdiri sejak tahun 1824. Secara resmi, universitas Manchester yang modern telah berdiri di tahun 2004 dengan jurusan yang paling terkenal adalah ilmu pengetahuan alam. Pada tahun 1883 universitas ini mengizinkan wanita untuk menempuh pendidikan.

Universitas Edinburgh

Perguruan tinggi ini telah dibangun sejak tahun 1583 dimana pada pintu masuk fakultas kedokteran Anda akan menemukan patung Sir Arthur Conan Doyle’s. Patung tersebut dimaksudkan untuk mengikuti jejak sang tokoh dalam ideologi.

Baca Juga:  Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Cepat Untuk Tenses

Banyak sekali bangunan bersejarah Old Town of Edinburgh yang menjadi bagian dari university. Institusi membantu kota mendapatkan julukan sebagai ‘Athens of the North’, yakni memiliki intelektualitas pada zaman Age of Enlightenment. Jurusan yang paling terkenal dari universitas ini adalah hukum dan dimulai pada tahun 1582.

Universitas Aberdeen

Berdiri sejak tahun 1495 dan telah menjadi universitas tertua di Inggris. Acara EXPLORATHON, adalah acara yang terkenal dimana mengumpulkan para mahasiswa dan peneliti atau asisten untuk merayakan inovasi, hasil penelitian dan pengembangan terbaik.

Ada dua bangunan kampus yang sangat terkenal sebagai simbol kota Aberdeen yang berdiri diatas tanah 35 hektar. Dulunya digunakan sebagai kampus untuk para raja namun pada tahun 1860 bersatu dengan Marischal College dan menjadi universitas Aberdeen yang sekarang. Pada tahun 1892 baru dibuka kelas khusus untuk wanita.

Universitas Glasgow

Perguruan tinggi yang lebih tua lagi dibangun pada tahun 1451 dan terkenal dengan alumninya sebagai inovator terbaik. Seperti James Watt yang telah memberikan kekuatan pada revolusi industri dan Ian Donald yang menemukan ultrasound pada janin.

Universitas ini terkenal sebagai tempat peneliti bersejarah yang dulunya hanya digunakan oleh para bangsawan saja. Sejak berkembang untuk memberikan pendidikan pada semua siswanya dan meningkatnya urbanisasi, maka pendidikan terbuka untuk umum.

Pada tahun 2016 University Glasgow menjadi pemimpin dalam penemuan bersejarah tentang gelombang gravitasi dan mengkonfirmasi teori Einstein yang tidak pernah terbuktikan.

Universitas St. Andrews

Sekolah ini terkenal karena memiliki lapangan golf terbesar di dunia dan masih digunakan hingga sekarang, bahkan masih sering digunakan untuk acara pertandingan golf. Mahasiswa yang bersekolah di sini berasal dari lebih dari 135 negara dan kampusnya berdiri di setiap sudut kota. Kampus yang dibangun memiliki bangunan modern dan bersejarah.

Baca Juga:  Rumus Present Continuous Tense Dan Contohnya Untuk Dipelajari

Dibangun pada tahun 1410 oleh kelompok Augustinian yang telah membangun kelas sosial lebih tinggi untuk memimpin kota. Menawarkan banyak jurusan yang berkaitan dengan matematika, logika, filsafat dan juga hukum kala itu. Jumlah mahasiswa yang bersekolah adalah 10.330.

Universitas Cambridge

PAda tahun 1209 sebuah kelompok sarjana yang tinggal di kota Cambridge mendirikan kampus pertama dengan tujuan untuk belajar. Sejak saat itu, universitas telah mendirikan 31 jurusan dengan 100 departemen akademik yang dibagi menjadi 6 sekolah.

Universitas Cambridge telah memiliki lebih dari 100 perpustakaan dan hingga 1948 sudah banyak wanita yang bisa bersekolah di sini. Jumlah mahasiswa yang bersekolah di sini mencapai 19.955.

Universitas Oxford

Banyak sekali orang yang menganggap bahwa Oxford adalah sekolah yang mahal dan juga bersejarah. Tidak mengherankan jika Oxford memiliki julukan tersebut karena telah berdiri sejak tahun 1096. Tradisi belajar mengajar telah berdiri sejak lama dan menjadi universitas tertua di Inggris nomor satu. Walaupun tidak ada data pasti kapan berdirinya universitas ini namun jika ditarik ke belakang kegiatan belajar mengajar telah dimulai tahun 1096.

Oxford adalah sekolah swasta yang memiliki 38 bidang ilmu dan banyak sekali akademik departemen yang didirikan. Jumlah mahasiswa yang menempuh ilmu di sini adalah 23.195.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *